Transisi Kehidupan Di Kampus Yang Harus Kita Perhatikan

Bandung, Students Tel-U – Setiap waktu yang berjalan akan mengubah kehidupan secara sadar atau gak sadar. Dari mulai kita lahir,  bahkan hingga lansia. Semuanya selalu berputar. Begitupun dengan kehidupan perkuliahan. Apakah teman-teman sudah menyadari hal itu?

Sebenarnya ini bukan soal mahasiswa baru maupun mahasiswa lama. Tapi lamban laun pasti kita akan merasakan penat atau rasa bosan yang luar biasa. Segala kegiatan di kampus juga akan berubah. Hal itu dapat ditandai dengan ciri-ciri berikut ini :

1. Pola Berpikir

Kehidupan kampus selalu nggak bisa kita tebak, kita harus siap setiap saat. Kita selalu dituntut agar bisa lebih bersikap dewasa dan bijaksana dalam melakukan segala hal. Jika masih belum sanggup untuk melalukan itu semua, maka kalian masih tetap berada di bawah naungan pikiran yang kekanak-kanakan. mahasiswa baru dituntut untuk meninggalkan kebiasaan ketika masih SMA, dan mahasiswa lama dituntut untuk tidak menggunakan prioritasnya sebagai kakak tingkat untuk semena-mena terhadap adik-adiknya.

2. Rajin

student3

Pernahkan kalian menyadari bahwa tingkat kerajinan di kampus telah menurun? Baik itu dalam hal ngampus, ngerjain tugas, aktif dalam suatu organisasi dan lain-lain. Entah mengapa gairah untuk melakukan kegiatan kampus seperti saat kita pertama kali masuk sudah tidak ada lagi.

3. Berteman

student1

Ketika menjalani kehidupan kampus dari awal, kita pasti mempunyai banyak teman. Tapi, akan ada masa dimana kita hanya mempunyai beberapa teman. Entah itu karena kitanya memang yang terlalu sibuk, maupun karena hal lain.

4. Waktu

student4

Sebelum menjejaki bangku perkuliahan, kita harusnya sudah sadar bahwa ini adalah saatnya kita untuk serius. Bermain-main bukanlah hal yang wajar lagi. Transisi dari mahasiswa baru ke mahasiswa lama akan terasa cepat berlalu. Jika kita sudah menyadarinya, maka untuk menghabiskan waktu luang sepertinya nggak bakalan ada.

5. Organisasi

Ketika menjadi mahasiswa baru, kita pasti akan menyortir organisasi mana yang akan kita ikuti. Transisi dari junior ke senior pun akan terjadi. Buat yang malas, biasanya hanya akan semangat di awal saja. Akan ada masanya ketika tugas yang begitu banyak datang, kita akan malas untuk ber-organisasi lagi.

6. Grup

Awal perkuliahan memang sangat menyenangkan. Banyak teman yang akan merasa cocok dengan kita. Nah berawal dari situ akan ada suatu grup yang terbentuk. Isinya adalah teman-teman kelas yang sudah cocok dengan kita. Tapi ketika kita sudah naik tingkat, grup itu akan lama-kelamaan menghilang. Entah karena kelas yang sudah tak sama lagi, maupun karena kesibukannya masing-masing.

Kehidupan kuliah bisa saja kita tebak. Tergantung bagaimana kita langsung menyikapinya, berpikir dan cepat beradaptasi. Mau tidak mau transisi kehidupan ngampus yang berbeda akan segera kita rasakan. Kita harusnya sudah siap untuk siap untuk hal yang demikian. Jalanin saja dan tetap semangat, teman-teman. (GPP)

Keyword(s) :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *