Tips Hemat Menjadi Anak Kost

Bandung, Students Tel-U – Kehidupan seorang mahasiswa memang sangat berbeda dengan kehidupan ketika menjadi siswa. Menyandang gelar mahasiswa merupaka suatu kebangga sekaligus tantangan. Pengertian mahasiswa tidak bisa diartikan kata per kata, mahasiswa adalah seorang agen perubahan. Menjadi orang yang dapat memberikan solusi bagi permasalah yang dihadapi oleh suatu masyarakat di berbagai belahan dunia. Untuk saat ini, kamu yang sedang duduk dibangku perkuliahan, setidaknya kamu bisa menjadi agen perubahan dan memberikan solusi bagi diri sendiri dalam mengatur keuanganmu. Berikut tips agar kamu dapat menghemat pengeluaran yang bisa langsung dilakukan :

  1. Membuat daftar kebutuhan

Jangan lupa untuk membedakan antara kebutuhan dan keinginan, perkirakan juga berapa biaya yang akan keluar. Setelah mendapat daftarnya, berbelanjalah sesuai daftar saja tanpa tambahan lain-lain.

  1. Biaya makan

Kebanyakan mahasiswa mendapat uang jajan dari orang tua sebulan sekali atau dua kali. Alangkah baiknya jika kamu merencanakan untuk mengambil katering, pilihlah katering yang paling murah dan sesuai kebutuhan. Ambillah paket sebulan, maka kamu tidak akan khawatir lagi soal makan.

Atau kamu bisa memasak nasi sendiri, untuk lauk pauk belilah di warung nasi sekitar kos. Terbukti hemat, untuk dua kali makan kamu hanya perlu mengeluarkan biayan Rp 8.000-Rp. 20.000 (tergantung pilihan lauk dan warung nasi)

  1. Kurangi jajan

Jangan terlalu banyak jajan, agar pengeluaranmu tidak membengkak. Usahakan lah makan teratur dan dalam porsi yang cukup. Jika kamu tidak lapar, maka keinginan untuk jajan juga kecil. Hemat dan sehat!

Hindari jajan

  1. Hindari Laundry pakaian

Memang mencuci dan menyetrika pakaian agak sedikit merepotkan, tapi ini sangat membantu jika kamu ingin berhemat. Misalkan saja, dalam dua minggu kamu menghasilkan dua kilo pakaian kotor dengan biaya Rp. 10.000 sekali laudry. Bandingkan jika kamu mencuci sendiri, belilah detergen yang paling murah maka kamu hanya akan mengeluarkan biaya seharga detergen, biasanya tidak lebih dari Rp. 5.000

  1. Transportasi

Carilah teman yang bisa kamu tumpangi. Ini merupakan salah satu cara melestarikan lingkungan, karena mengurangi penggunaan kendaraan pribadi. Tips lainnya, carilah Rumah kos yang dekat dengan kampus, yang bisa dijangkau dengan berjalan kaki.

  1. Peralatan mandi

Belum gajian, tapi uang bulanan sudah sekarat duluan? Tips ini mungkin membantu. Pasta gigi yang hampir habis bisa kamu gulung ujungnya, bawa hingga ke tutup botolnya lalu jepit pakai jepitan kertas. Atau kamu juga bisa langsung memotong bagian tengah mengambil sisa-sisa pasta gigi yang tertinggal didalamnya. Untuk shampoo dan sabun mandi cair, kamu bisa tambahkan sedikit air, lumayan beberapa hari bisa bertahan. Kamu juga bisa menggunakan sabun mandi batang, lebih murah dan harum yang dihasilkan juga sama.

  1. Internet

Manfaatkan wifi kampus untuk kebutuhan internet. Belilah paket data internet untuk smartphone yang sesuai kebutuhan saja, matikan paket data jika sedang tidak perlu. Tips ini bisa membantu kamu, di akhir-akhir bulan ketika uang jajan sudah dalam kondisi detik-detik terakhir.

  1. Jangan biasakan berhutang

Ketika uang bulanan mu menipis, gunakan lah yang ada dengan sebijak-bijaknya. Jika terpaksa berhutang, lebih baik meminta traktir makan dulu saja, ketika kamu sudah menerima uang bulanan, kamu kembali mentraktir temanmu itu. Usahakan tidak meminjam uang, itu bisa menjadi kebiasaan. Dan setiap awal bulan, kamu harus membayar hutang dan uang bulanan mu pun berkurang.

  1. Pilih teman

Bukan berarti membatasi pergaulan. Dalam hal ini, carilah teman sebagai sahabat atau teman dekat. Menjadi mahasiswa sosial sangatlah penting, merangkul semua kawan dan lawan. Mudah bergaul, suka menolong dan aktif dikelas adalah pribadi mahasiswa teladan. Namun, jika kamu ingin menghemat uang, pilihkan teman yang hemat juga. Maka, kalau kamu pergi ke kantin, kamu tidak akan malu jika membeli makanan dengan air putih saja.

  1. Manfaatkan waktu luang

Waktu luang sangatlah berharga bagi mahasiswa, waktu luang bisa digunakan untuk istirahat dari tugas dan kegiatan organisasi lain. Jika kamu mau dan mampu, kamu bisa menjalankan bisnis, misalnya menjual pulsa, membuka lapak di kantin kejujuran, online shop. Atau kamu bisa mengambil kerja part-time seperti mengajar les, bahkan kamu bisa menjadi asisten praktikum. Waktu luangmu tidak akan sia-sia. Dan pastikan, kuliah tetap prioritas!

  1. Kretif dan aktif

Banyak kegiatan lomba yang bisa kamu ikuti sesuai dengan minatmu. PKM (Program Kreatifitas mahasiswa) memiliki banyak cabang yang bisa kamu pilih. Atau PIMNas (Pekan Ilmiah mahasiswa Nasional). Itu masih dua contoh lomba yang penulis sebutkan, jika kamu searching sendiri, kamu akan menemukan banyak sekali lomba-lomba menarik lainnya. Kamu bisa mengharumkan nama kampus, dan lebih dari itu, kamu bisa membayar uang semester jika kamu mau dan berusaha. Good luck!

  1. Bergaul dengan kakak tingkat

Buku adalah gudang ilmu. Sebagai mahasiswa kita dituntun menuntut ilmu. Menjadikan kakak tingkat sebagai teman sama sekali tidak ada ruginya. Kamu bisa sharing mengenai kuliah, konsultasi masalah perkuliahan, dan meminjam buku dari mereka. Let’s try!

Dengan mencoba tips yang disebutkan di atas, teman-teman sudah bisa kan menghemat biaya bulanan? Jadi, jangan ada yang lesu lagi diakhir bulan. Dan tetaplah jangan kesehatan.

Keyword(s) :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *