Yuk Ikut Entrepreneur Festival! Event Bazar Terbesar se-Universitas Telkom

Bandung, Students Tel-U – Wirausaha dari segi etimologi berasal dari kata wira dan usaha. Wira, berarti pejuang, pahlawan, manusia unggul, teladan, berbudi luhur, gagah berani dan berwatak agung. Usaha, berarti perbuatan amal, berbuat sesuatu. Pengertian wirausaha menurut para ahli adalah :

  • Kewirausahaan adalah semangat, sikap, perilaku, dan kemampuan seseorang dalam menangani usaha atau kegiatan yang mengarah pada upaya mencari, menciptakan, serta menerapkan cara kerja, teknologi dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik dan atau memperoleh keuntungan yang lebih besar. (Keputusan Menteri Koperasi dan Pembinaan Pengusaha Kecil Nomor 961/KEP/M/XI/1995).
  • Kewirausahaan adalah suatu kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda (ability to create the new and different). (Drucker, 1959).
  • Kewirausahaan adalah suatu proses penerapan kreativitas dan inovasi dalam memecahkan persoalan dan menemukan peluang untuk memperbaiki kehidupan. (Zimmerer, 1996).

Sektor UKM telah dipromosikan dan dijadikan sebagai agenda utama pembangunan ekonomi Indonesia. Sektor UKM telah terbukti tangguh, ketika terjadi Krisis Ekonomi 1998, hanya sektor UKM yang bertahan dari kolapsnya ekonomi, sementara sektor yang lebih besar justru tumbang oleh krisis. Mudradjad Kuncoro dalam Harian Bisnis Indonesia pada tanggal 21 Oktober 2008 mengemukakan bahwa UKM terbukti tahan terhadap krisis dan mampu survive karena, pertama, tidak memiliki utang luar negeri.

Kedua, tidak banyak utang ke perbankan karena mereka dianggap unbankable. Ketiga, menggunakan input lokal. Keempat, berorientasi ekspor. Pemberdayaan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) menjadi sangat strategis, karena potensinya yang besar dalam menggerakkan kegiatan ekonomi masyarakat, dan sekaligus menjadi tumpuan sumber pendapatan sebagian besar masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraannya.

Eksistensi dan peran UKM yang pada tahun 2007 mencapai 49, 84 juta unit usaha, dan merupakan 99, 99% dari pelaku usaha nasional, dalam tata perekonomian nasional sudah tidak diragukan lagi, dengan melihat kontribusinya dalam penyerapan tenaga kerja, pembentukan Produk Domestik Bruto (PDB) Nasional, nilai ekspor nasional, dan investasi nasional.Peranan kewirausahaan adalah untuk meningkatkan pendapatan perkapita selain itu dapat juga memicu dan mendukung perubahan struktur kemakmuran masyarakat dan bisnis. Dalam hal ini pemerintah dapat berperan sebagai innovator.

Pemerintah akan bergerak sebagai pelindung dalam memasarkan hasil teknologi dan kebutuhan sosial. Di Indonesia sendiri jumlah wirausahawan adalah sebesar 19, 3% dari jumlah total penduduk dewasa.Bagi negara berkembang jumlah tersebut cukup besar, namun sebagian besar usaha yang mereka jalankan cenderung tidak berkembang yang dikarenakan kurangnya fasilitas dan pengalaman yang dimiliki.

Berdasarkan hasil pengamatan jumlah wirausahawan yang berada di wilayah Telkom University cukup banyak dan sebagian besar usaha tersebut dimiliki oleh para mahasiswa Telkom University. Namun terlihat juga bahwa UKM/wirausahawan yang berada di Telkom University kurang mendapat dukungan dan perhatian.

Sehubungan dengan hal tersebut, Kementrian Wirausaha BEM Kema Telkom University mengadakan acara Entrepreneur Festival dimana Kementrian Wirausaha di sini berperan sebagai fasilitator sebagai bentuk realisasi program kerja yang telah disusun sebelumnya, dimana tujuan utama Kementrian Wirausaha BEM Kema Telkom University adalah untuk memajukan dan memberdayakan wirausahawan/UKM yang ada di kawasan Telkom University.

“ENTREPRENEUR FESTIVAL” Presented by Kementrian Wirausaha BEM Kema Telkom University

 EVENT BAZAR TERBESAR se-Universitas Telkom! dikhususkan bagi pebisnis pebisnis muda (mahasiswa dan alumni) Telkom University ! Ayo! daftarkan bisnismu segera!!

For registration and further information :

  • Call/Text-087822578344 (Desy)
  • Line ID-sylviamrcl (Sylvia)

Let’s join us!

Poster Entrepreneur Festival, Sumber : BEM Tel-U

(Angga/paw)

Sumber : BEM Tel-U

Keyword(s) :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *