Tipe – Tipe Dosen Pembimbing

Purwakarta, Students Tel-U – Memasuki semester akhir masa perkuliahan, kamu akan semakin akrab dengan yang namanya dosen pembimbing.

dosen pembimbing ini adalah dosen yang akan membimbingmu, memberikan masukan, ide-ide, dan di tangan dialah kamu bisa sukses atau tidak dalam sidang akhir nanti. Nah berikut ini adalah beberapa tipe-tipe dosen pembimbing tugas akhir/skripsi yang biasa ditemui di kampus :

  • Perfeksionis

dosen pembimbing dengan tipe perfeksionis  selalu menuntut kesempurnaan dalam penyusunan tugas akhirmu. dosen pembimbing tipe perfeksionis ini biasanya telah menetapkan aturan sendiri yang harus diikuti oleh mahasiswanya mulai dari pemilihan tema, judul, cara penulisan, penyusunan hingga penyelesaian. Sedikit kesalahan saja seperti typo sedikit siap-siaplah untuk revisi ulang skripsimu! Tapi jangan sedih, dosen pembimbing seperti ini biasanya memiliki niat baik agar hasil skripsimu baik dan berkualitas,  lho. 

  • Sibuk

dosen pembimbing tipe sibuk akan susah dihubungi untuk bimbingan. Saking sibuknya kamu mungkin harus rela menunggu berjam-jam di kampus agar bisa bertemu dengan beliau. dosen pembimbing seperti ini biasanya memiliki kesibukan di tempat lain dan hanya memiliki waktu yang terbatas ketika melakukan bimbingan. Kunci menghadapi dosen pembimbing tipe seperti ini adalah kamu harus mampu menyesuaikan waktu bimbinganmu dengan rutinitas beliau, selalu inisiatif menanyakan waktu luang yang beliau miliki dan juga persiapkan materi apa yang akan menjadi bahan bimbinganmu sebaik mungkin, agar waktu bimbingamu bisa lebih efisien.

  • Deadliner

dosen Pembimbing deadliner biasanya akan mematok target pada setiap progres pengerjaaan tugas akhir kita. Seperti kapan harus menyelesaikan Bab 1, kapan harus mengumpulkan revisi, kapan menyelesaikan analisis data, dsb. Dengan dosen pembimbing seperti ini kemajuan proses pengerjaan tugas akhirmu biasanya akan cepat dan sistematis. Tapi kamu harus sanggup mengerjakan tugas tersebut sesuai dengan deadline yang diberikan.

  • Gaul

dosen gaul biasanya disenangi oleh para mahasiswa, karena dosen tipe ini enak untuk diajak ngobrol atau berdiskusi tanpa harus terkesan begitu formal. Selain itu dosen gaul biasanya sangat up to date sehingga kita bisa bicara mengenai tren-tren masa kini, bergosip ria bahkan nongkrong bareng dengan dosen tersebut atau juga aktif di media sosial yang sedang trend. Tapi awas ya, jangan sampai kamu keasyikan bergosip sampai lupa melakukan bimbingan.

Begitulah kira-kira tipe-tipe dosen pembimbing tugas akhir/skripsi yang biasa ditemui di kampus. Seperti apapun tipe dosen pembimbingmu jangan sampai membuatmu kehilangan fokus dalam menyelesaikan tugas akhirmu ya! (GTA)

referensi : kaskus

Keyword(s) :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *