Websitemu Terindikasi Mengandung Malware? Cek Di Sini!

Bandung, Students Tel-U –  Saat kita mengelola sebuah website, tak jarang kita mengalami hal-hal yang tak terduga dikarenakan website kita diretas oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Banyak kerugian yang akan kita alami dari hal tersebut, mulai dari kehilangan data hingga hilangnya pengunjung yang tidak jadi mengakses website kita, dikarenakan takut akan pesan “warning” yang muncul ketika akan mengakses situs yang kena retas tersebut.

ouch

Pesan peringatan ketika mencoba mengakses website yang terindikasi mengandung malware

Untuk menanggulanginya bisa dilakukan berbagai cara, tergantung dengan tingkat kerusakan yang terjadi akibat ulah peretas tersebut (baca juga : Cara Menghilangkan Pesan “Malware” pada Website Subdomain Telkom University). Namun setelah kita merasa sudah membereskan dan membersihkan seluruh website tersebut, apakah website kita masih terdeteksi mengandung malware dan akan tetap muncul pesan peringatan ketika kita akan mengaksesnya? Berikut ini cara untuk mengeceknya :

  1. Akses situs Google Safe Browsing Site Status di sini
  2. Pada kotak “Status of” isikan URL dari website yang akan diperiksa, lalu klik logo search

    transparency report

    Google Safe Browsing Site Status

  3. Detail hasil penelusuran akan ditampilkan pada bagian bawah
    terdeteksi

    Website terindikasi mengandung malware oleh Google

    malware in subdomains

    Website aman, namun terindikasi malware pada subdomain

Dari sini, kita bisa mengetahui apakah website tersebut sudah aman, atau mungkin saja ada malware yang masih nyangkut di dalamnya. Jadi, apakah website yang Anda kelola sudah benar-benar bersih dari serangan malware?

(Mfc)

Keyword(s) : , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *