Tips Pola Hidup Sehat Ala Mahasiswa

Bandung, Students Tel-U – Pola hidup sehat sangatlah penting untuk keberlangsungan hidup. Semua orang pasti menginginkan jiwa, raga, serta pikiran yang sehat. Terutama mahasiswa ingin selalu dalam keadaan yang sehat agar segudang aktivitas bisa terpenuhi dengan baik.

Hidup secara mandiri terkadang suka dijadikan alasan untuk tidak menjaga asupan. Padahal ada berbagai cara untuk bisa hidup sehat. Selain asupan yang diperhatikan, membuat semua hal terjadwal sama pentingnya. Berikut beberapa cara mudah yang bisa dilakukan sebagai anak kos.

  1. Rutinlah Minum Air Putih

    Tanpa disadari air putih merupakan bagian dari diri kita yang tak terpisahkan. Dianjurkan untuk minum sebanyak 8 gelas perhari. Jika membawa air galon ke kamar kos dirasa berat, bisa kok diganti dengan air putih yang 1, 5L. Jangan malas untuk selalu menyiapkan persediaan minum kamu ya.

  1. Pola Makan Teratur dan Jaga Asupan Gizi

    Menurut Denny Santoso pemilik salah satu tempat Gym di Indonesia, makan yang baik sebanyak 5-6 kali sehari. Dengan pola makan yang teratur, asupan gizi yang didapatkan oleh tubuh pun akan meningkat. Jangan sampai melewatkan sarapan. Sarapan merupakan bagian yang penting sebelum melakukan aktivitas. Sebaiknya ubah juga pola makan dengan makanan yang bergizi dan sehat, seperti perbanyak protein dan karbohidrat.

  1. Jagalah Kebersihan

    Stres dengan tugas kampus dan lelah karena sering rapat himpunan membuat kita malas untuk bersih-bersih. Jarang menyapu dan mengepel lantai kosan sampai debunya dimana-mana, biasanya setelah makan akan merasa mengantuk dan malas untuk langsung cuci piring dan akhirnya cucian menumpuk. Jangan sampai ya seperti itu. Tempat yang kotor adalah sarang kuman. Tidak mau kan kita disamakan dengan kuman karena betah dengan tempat kotor. Walaupun hal yang sepele, namun kebersihan berpengaruh terhadap diri kita. Jangan sampai sakit, baru bersih-bersih.

  1. Rutin Olahraga

    Kalau sudah hari libur pasti inginnya bersantai, tidur yang lama sampai siang, malas untuk pergi keluar. Jangan sampai kemalasan ada dalam diri kita di hari libur. Daripada hanya tidur, lebih baik lakukan olahraga. Apalagi olahraga di pagi hari, selain badan menjadi lebih segar, udara pagi yang masih bersih dan sejuk akan lebih baik untuk kesehatan. Olahraganya pun cukup jogging sebanyak dua kali seminggu. Jika dirasa malas untuk pergi keluar, olahraga yang sederhana bisa dilakukan sendiri di kamar kostan, seperti workout. Olahraga di sini juga menjadi hal yang wajib jika ingin tubuh tetap sehat.

  1. Tidur Yang Cukup

    Tidur merupakan hal yang wajib dilakukan jika ingin tubuh tetap sehat. Dengan tidur 7 jam, maka tubuh akan bugar di pagi harinya. Jangan dibiasakan telat tidur karena nonton drama untuk yang wanita dan untuk pria sering main game online. Cobalah untuk menyadari akan kebutuhan istirahat bagi tubuh kita.

Itulah beberapa tips yang bisa diterapkan untuk tetap menjaga kesehatan tubuh. (VQS/FHR)

Keyword(s) : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *