Tips Membeli Laptop Untuk Mahasiswa

Bandung, Students Tel-U – Laptop adalah perangkat yang wajib kita miliki saat ini, terutama untuk mahasiswa. Banyak yang memilih laptop dibanding PC karena mudah dibawa kemana-mana. Tetapi, bagi kalian yang belum memiliki atau akan membeli laptop, kalian harus teliti dalam membelinya. Harus sesuai kebutuhan dan pastikan ketahui dasar-dasar mengenai laptop.

Penulis memiliki beberapa tips membeli laptop untuk mahasiswa. Simak baik-baik artikel ini

  1. Sesuaikan budget yang kalian miliki

Harga dari laptop bervariasi, tergantung spesifikasi dan selera. Sebelum membeli laptop, pastikan dulu budget yang kalian miliki. Kalian sudah bisa membeli laptop yang mendukung buat kuliah dengan budget empat sampai enam juta rupiah.

  1. Sesuaikan dengan jurusan kuliah kamu

Jurusan kuliah juga menentukan laptop apa yang cocok buat kalian. Ada jurusan kuliah yang hanya memanfaatkan laptop untuk presentasi atau kalau anak teknik untuk coding. Tetapi, bagi kalian yang kuliah jurusan desain atau broadcasting, maka kalian akan lebih mudah mengerjakan tugas kuliah dengan laptop spesifikasi tinggi. Oleh karena itu, jika kalian berkunjung ke jurusan tersebut, melihat laptop di atas sepuluh juta rupiah saja sudah menjadi hal yang biasa, apalagi laboratorium yang dibekali PC dengan spesifikasi tinggi.

  1. Paham tentang spesifikasi umum sebuah laptop

Banyak orang yang datang ke toko untuk membeli sebuah laptop tetapi tidak paham mengenai spesifikasi umum nya. Akhirnya mereka membeli laptop hanya melihat desain yang bagus dan harga yang murah. Paling tidak, kalian harus mengerti spesifikasi yang mempengaruhi performa laptop. Contohnya seperti :

  • Processor

Kalau budget kamu menengah keatas, usahakan beli laptop dengan processor core i5 atau i7 dengan kode 6000 atau lebih tinggi (contoh intel i5-6200U)

  • VGA

Diusahakan untuk memiliki VGA lain selain Intel HD graphics. Contoh VGA yang sesuai adalah Nvidia GeForce seri 600M keatas

  • RAM

RAM dengan kapasitas 4GB menjadi pilihan yang paling minimum untuk laptop, terlebih untuk kamu yang doyan multitasking di laptop kesayangan kamu.

  • HDD

Kebanyakan laptop yang dijual sekarang sudah memiliki kapasitas HDD sebesar 1TB, walaupun beberapa laptop masih menjual produknya dengan kapasitas HDD sebesar 500GB.

  1. Perhatikan hal-hal penunjang lainnya

Hal-hal penunjang lainnya, seperti desain laptop yang tipis agar lebih ringan dibawa kemana-mana, baterai yang awat sampai lebih dari enam jam, atau sistem operasi yang digunakan (win10 contohnya).

Jika ingin laptop yang mempunyai fleksibilitas tinggi, disarankan memilih laptop yang 2-in-1, laptop yang layar sentuh atau laptop yang bisa dicopot dan menjadi tablet.

Itulah beberapa tips sebelum kalian membeli laptop. Selamat berbelanja! (FHR)

 

Keyword(s) : , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *