Tips Menghadapi OMB Tel-U 2015

Bandung, Students Tel-U –  Memasuki awal Agustus mendatang, mahasiswa/i baru (biasa disingkat Maba/Miba) akan menghadapi Orientasi mahasiswa Baru (OMB). Tahun lalu, kegiatan OMB ini diawasi dan dibimbing langsung oleh tentara-tentara dari TNI Batalyon ZIPUR III Kodam Siliwangi. Yang ditunjuk untuk menjadi panitia OMB 2014 ini pun tak main-main lho, mereka harus melewati tahap pelatihan fisik dan mental terlebih dahulu selama tiga hari.

a

Pelaksanaan OMB 2015 pada Agustus mendatang pun agaknya tak jauh berbeda dari OMB tahun lalu. Berkaca dari pengalaman peserta OMB 2014, apa saja tips atau trik dalam menghadapi OMB tahun 2015 nanti?

  • Atur giliran penggunaan kamar mandi dengan teman sekamar
    kamar mandi
    Seperti yang kita tahu, kamar-kamar di asrama Tel-U umumnya diisi 4 orang/kamar. Ada yang durasi mandinya ibarat putri keraton, ada juga yang mandinya secepat kilat. Tahun lalu, rangkaian kegiatan OMB dimulai pada jam 4, dini hari. Demi menghindari hukuman akibat terlambat dari panitia OMB, alangkah bijaksananya bila kita atur terlebih dahulu urusan kamar mandi ini.
  • Latih fisikmu dari sekarang!

    Bukan seseorang yang suka olahraga? Lebih baik pikirkan ulang dari sekarang. Tahun lalu, salah satu agenda OMB yang sukses membuat baju basah kuyup oleh keringat adalah latihan baris-berbaris. Sepele memang, tapi perpaduan teriknya matahari dan aktifitas fisik yang sedikit lebih intens dari biasanya (terutama bagi yang jarang berolahraga) tidak bisa dianggap remeh lho. Jadi, tidak ada salahnya untuk memulai jogging dari sekarang kan?
  • Sok Kenal Sok Dekat (SKSD)
    kucing
    Tidak akan ada yang akan menyalahkanmu karena ber-SKSD di OMB ini! OMB adalah momen paling klop bagi kamu untuk menambah sederet teman baru, baik itu teman se-angkatan maupun senior. Siapkan senyum indahmu dan selamat ber-SKSD!
  • Bawalah barang yang perlu saja
    omb
    Pada OMB tahun lalu, setiap selesai apel pagi akan dilaksanakan pemeriksaan oleh kakak-kakak panitia OMB. Barang-barang seperti handphone, tablet, kosmetik, terlebih lagi rokok, akan diamankan oleh panitia. Jadi, sebaiknya coret barang-barang ini dari daftar bawaanmu saat OMB ya!
  • Jujur
    ouch
    Kamu mengidap suatu penyakit yang butuh perhatian khusus saat OMB? Biasanya sebelum sarapan, makan siang, ataupun melakukan aktifitas fisik, para panitia OMB akan bertanya apakah dalam regu yang dipimpinnya ada yang mengidap pernyakit tertentu atau tidak. Jangan malu atau sungkan untuk jujur jika kamu memang butuh penanganan khusus, karena kejadian-kejadian tak diinginkan seperti pingsan saat apel pagi atau saat kegiatan pelatihan baris-berbaris bisa saja terjadi.
  • Catat kontak teman-teman regu-mu
    kontak
    OMB hanya berlangsung selama 3 hari. Sungguh sangat disayangkan jika segala kekompakan dan kekeluargaan yang telah terjalin antara teman-teman se-regu saat OMB hilang begitu saja setelah OMB usai. Jadi, tak ada ruginya untuk mencatat id Line, E-Mail, ataupun nomor HP teman-teman se-regu mu. Mencatat kontak senior pun tak ada salahnya lho.
  • “Dorong pakai air!”
    Mungkin quote di atas adalah salah satu hal yang paling membekas di benak peserta OMB 2014 lalu. Pada OMB tahun lalu, seluruh peserta hanya disediakan waktu kurang-lebih 5 menit untuk menghabiskan sarapan maupun makan siang yang telah disediakan. Dalam waktu sesingkat itu, untuk melancarkan jalannya makanan di kerongkongan, air-lah jawabannya.
    Jangan kaget apalagi sampai bosan mendengar kalimat perintah “dorong pakai air!” saat OMB nanti yaa.

Demikianlah tips menghadapi OMB tahun 2015. Punya saran lain atau ingin membagi kisah-kasih saat OMB 2014 lalu? Silahkan tambahkan di kolom komentar!

Dan terakhir, selamat datang di Telkom University! (ARP/Mfc)

Keyword(s) : , , ,

Komentar

  • CIAOBELA

    Semangat terus kak dinda
    -With love

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *