Beli Gadget Apple Second ?

Bandung, Students Tel-U – mahasiswa sudah tidak asing lagi dengan produk perangkat elektronik yang namanya Apple? Gadget dengan logo buah apel tergigit ini melambung popularitas dan penjualannya dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir. Produk ini terkenal dengan kemewahan designnya sehingga memunculkan kebanggaan bagi pengguna kala terlihat memegang handheldnya.

Dulu ketika harga barunya cukup mahal dan smartphone belum merebak, populasinya cukup sedikit karena hanya kalangan tertentu yang mengerti produk berOS iOS ini. Namun akhir-akhir ini pasar produk Apple cukup laris. Dengan tampilan mewah, serta user interface OS yang interaktif, maka banyak yang tertarik untuk menggunakannya. Mulai dari kalangan anak-anak, remaja, hingga orang tua.

Sayangnya dengan harga jual yang tinggi ini masih membatasi pembelian produk baru Apple yang hanya didominasi kalangan menengah keatas.

Ingin mengunakan Produk ini, tapi tidak ada Dana? Tenang, di counter-counter penjual handphone bekas serta di website jual beli di Indonesia banyak ditemui produk-produk Apple 2nd (second). Hal ini bisa jadi alternatif bagi yang menginginkan tampil gaya dengan Apple gadget namun tetap maksimalin isi dompet.

Tapi jangan buru-buru, salah-salah smartphone yang kita beli dengan harga tidak murah itu justru berakhir jadi barang rongsokan dalam kurun waktu yang tidak  lama.

Nah Bagaimana sih cara pilih smartphone Apple secondhand yang masih worth it untuk digunakan  jangka panjang? Berikut beberapa tips yang bisa dilakuin saat mengecek barang bekas sebelum membeli :

Periksa Track Record Tempat Gadget itu Dijual

Hal ini penting sebelum membeli agar tidak tertipu. Dalam beberapa kasus, ada beberapa penjual nakal yang menjual barang yang kondisinya tidak sesuai dengan promosinya. Dan untuk pembelian via lapak online, pastikan tidak ada riwayat penipuan dengan rekening atau nomor contact person yang digunakan. Apabila memungkinkan, gunakan jasa rekening bersama (rekber) untuk bertransaksi supaya lebih aman dan ketika barang yang datang tidak sesuai yang dijanjikan atau ada indikasi penipuan, uang bisa dikembalikan dari pihak rekber ke rekening kita dengan aman

Periksa Kondisi Tampilan Fisik dan Kelengkapan Handphone

Well, tampilan fisik yang mulus memang tidak bisa menjadi tolak ukur pasti bahwa hardware di dalamnya nggak bermasalah. But at least, kalau tampilan luarnya mulus, hal ini akan menambah gengsi kamu ketika memakainya. Dan kelengkapan handphone yang lengkap memudahkan kamu untuk langsung menggunakan tanpa harus kehilangan uang lagi untuk membeli aksesoris tambahan. Oh satu lagi, terkadang pemilik sebelumnya menjual Apple Gadgetnya sebelum masa garansi resminya habis sehingga ini menjadi nilai tambah bagi anda ketika sewaktu-waktu gadget bermasalah bisa dikembalikan ke garansi resminya. Siapa tahu kamu dapet barang 2nd like new sehingga saking mulusnya orang tidak tahu kalau kamu beli iPhone atau iPad bekas.

Selidiki Riwayat Pemakaian Sebelumnya

Ini khusus untuk pembelian dengan pemakai langsung, lebih baik membeli barang bekas dari orang yang dikenal sehingga tahu riwayat pemakaiannya. Apakah dia hati-hati atau sembrono dalam memakai gadgetnya. Biasanya kalau membeli barang bekas dari orang yang dikenal bisa dapat potongan harga tambahan ketimbang membeli di counter handphone bekas

Cek Setiap Fungsi Hardware

Untuk yang satu ini sepertinya wajib, kita nggak mau kan membuang uang cukup banyak untuk membeli gadget yang ternyata tombolnya rusak?

Check Software dan Status Apple ID

Ini cukup penting dan mengingat iOS terbaru (iOS 7) menggunakan fitur cloud computing dan security iCloud. Sehingga ketika kita mengupgradenya ke versi iOS yang lebih tinggi, saat kita masuk pertama kali akan membutuhkan ID iCloud dari pemilik sebelumnya. Jika kamu tahu password dan Apple ID dari pemilik sebelumnya, it’s not a big deal. Tapi ketika kamu nggak punya, gadget itu akan terkunci dan tidak bisa menggunakan fungsi seluler bahkan ada yang tidak bisa digunakan samasekali dan berakhir menjadi sampah. Jadi pastikan Apple ID dari pemilik sebelumnya sudah terlepas dari gadget kamu itu sebelum membelinya. Cara checknya bisa dilihat di link ini >> http://gaptex.com/cara-menghapus-lock-icloud-di-iphone-ios-7/

Pastikan pelayanan After Sales dari tempat membeli

Ini juga penting ketika gadgetmu bermasalah (no human error) sebelum waktunya. Apabila penjual yang baik pasti akan memberikan bantuan dan garansi personal selama beberapa waktu untuk memastikan gadget yang kamu beli terjual dengan kondisi baik.

Sesuaikan Target dengan Harga Pasaran dan Budget

Nah ini yang penting. Jangan sampai ketika kamu sudah mentarget untuk membeli sebuah iPhone 5 2nd, ternyata uang kamu cuma cukup untuk membeli iPhone 4 atau 4s saja. Dan pastikan juga harga yang ditawarkan tidak jauh berbeda dengan pasaran. Kalau harganya jauh lebih tinggi, tawarlah. Kalau harganya jauh lebih rendah, patutlah kamu curiga dengan kualitas barang tersebut.

Nah itu sedikit tips yang bisa dilakukan sebelum memutuskan membeli produk Apple. Ribet ya? Ah enggak juga, dengan ketelitian itu kamu bisa dapet barang kualitas prima dengan harga terjangkau. Mau nggak ribet? Beli aja yang baru. Memang harganya jauh lebih mahal tapi setimpal dengan dukungan resmi dari vendor dan service center Apple yang tersedia  (aab/paw)

Keyword(s) : ,

Komentar

  • faridnaufal

    Haloooo

  • berarti beli apple secondnya juga jangan di dealer ecek ecek yah… harus yang resmi dan terpercaya biar ga ketipu

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *