Tips-Tips Lulus Poin TAK Sebelum Wisuda

Bandung, Students Tel-U – Badan Eksekutif mahasiswa Fakultas Komunikasi Bisnis Telkom University (BEM FKB Tel-U) memberikan tips-tips bagi kamu untuk mendapatkan memenuhi persyaratan Poin TAK (60 Poin) sebagai prasyarat pengajuan sidang kelulusan wisuda.

Created by : Septi Agus Pratiwi, Staff Departemen KOMINFO BEM FKB

Pasti dari kalian sampe sekarang masih pingin tau apa sih T.A.K? Dari jaman kalian OKMB (orientasi) selalu dibahas bahwa T.A.K adalah syarat lulus kalian semua sebagai mahasiswa Telkom University. Nah jadi, TAK (Transkrip Aktivitas Kemahasiswaan ) itu adalah adalah suatu parameter penilaian keaktifan mahasiswa untuk kegiatan non-akademik, dengan tujuan untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan softskill untuk bekal dalam kompetensi di dunia kerja nanti.

Dengan banyaknya pengalaman, cerita dari mahasiswa tentang T.A.K itu kira-kira seperti ini :

  • Masih ada mindset bahwa cari TAK nanti aja deh kalau sudah sekitar semester ke atas-atas, padahal TAK 60 poin itu tidak mudah dicari dengan waktu yang sesingkat itu, loh.
  • Kurang mencari informasi tentang organisasi/kepanitiaan yang sedang membuka perekrutan anggota/panitia, semakin banyak informasi akan semakin bagus
  • Jangan dianggap remeh ya, guys. Meski sebelum wisuda kita harus lulus poin TAK, tapi dalam pengalaman organisasi atau panitia tetap ada niat bahwa kita harus tetap berkontribusi dalam hal tersebut dan jangan terpaku hanya kepada kelulusan poin saja.

img2

Yuk langsung disimak apa aja tips-tips Lulus Poin T.A.K sebelum Wisuda adalah sebagai berikut :

  1. Diawali dengan Niat : Segala sesuatu yang kita jalani harus berlandaskan dengan niat dan goals yang akan kita tuju. Kita harus siap dengan berbagai tantangan yang ada.

  2. Yuk, di cicil perolehan T.A.K nya per-semester : Dengan dicicil per-semesternya kita merasa ringan, apalagi jika masih mahasiswa baru bisa mencari poin dengan mengikuti kegiatan yang mendapatkan 8 poin per semester, agar mudah dicapai sampai kira-kira > 60 untuk sampai dengan semester 8 nya. Jadi lunas deh sebelum wisuda T.A.K nya

  3. Mengikuti Organisasi yang Terikat : Organisasi yang terikat ini seperti Badan Eksekutif mahasiswa, Himpunan mahasiswa, Unit Kegiatan mahasiswa, Lembaga mahasiswa, dsb. Apabila sudah menjadi bagian atau pengurus dari organisasi tersebut, maka di saat organisasi tersebut membuat suatu program kerja, maka kita otomatis menjadi bagian panitia tersebut, sehingga lebih mudah dan tanpa melalui open recruitment yang ada.

  4. Gadget adalah Sumber Informasi : Gadget yang pasti kita miliki contohnya mobile phone atau smart phone adalah sesuatu yang penting untuk menggali semua informasi yang berkaitan dengan kehidupan kampus maupun di luar kampus. Informasi umum yang pastinya sering kita dapatkan seperti, info kampus, tugas, kegiatan yang akan berlangsung dengan akan dibukanya oprec suatu kegiatan. Berbicara tentang oprec nih, kita harus menyiapkan mental, wawasan tentang kegiatan tersebut dan juga cara berkomunikasi yang baik dan sopan, agar mendapat peluang besar agar kakak/panitia yang meng-oprec memilih kita.

  5. Kerja Part-Time : Sebenarnya tidak diwajibkan, akan tetapi selagi kita mendapat libur panjang dan mungkin kita mempunyai waktu luang yang banyak, kita bisa menambah poin TAK dengan cara ini. Selain pengalaman kerja yang kita dapat, Poin TAK untuk kerja part-time juga besar. Kerja Part-time biasanya dilakukan saat libur panjang semester atau apabila kita bisa membagi waktu dengan baik, bisa kok melakukannya.

  6. Aktif dalam Lomba : Lomba akademik maupun non akademik dapat diinputkan ke TAK loh. Contohnya seperti lomba karya ilmiah, lomba dalam bidang olahraga, dsb. Lomba yang sesuai dengan keahlian dan pastinya passion kalian ya.

  7. Menjadi Asisten dosen atau Asisten Laboratorium : Selain mendapat poin TAK yang lumayan, menjadi asdos/aslab adalah hal yang menyenangkan dan memperbanyak pengalaman loh.

  8. Mengikuti Seminar atau Workshop : Dalam mengikuti kegiatan ini, ilmu yang kita dapat banyak dan sangat bermanfaat. Untuk mahasiswa baru yang tinggal di asrama, biasanya workshop gratis disediakan oleh Career Development Center loh.

  9. Gabung Organisasi Eksternal : Gabung aja organisasi dari tingkat RT/RW sampai tingkat Nasional, seperti organisasi masyarakat di sekitar kalian! Khususnya dibidang sosial, selain bisa menambah poin T.A.K kalian juga bisa memiliki jiwa sosial yang tinggi.

Nah, gimana nih dengan Tips-tips nya para pemburu T.A.K? Bisa dilaksanakan di kehidupan sehari-hari dengan mudah bukan? Gampang dong pastinya.

final

Semoga kita bisa menjadi mahasiswa yang produktif yah dengan adanya kebijakan T.A.K ini.

SEMANGAT!

Sumber : Website BEM FKB Tel-U

Keyword(s) :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *