Tips Menghubungi Dosen Dengan Baik

Bandung, Students Tel-U – Menghubungi dosen sudah menjadi kebutuhan tersendiri bagi mahasiswa. Terutama untuk kebutuhan bimbingan skripsi ataupun masalah nilai dan absen.

Dengan tersedianya berbagai macam media sosial menjadikan komunikasi dengan dosen jadi lebih mudah. Namun ada beberapa etika yang harus diingat ketika hendak menghubungi dosen. Agar tidak menimbulkan konflik yang berkepanjangan.

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan.

  1. Perhatikan waktu

Sangatlah penting memperhatikan waktu yang tepat ketika kita hendak menguhubungi dosen. Pilihlah waktu sesuai jam kerja pada umumnya, yaitu hari senin sampai jumat antara pukul 9 pagi sampai 5 sore. Hindari waktu yang digunakan untuk beristirahat atau waktu yang digunakan untuk ibadah.

  1. Kenali sifat dosen

Perlu diingiat setiap orang mempunyai sifat dan aturan masing-masing. Berlaku juga pada dosen. Sebelum menghubungi dosen ingatlah tipe yang seperti apakah dosenmu? Ada yang memperbolehkan kamu menghubungi selain menggunakan SMS dan memperbolehkan menelpon, dan ada juga yang hanya menerima SMS. Kalau sembarangan menghubungi bisa kena teguran kamu.

  1. Memulai dengan salam, ucapkan kata maaf, dan menunjukkan identitas diri

Dalam memulai pembicaraan merupakan etika yang wajib untuk memberi salam terlebih dahulu, mengucapkan maaf sebagai rasa hormat dan sopan santun, lalu memperkenalkan diri secara lengkap karena setiap dosen pasti punya banyak mahasiswa yang diajar, dan setelahnya jelaskan kepentingan kita terhadap dosen yang bersangkutan. Perhatikan pula penulisan pesan kita agar tidak menimbulkan kesalahpamahan. Sebagai contoh,

“Selamat siang Bapak/Ibu. Mohon maaf menggangu waktu Bapak/Ibu, saya Budi dengan nim xx dari kelas xxxx, mengambil mata kuliah sistem informasi manajemen di kelas Bapak/Ibu. (Lalu jelaskan kepentingan kalian).”

  1. Gunakan bahasa Indonesia yang benar dan tulis pesan secara singkat namum jelas

Patut dihindarkan penggunaan bahasa sehari-hari atau bahasa gaul saat menghubungi dosen. dosen layaknya orangtua kita yang harus dihormati, bukan kawan sebaya. Gunakan bahasa dan tanda baca yang baik ya. Hindari penyingkatan kata yang sulit dimengerti.

  1. Akhiri dengan mengucapkan terima kasih dan salam penutup

Jangan sampai sesudah kepentingan kita tersampaikan pesan dari dosen hanya di-read saja, wah setelahnya kamu bisa masuk daftar hitam loh. Kita perlu mengucapkan terima kasih setelah menghubungi dosen ya, karena beliau juga telah meluangkan waktunya untuk kita. Dan gunakanlah salam untuk mengakhiri percakapan dengan dosen.

Itulah beberapa tips untuk menghubungi dosen secara sopan agar kamu tidak was-was lagi dalam menghubungi dosen. Terutama untuk yang lagi skripsian, harus selalu keep in touch dengan dosen. (VQS)

 

Keyword(s) : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *