Tips Jitu Sukses Hadapi UTS

Bandung, Students Tel-U — Ujian Tengah Semester (UTS) Telkom University akan dilaksanakan dari 8 Oktober hingga 17 Oktober mendatang. Itu tandanya pelaksanaan ujian tinggal menghitung hari. Nah, kamu sudah mengumpulkan berbagai persiapan belum?

Menuju pekan UTS pastinya mahasiswa akan merasa jenuh dan letih dengan segala macam tugas dan kuis. Belum lagi dengan aktivitas non perkuliahan, seperti organisasi mahasiswa, komunitas, maupun UKM. Di balik segudang aktivitas itu, pastinya mereka ingin sukses dalam menempuh UTS.

Oleh karena itu, berikut Students Tel-U rangkum tips jitu agar kamu sebagai mahasiswa sukses dalam persiapan hingga pelaksanaan UTS!

1. Pahami Materi

Salah satu kegiatan yang (biasanya) dilakukan mahasiswa Telkom University sebelum UTS, yaitu responsi. Sumber: Enterprise System Engineering Laboratory

Sabda PS, CEO Zenius Education selalu menyampaikan prinsip kepada murid-muridnya, yaitu lebih baik pahami konsep dibandingkan menghafal.

Kalau kamu sudah memahami konsep materi sejak awal perkuliahan, kamu gak terbebani saat mengulang materi sebelum UTS berlangsung. Kelebihannya lagi, kamu akan terus ingat hingga kedepannya karena sudah paham materi. Coba deh kalau kamu masih menggunakan metode menghafal, untuk kedepannya kamu bisa lupa dengan materinya.

Buat memahami materi tersebut, kamu bisa lakukan sendiri sesuai dengan gaya belajarmu. Jika dirasa masih sulit dalam pemahaman, bisa bertanya pada teman-teman atau ikut responsi.

2. Jangan Belajar SKS (Sistem Kebut Semalam)

Kamu jadi bingung dan pusing sendiri. Jadi galau deh! Sumber: BBC.co.uk

Kamu juga butuh istirahat, lho! Agar kamu gak lelah dalam belajar, kamu bisa menyicil untuk memahami materi dari sebelum UTS. Saat UTS terlaksana, kamu hanya mengulang materi saja deh, dan bisa istirahat dengan cukup agar tubuh tetap sehat dan bugar.

3. Tetap Hidup Sehat!

Mau sehat? Ingat Munjul! Sumber: Delivery YPT

Gak mau, kan, kamu ikut ujian susulan dengan tingkat kesulitan soal yang berbeda? Maka dari itu, jangan lupa untuk tetap makan makanan yang bergizi. Selain itu, luangkan waktu untuk olahraga untuk memperbaiki mood dan menjaga kebugaran tubuh. Kurangi begadang saat hari pelaksanaan UTS ya!

4. Luangkan Waktu untuk Refreshing

Coba deh, sebelum UTS main-main sama pacar/gebetan/temen (doang) ke Museum Gedung Sate. Sumber: Fresh Suaka Online

Sebelum UTS, ada baiknya kamu harus jalan-jalan ke tempat yang kamu suka. Gak apa-apa kalau kamu sekadar wisata kuliner, keliling Kota Bandung, nongkrong sambil diskusi di taman kota, nonton film, karaoke, atau pergi ke mall sambil mencari diskon dan cewek atau cowok ganteng Kota Bandung! Pikiran kamu butuh beristirahat juga setelah menempuh berbagai tugas yang menguras otak dan uang saku. Cari suasana yang bisa menyegarkan pikiranmu sebelum berperang.

5. Pahami Aturan Saat Pelaksanaan UTS

Jangan lupa untuk berpakaian sopan dan rapi. Sumber: Students Tel-U

Saat pelaksanaan UTS, kamu tetap harus berpenampilan sopan. Dianjurkan untuk memakai kemeja, celana panjang atau rok rapi, dan bersepatu. Jangan coba-coba buat pakai kaos, deh. Gak mau disuruh keluar ruangan oleh pengawas, kan?

Persiapkan juga alat tulis, karena kamu gak boleh lagi pinjam meminjam dengan kawan di sebelahmu. Jangan lupa juga untuk tidak telat mencetak kartu ujian dan selalu membawanya selama ujian berlangsung.

6. Jangan Lupa untuk Selalu Berdoa

Jangan lupa berdoa sebelum mengerjakan soal. Sumber: Hipwee

Ini yang paling penting, kalau kamu sudah mempersiapkan semuanya tapi tidak dilandasi dengan doa? Sama aja bohong, dong! Berdoalah agar kamu selalu diberikan kelancaran dan bisa mendapat hasil yang memuaskan. Alangkah baiknya lagi, minta restu kepada kedua orang tua kamu, agar lebih dimudahkan lagi.

Nah, itulah tips jitu dari Students Tel-U agar kamu sebagai mahasiswa Telkom University yang kece dan mantap betul sukses pada pekan UTS minggu depan. Good luck and do your best! (KAS)

Keyword(s) : , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *