YEC BRAVE HIPMI PT Universitas Telkom

Young Entrepreneur Camp (YEC) merupakan salah satu program kerja tahunan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Perguruan Tinggi HIPMI PT Universitas Telkom. Bentuk kegiatan YEC berupa camp selama 3 hari 2 malam yang ditujukan kepada anggota baru HIPMI PT Universitas Telkom sebagai bentuk diklat entrepreneur dan pengukuhan mereka menjadi kader 3. YEC tahun 2015 diselenggarakan pada tanggal 6, 7, 8 Februari 2015 bertempat di De’Tuik’ Resto & Resort, Bojongkoneng, Bandung.

Dengan mengangkat TEMA (BRAVE). jika diartikan dalam bahasa Indonesia BRAVE berarti “Berani” sebuah kata sifat yang diharapkan mampu menumbuhkan keberanian bagi para peserta YEC untuk menjadi seorang pengusaha dan memulai bisnisnya sendiri, atau jika sudah ada yang memulai bisnisnya maka diharapkan akan menambah keberaniannya untuk mengembangkan bisnis tersebut. Jika diuraikan kalimat BRAVE tersusun dari 5 huruf “B-R-A-V-E” yang masing-masing hurufnya mengandung makna tersendiri.

  • Believe : Hal pertama yang harus dilakukan oleh seorang pengusaha adalah Believe (Percaya) pada dirinya sendiri bahwa ia mampu membangun bisnisnya dan menjadi seorang pengusaha yang berhasil.
  • Respect : Seorang pengusaha harus mampu menaruh rasa respect baik terhadap partner maupun kompetitor.
  • Active    : Seorang pengusaha harus aktif mengembangkan diri dengan terus aktif belajar dan aktif mencoba.
  • Visioner : Seorang pengusaha harus mampu melihat jauh ke depan dan mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan-tantangan yang akan dihadapinya suatu saat nanti.
  • Excellent : Seorang pengusaha harus menyerap semua hal-hal baik yang ada agar mampu menjadi seorang pengusaha yang berhasil tidak hanya dalam berbisnis melainkan pula berhasil dalam kehidupan, itulah yang disebut pengusaha yang excellent.
YEC BRAVE

YEC BRAVE

Adapun kegiatan-kegiatan yang dilakukan selama YEC berlangsung adalah sebagai berikut;

  1. Talkshow dan Sharing Bisnis

Menghadirkan pembicara baik dari internal HIPMI PT Universitas Telkom serta Pembicara tamu untuk menceritakan pengalamannya dalam berbisnis serta memberikan materi terkait tips dan trik dalam berbisnis. Pembicara Tamu yang dihadirkan adalah Kresna Utama (Owner Jigoku Ramen) dan Riezka Rahmatiana (Owner Just Mine Corp), sedangkan untuk pembicara internal menghadirkan alumni HIPMI PT Universitas Telkom yaitu Aldi Febrian (Owner Driver Bandung).

  1. Mentoring Bisnis

Merupakan bagian dari acara yang memiliki tujuan untuk memberikan masukan serta saran terhadap bisnis yang sedang dijalankan oleh masing-masing peserta. Selain itu mentoring ini bertujuan untuk memperkenalkan anggota baru dengan Badan Kehormatan dan Alumni HIPMI PT Universitas Telkom.

  1. Simulasi Bisnis

Peserta diajak dan ditantang untuk menjalankan proses bisnis sederhana dengan cara diberikan modal dalam jumlah tertentu untuk dikonversikan menjadi keuntungan. Di akhir tantangan, kelompok dengan keuntungan terbesarlah yang menjadi pemenang simulasi bisnis ini. Simulasi bisnis ini dilaksanakan di Pasar Dago.

  1. Games Entrepreneur

Peserta diberikan tantangan berupa games yang memiliki nilai-nilai entrepreneur, peserta diharuskan memecahkan dan menyelesaikan tantangan yang ada di dalam setiap posnya.

  1. Pengukuhan Anggota Baru

Mengukuhkan dan meresmikan anggota baru HIPMI PT Universitas Telkom sebagai kader 3 serta pemilihan ketua angkatan.

HIPMI PT Universitas Telkom selaku organisasi yang menghimpun pengusaha-pengusaha muda pada level universitas memiliki peran penting dan tanggung jawab untuk meningkatkan jumlah angka wirausaha di Indonesia dan meningkatkan kualitas serta kapasitasnya sehingga mampu bersaing menghadapi persaingan global, YEC merupakan salah satu program kerja yang Kabinet Prestative miliki untuk mewujudkan visi tersebut.

Keyword(s) :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *