Tips Mahasiswa Menjaga Diri dari Tindak Kejahatan

Bandung. Students – Tel-U, Saat ini, kejahatan bisa terjadi kapan saja. Kejahatan juga tidak memandang siapa orang yang akan diserang dan kapan orang itu mau diserang. Tidak dapat tindak kejahatan dapat dialami oleh mahasiswa. Apalagi kalangan mahasiswa sering pulang larut malam dan terkadang sendiri. Hal itu dapat meningkatkan kesempatan orang-orang tidak bertanggung jawab untuk berbuat tindakan yang dilarang. Oleh karena itu, mahasiswa perlu mengetahui bagaimana menjaga diri dari tindak kejahatan.

Nah, apa saja tipsnya? simak artikel berikut ini.

1. Hindari Pulang Larut Malam

Sudah kebiasaan umum, bahwa mahasiswa suka pulang larut malam. Banyak mahasiswa yang pulang sekitar jam 10 malam sampai 12 malam.  Alasan mahasiswa pulang malam biasanya adalah karena terlalu asyik dengan kegiatan ekstra kampus atau sekadar bermain games hingga lupa waktu. Padahal, waktu malam adalah untuk beristirahat, sehingga jalanan sepi dan sunyi. Hal itu menyebabkan waktu malam adalah waktu yang paling tinggi untuk tindak kejahatan. Untuk mengantisipasinya, kamu bisa menyetel alarm waktu pulang sehingga kamu pulang tidak larut malam lagi.

2. Jangan Pulang Sendirian

Ketika pulang dari kampus, usahakan jangan pulang sendirian. Apalagi ketika kamu pulang di waktu malam. Ketika kita melewati jalan yang sepi, hal tersebut dapat memberikan peluang bagi pelaku kejahatan untuk memulai suatu aksi yang berakibat buruk kepadamu.

3. Waspada dengan keadaan di sekitar

Bagi mahasiswa baru, sangat perlu untuk mengenali lingkungan kampus kita. Tidak hanya sebatas kampus, kita juga perlu untuk mengetahui lingkungan masyarakat sekitar kampus. Galilah informasi tentang tempat yang rawan kejahatan didaerah kamu, kejahatan yang pernah terjadi di lingkungan sekitar dan jangan pernah sesekali untuk melakukan suatu perbuatan yang melanggar norma di daerah tersebut

4. Bawa Alat Elektronik

Siapasih mahasiswa yang gak punya alat elektronik? Terutama smartphone. Tidak harus smartphone, alat elektronik juga bermanfaat untuk mau loh… Kamu bisa memanfaatkan alat eletkronik yang kamu punya untuk meminta bantuan ke teman-temanmu ketika kamu merasa dalam bahaya.

5. Berdoalah

Tidak dapat dipungkiri, bahwasannya kita tidak pernah tau kapan kita akan dipanggil oleh-Nya. Tidak memandang agama, suku dan ras, berdoa kepada sang Pencipta adalah media yang sangat tepat bagi kamu untuk meminta pertolongan agar terhindar dari tindak kejahatan.

Nah, itu tadi adalah tips bagaimana untuk terhidar dari tindak kejahatan. Semoga kita semua terhindari dari segala tindak keburukan orang lain. (NML)

Sumber: https://news.okezone.com/read/2015/10/28/65/1239575/kiat-menjaga-keamanan-saat-di-kampus

Keyword(s) : , ,