Valentine Series : White Day and Black Day

Bandung, Students Tel-U — Siapa sih yang tidak tahu Valentine? Hari dimana para insan mencurahkan kasih sayangnya kepada orang-orang terkasih. Baik itu pacar, orangtua, kakak/adik, sahabat, dan semua orang di dunia ini, karena sejatinya manusia harus saling menyayangi dan mengasihi.

Hari Valentine atau disebut juga hari Kasih Sayang, adalah sebuah hari di mana para kekasih dan mereka yang sedang jatuh cinta menyatakan rasa cintanya. Biasanya pada hari ini, seseorang yang memiliki pasangan berlomba-lomba bertindak romantis di hadapan orang yang disayanginya.

Hampir semua negara merayakan hari Kasih Sayang yang dirayakan setiap tanggal 14 Februari. Begitu juga dengan Indonesia. Di Indonesia sendiri, tidak sedikit orang yang ikut merayakannya. Entah itu mengirimkan surat cinta, atau memberikan coklat sebagai makanan identik pada hari spesial ini.

Namun tahukah kamu? Bahwa negara lain memiliki tradisi unik untuk merayakan hari kasih sayang ini ? Ya, beberapa negara di Asia tidak hanya mengantusiaskan hari Valentine saja, tetapi juga White Day dan Black Day yang masih berhubungan dengan hari Valentine.

Penasaran mengenai tradisi unik tersebut? Kalau begitu, yuk kita bahas!

Sumber : Kumparan

White Day

White Day dirayakan pada tanggal 14 Maret setiap tahunnya, yaitu tepat sebulan setelah perayaan Valentine’s Day. White Day merupakan hari di mana pihak laki-laki memberikan balasan hadiah atas cokelat yang diterimanya dari orang terkasih. Hadiah yang diberikan pada umumnya selalu berwarna putih, seperti coklat putih , perhiasan, dan hadiah lain yang berwarna putih. White Day pertama kali dirayakan pada tahun 1978 tepatnya di Jepang dan kemudian mulai menyebar di beberapa negara lain seperti China, Korea Selatan dan Vietnam.

Black Day

Black Day merupakan hari spesial yang dirayakan oleh masyarakat Korea Selatan pada tanggal 14 April, yaitu tepat 2 bulan setelah Valentine’s Day. Pada hari tersebut, seseorang yang tidak menerima cokelat atau hadiah apapun pada saat Valentine’s Day dan White Day akan berkumpul dan mengenakan pakaian serba hitam. Ketika mereka berkumpul, mereka akan merayakannya dengan menikmatin makanan berwana hitam. Biasanya makanan yang dimakan adalah Jajangmyeon, yakni makanan khas Korea Selatan yaitu semangkuk Mie dengan saus kacang kedelai hitam.

Nah itu dia tradisi-tradisi unik yang dilakukan setiap tanggal penuh kasih sayang ini. Kira-kira mana nih yang membuatmu tertarik untuk mencobanya?

Oh iya, jangan lupa untuk mempersiapkan hadiah terspesial untuk pujaan hatimu ya! (ind)

Keyword(s) : , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *