WASPADA! Begadang Tak Terhindarkan oleh Mahasiswa? | Ini Cara Menghindarinya

Bandung, Students Tel-U – Sudah tak heran lagi apabila mahasiswa/i disibukkan dengan berbagai macam tugas. Mulai dari tugas individu, tugas kelompok, progress report praktikum, tugas pendahuluan praktikum, tugas besar, tugas organisasi, dan lainnya. Kebanyakan mahasiwa/i memilih begadang demi mengerjakan tugas yang banyak tersebut, namun apakah benar begadang tak bisa kita hindari?!

Begadang merupakan kebiasaan negatif yang patut kita hindari karena jangka panjangnya akan mengakibatkan penyakit jantung, hipertensi, diabetes, dan lain-lain. kenapa sih begadang terkesan susah `dihindari oleh mahasiswa/i? Pasti jawabannya karena tugasnya terlalu banyak. Padahal begadang bisa dihindari lhoo! Ini caranya :

  • Jangan pernah menunda-nunda tugasmu
    deadlineKalo dosen ngasih tugas atau ada tugas dari manapun langsung GERCEP (Gerak Cepat) deh jangan tunggu nanti. Banyak Mahassiwa yang sudah terbiasa dengan sistem kebut semalam (SKS) akan membawa kebiasaan tersebut ketika sudah tahun keempat. SKS tidak akan bisa diterapkan pada Tugas Akhir, jadi kamu harus biasakan untuk mengerjakan Tugas Kuliah segera mungkin.
  • Bikin list prioritas
    priority

    Ini penting nih! Menentukan prioritas bagi diri sendiri akan membuat kita tertib dan disiplin terhadap apa saja yang harus dilakukan. Buat Time Management dengan mengurutkan aktivitas yang sangat penting hingga tidak terlalu penting untuk dikerjakan.

  • Kerjakan pada saat waktu luangKerjakan pada saat waktu luang

    Adanya waktu luang jangan dipakai untuk santai-santai saja, tapi manfaatkan untuk mengerjakan tugas-tugas. Usahakan bawa tugas-tugasmu ke kampus agar bisa dikerjakan di waktu jeda kuliah atau di waktu tiba-tiba dosen tidak dapat hadir mengajar.

  • Tidur lebih cepat
    earlyDengan membiasakan tidur lebih cepat bukan tidur lebih larut maka akan terbiasa untuk bangun lebih awal, jika tugasmu belum selesai kerjakanlah di waktu pagi-pagi buta setelah kamu tidur terlebih dahulu, karena tidur lebih awal dan bangun di seperempat malam itu lebih sehat dibandingkan dengan tidur larut malam.

So, begadang itu dapat dihindari yaa asalkan ada kemauan yang kuat dari diri kita sendiri.

Penulis : Rizka Hasna Delvika

Sumber gambar cover :

Keyword(s) :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *