Waspada, Penipuan Kembali Marak Incar Mahasiswa!

Bandung, Students Tel-U – Jumat (8/12) yang lalu, Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis mengeluarkan informasi peringatan terhadap penipuan. Pasalnya, beberapa orang tua mahasiswa FEB mendapatkan telepon dari seseorang yang mengaku teman/pegawai rumah sakit dan menginformasikan bahwa anak mereka telah mengalami kecelakaan. Pelaku pun lantas meminta orang tua mahasiswa untuk mengirimkan sejumlah uang untuk biaya pengobatan anak mereka.

penipuan

Kamis (14/12) pelaku penipuan tersebut kembali beraksi. Salah satu mahasiswa berinisial MI pun menjadi korban. Sekitar pukul 12.00 WIB, orang tua MI ditelpon oleh pelaku yang mengaku sebagai teman MI. Pelaku memberitahu bahwa MI telah mengalami kecelakaan berupa jatuh dari tangga. Tak tanggung-tanggung, pelaku meminta uang sejumlah Rp 40.000.000 untuk biaya operasi dan pengobatan MI. Panik, ibu dari MI pun segera mencoba menelpon MI untuk memastikan keadaannya. Namun, yang bersangkutan sedang menjalani ujian sehingga tidak dapat mengangkat telepon. “Gue heran hp gue geter terus, tapi gimana lagi ujian juga gak bisa angkat,” tuturnya.

Akhirnya, karena panik, Ibu MI pun bergegas berangkat ke bank terdekat dan mentransfer uang yang diminta pelaku.

“Pas selesai tes gue bingung temen-temen gue pada nelpon, bilang suruh cek grup angkatan. Gue kira foto aib gue kesebar lagi, ternyata bukan,” tutur MI. Setelah mengetahui bahwa orang tuanya telah menjadi target penipuan, MI pun segera menelpon orangtuanya. Namun malang, uang tersebut telah dikirimkan dan pihak bank mengatakan hal tersebut tak dapat dibatalkan. “Yasudah tidak apa-apa, yang penting anak saya sehat,” tutur ibu dari MI.

MI pun berpesan kepada teman-teman mahasiswa untuk memberikan pengertian kepada orangtuanya agar jangan panik dan usahakan jangan mentransfer apapun sampai mendengar kabar langsung dari anaknya. “Atau setidaknya tanyakan anaknya di RS mana dan langsung datangi RS nya.” (arp)

Keyword(s) : , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *