Xiaomi Mi4, Flagship Terbaru dari Xiaomi, Apple-nya China (Review)

Bandung, Students Tel-U – Setelah dirilis secara resmi tadi malam (22/07), Mi4, smartphone generasi keempat dari Xiaomi, digadang-gadang sebagai seri Mi tercepat dan tercantik. Berbekal processor dari Qualcomm Snapdragon 801 quad-core 2.5GHz, RAM LP-DDR3 sebesar 3GB, dan layar sebesar 5 inci 1080p Sharp/JDI OGS full Elimination, Mi4 tidak akan mengecewakan pengalaman bermultitasking menggunakan sebuah smartphone. Bermain game berat akan terasa sangat lancar tanpa terasa lag.

Bahan dasar metal juga digunakan sebagai frame Mi4 dan kesan ‘smartphone mahal’ langsung melekat pada Mi4-mengingat harganya di China hanya sebesar $322. Merupakan sebuah kejutan untuk para konsumen Android mengingat harga yang ditawarkan tidak sebanding dengan spesifikasi yang ditawarkan-spesifikasi tinggi harga rendah. Dan kesan smartphone China juga tidak seutuhnya melekat pada Mi4 ini. Mungkin, ketika melihat pada desain dari Mi4 konsumen baru akan merasa ini adalah “smartphone China”. Mengapa seperti itu? Karena desain Mi4 mirip iPhone 4 dengan layar yang besar.

Dari segi kamera, Mi4 mengalami peningkatan spesifikasi dari flagship sebelumnya yaitu Mi3. Generasi keempat ini dibekali kamera belakang 13MP, f1.8, real-time HDR, dan 4K recording dan kamera depan 8MP, f1.8, 80-degree wide angle. Untuk kalian yang doyan selfie, kamera depannya sangat bisa diandalkan mengingat resolusi yang sangat tidak lazim untuk sebuah kamera depan. Kamera belakang yang dimiliki Mi4 memiliki peningkatan spesifikasi dari Mi3 meskipun sama-sama 13MP. Sensor yang digunakan Mi4 merupakan generasi terbaru dari Sony, IMX214. Sensor kamera ini memiliki aperture yang lebih besar yaitu f1.8 yang lebih efektif digunakan untuk low-light shot. Tak hanya itu, sensor ini dapat menghasilkan gambar dan video 13MP dalam mode HDR pada 30 frame/s.

Kehadiran Mi4 merupakan sebuah ancaman bagi produsen-produsen seperti Samsung, HTC, dan LG. Karena Xiaomi bisa menghadirkan sebuah smartphone dengan spesifikasi yang tinggi tetapi tetap dengan harga yang terjangkau. Belum lagi kemunculan MIUI V6 yang akan dirilis pada tanggal 16 Agustus nanti. Sedikit catatan, MIUI adalah operating system dari Xioami yang memiliki interface sederhana tetapi tetap menarik untuk digunakan, pengguna Apple yang mulai beralih ke Android bisa mendapatkan rasa ‘iOS’ pada smartphonenya.

Rencananya Xiaomi Mi4 versi WCDMA akan tersedia pada tanggal 29 Juli nanti, versi CDMA pada bulan Agustus, dan versi LTE (4G) pada bulan September mendatang. Satu juta unit Mi4 juga akan tersedia dalam dua bulan setelahnya. Mi4 juga tersedia dalam dua versi penyimpanan yaitu 16GB yang dibanderol sekitar Rp 3, 7 Juta ($322) dan versi 64GB di harga Rp 4, 6 Juta ($400). Pasar penjualan Xiaomi yang sebelumnya hanya di China, Hongkong, Taiwan, Singapura, Malaysia, dan India akan menambahkan pasar Indonesia, Thailand, Meksiko, dan Brazil. Jadi, berminatkah kalian dengan Xiaomi Mi4 ini? Mengingat Xiaomi membuka jalur penjualannya di Indonesia. (RHS)

Sumber ( http://bbs.xiaomi.cn/thread-10383702-1-1.html )

Gallery :

Keyword(s) :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *