Tips Mencari Kost-Kostan Ideal bagi Mahasiswa/i Tel-U

Bandung, Students Tel-U – Masa perkuliahan memang sudah usai, namun hal yang satu ini tentu tetap perlu diperhatikan agar liburan panjang kali ini lebih tenang. Kost-kostan! Mayoritas mahasiswa/i pada masa sekarang tentu ada yang sudah kehabisan masa kontraknya di kosan yang ditempati saat ini dan memiliki opsi untuk melanjutkan atau pindah dari kosan tersebut.

Dilema? ya, tentu saja dilema. Apakah ingin bertahan atau mencari hal baru yang belum tentu akan lebih baik daripada yang ada sekarang ini. Hidup itu pilihan, oleh karena itu segera tentukan. Bagi kalian yang bingung kriteria apa saja hal yang patut diperhatikan untuk mencari atau sekedar tau kost-kostan ideal, maka berikut ini merupakan hal yang patut diperhatikan untuk memilih kost-kostan.

1. Kondisi kamar

Luas kamar, ventilasi dan cahaya matahari nampaknya akan menjadi perhatian pokok dalam kategori ini. Luas kamar yang standar adalah 3×3 (lebih luas lebih baik), pastikan ada celah untuk sirkulasi udara, dan terkena sinar matahari agar kamar tidak jamuran. Selain itu, kamu harus tau apakah kamu cukup bertoleransi untuk menggunakan kamar mandi bersama-sama di luar kamar. Jika tidak, maka cari kost yang mempunyai kamar mandi dalam.

2. Letak lokasi yang strategis

Kost yang ideal akan berdekatan dengan tempat aktivitas publik lainnya seperti, warung makan, tempat laundry, cafe atau bahkan kampus. Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah kemudahan akses kost, jalanan yang luas tanpa banyak hambatan tentu akan menjadi penilaian plus terhadap kost tertentu.

3. Tersedia akses internet dan jaringan operator/provider telekomunikasi

Kostan dengan kriteria seperti ini tentu akan menjadi daftar pencarian mahasiswa/i. Karena mau tidak mau, mahasiswa/i perlu ‘bertemu’ dengan internet setiap harinya, baik untuk kerja tugas, kerja proyek atau hanya sekadar cari inspirasi dan main game. Kemudian, ketersediaan sinyal provider di kost juga akan menjadi peran penting ketika ingin kontak via smartphone atau tethering ketika jaringan internet sedang terganggu.

4. Keamanan dan Kenyamanan lingkungan kost

Hal ini juga termasuk yang sangat penting untuk dipastikan calon penghuni kost bukan hanya sekadar pencurian yang perlu dikhawatirkan, banjir juga seringkali ‘menghantui’ beberapa wilayah Telkom University ketika dilanda hujan deras berkepanjangan. Kekhawatiran ini tentu dapat diredam dengan adanya satpam atau cctv dan penguncian kostan yang disiplin untuk mencegah pencurian dan mengukur tinggi rendah wilayah kosan  untuk memperkirakan banjir tidaknya wilayah tersebut

5. Fasilitas dan barang yang didapatkan dari kostan

Untuk mengetahui fasilitas dan barang yang tersedia untuk penghuni kostan dapat ditanyakan langsung kepada pemilik atau penjaga kostan. Sehingga, kalian dapat mempersiapkan budget lebih untuk membeli barang-barang yang dibutuhkan jika memang tidak disediakan. Umumnya, kost-kostan akan menyediakan kasur, lemari dan meja belajar. Sementara itu, fasilitas yang diberikan tiap kostan masih beragam namun pada umumnya adalah tempat parkir dan hal lainnya seperti dapur, kulkas dan laundry yang mungkin telah termasuk dalam paket pembayaran kostan selama 1 tahun.

6. Harga yang sesuai dengan kantong

Semakin lengkap fasilitas, strategisnya tempat kost dan banyaknya peminat. Maka, harga sewa kost akan semakin mahal. Hal ini perlu diperhatikan mengingat kualitas akan berbanding lurus dengan harga. Jika tidak memiliki budget yang cukup untuk kost yang ideal, carilah alternatif tengah yang dapat dipertimbangkan keberadaannya. Opportunity Cost.

7. Perbanyak informasi lainnya

Informasi lain yang mungkin perlu kalian tahu adalah jam berapa kosan perlu dikunci, apakah teman boleh menginap, biaya bulanan yang perlu dikeluarkan untuk kebersihan, listrik, air dan semacamnya, atau hal-hal umum lainnya yang ingin kalian tahu, lebih baik tanyakan langsung sebelum menyesal kemudian. Untuk mengantisipasi kostan yang anda inginkan direbut orang lain, dianjurkan untuk segera booking dan simpan tanda bukti pembayaran. Setelah benar-benar pasti maka lunasi dan menikmati hidup sebagai penghuni kostan.

Baiklah, 7 hal tersebut yang akan menjadi poin penting bagi kalian para Kostan Hunter. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi kalian dalam memilih kost idaman masing-masing. Sekali lagi, hidup adalah pilihan dan setiap pilihan terdapat konsekuensi. Jadi, pilihlah dengan bijak! (IMR)

Keyword(s) :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *