5 Trik Rahasia Optimalisasi Penggunaan Google

Bandung, Students Tel-U – Kita pasti sudah tahu kan apa itu Google? Google merupakan salah satu search engine terbesar yang sering digunakan banyak orang untuk mencari berbagai informasi di dunia digital jaman ini.

Disini akan dibahas sedikit trik menggunakan search engine Google, tepatnya dengan menggunakan beberapa tanda baca. Tujuannya agar pencarian kata kunci kita lebih efektif dan tepat sasaran. Yuk disimak!

  1. Tanda Petik ( ” )
    Tanda petik dua ini digunakan untuk mencari kata maupun kalimat di internet yang persis sama dengan kata atau kalimat yang kita ketik. Misalnya “cara memasak dengan batu”. Dengan tanda petik dua ini, kita memerintahkan Google untuk mencari halaman-halaman  dari situs yang menulis kalimat tersebut secara persis sama, tidak ada kata atau tanda petik lain di antara kata-katanya. Ini bagus digunakan untuk mencari situs-situs yang sering mengcopy-paste tulisan kita.
  2. Tanda Minus (-)
    Tanda minus digunakan untuk membuat pengecualian kata dalam hasil pencarian. Misalnya, kita mengetikkan Manchester United -juara. Ini berarti kita memerintahkan Google untuk mencari semua halaman yang membahas Manchester United tetapi tidak mengandung kata juara (tentu saja hasil yang keluar akan sangat sedikit). Ini juga bisa digunakan untuk memfilter situs-situs. Misalnya kita mengetikkan definisi Ekspor -wikipedia.com. Berarti kita memerintahkan Google menampilkan semua halaman situs yang membahas definisi ekspor kecuali halaman-halaman dari wikipedia.com.
  3. Site
    Tulisan “site” digunakan untuk memerintahkan Google menampilkan hasil pencarian dari salah satu situs saja. Misalnya, kita mengetikkan cara membuat ayam goreng site :segiempat.com. Artinya, kita memerintahkan Google untuk menampilkan cara membuat ayam goreng yang ada di situs segiempat.com saja.
  4. Link
    Tulisan “link” apat digunakan untuk melihat situs apa saja yang me-link ke situs lain. Untuk orang awam, mungkin cara ini tidak akan banyak berguna. Tetapi cara ini sering digunakan oleh pemilik-pemilik situs. Contoh penggunaannya seperti link :studentstelkomuniversity.com. Dengan begitu akan tampil semua situs yang memiliki link yang mengarah ke studentstelkomuniversity.com.
  5. Dua Titik (..)
    Tanda dua titik ini biasanya digunakan untuk mencari hasil di dalam sebuah range atau biasa disebut jarak. Jarak yang dimaksud biasa harga, tanggal atau ukuran. Misalnya, kita mengetikkan pendaftaran UAS susulan Telkom Univeristy 13..17Mei 2016. Ini berarti kita memerintahkan Google untuk menampilkan semua halaman situs yang membahas tentang pendaftaran UAS susulan Telkom Univeristy pada tanggal 13 hingga 17 Mei 2016.

Bagaimana? Menarik bukan? Cara ini bisa membantu kita sebagai mahasiswa dalam mengerjakan tugas sesuai dengan kata kunci yang dosen berikan. Tapi perlu diingat, setiap informasi yang kita dapatkan jangan lupa untuk selalu mencantumkannya sumbernya di lembar referensi. Selamat mencoba! (FSY)

Sumber : Kaskus

Keyword(s) :

Komentar

  • wew… berasa master google

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *