ingin mengerjakan skripsi

Tips Sukses Menyusun Skripsi/Tugas Akhir

Pastikan Memilih Topik yang Kita Kuasai

Dengan memilih topik yang kita kuasai, secara kasarnya kita akan mengetahui apa saja yang harus dikerjakan untuk melakukan penelitian ataupun perancangan yang akan kita kerjakan. Dengan demikian, kita dapat membuat tahapan-tahapan pelaksanaan secara terperinci, dan juga nanti dalam pelaksanaannya kita tidak akan terlalu terkendala, karena kita akan mengerjakan apa yang kita kuasai.

Sesuaikan dengan Fenomena

Contoh penyelarasan topik skripsi dengan fenomena

Contoh penyelarasan topik skripsi dengan fenomena

Bukannya tidak mungkin kalau dosen penguji bertanya “urgensi apa yang menyebabkan Anda memilih penelitian ini?”. Di sinilah kepekaan kita terhadap fenomena sekitar menjadi penting, karena penelitian yang dapat memecahkan masalah dengan urgensi yang tinggi, maka penelitian itu akan menjadi lebih bermanfaat.

Temukan Data/Bahasan Terkait

Secara umum, biasanya pengumpulan data itu dapat melalui empat sumber :

  • Studi pustaka; sebaiknya kita sudah dapat menerka, teori apa saja yang dibutuhkan dalam penelitian kita nanti
  • Observasi; kita harus menemukan objek pembanding yang akan dibandingkan dalam penelitian
  • Wawancara; kita harus menyiapkan kepada siapa kita akan wawancara untuk mendapatkan data-data yang diperlukan, baik itu kepada ahli maupun institusi terkait
  • Kuesioner; siapakah target dari penelitian kita ini, harus juga kita perkirakan agar tidak menyulitkan dalam proses pengumpulan data

Bagaimana kita dapat menentukan sumber pengumpulan data yang tepat? Selain dari bertanya kepada dosen pembimbing, kita juga bisa mendapatkannya dari penelitian terdahulu, yang akan dibahas pada bagian berikutnya. Jangan lupa, untuk setiap tindakan yang dilakukan dalam penelitian seperti jumlah sampling ataupun metode wawancara, wajib mengacu ke sumber yang relevan dengan penelitian yang kita kerjakan ya!

Tentukan; Mau Dibuat Seperti Apa

Mau dibuat seperti apa? Kita yang membuat konsepnya agar tidak bingung nantinya. Biasanya dalam pengerjaan perancangan tugas akhir, kita harus merumuskan konsep dari perancangan tersebut. Tidak ada salahnya bukan kalau kita menyiapkan konsep jauh-jauh hari? Sehingga nanti kita dapat langsung menyesuaikan dengan acuan perancangan yang didapat dari hasil analisis dari data-data yang telah didapat.

Bagaimana dengan skripsi? Ya kita juga dapat merencanakan akan menganalisis data melalui pendekatan apa, kenapa kita menggunakannya, dan apa urgensi yang menyebabkan kita harus meneliti hal tersebut. Untuk hal ini, sebaiknya kita terlebih-dahulu melihat dan membandingkan dengan penelitian terdahulu, yang akan dijelaskan pada bagian berikutnya.

Keyword(s) : , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *