Tim Turangga Telkom University Juarai INAICTA 2014

Tim Turangga Telkom University Juarai INAICTA 2014

Bandung, Students Tel-U – Indonesia ICT Award 2014 (INAICTA 2014) yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia pada Agustus 2014 lalu, melahirkan karya-karya ICT yang inovatif, termasuk Tim Turangga asal Fakultas Teknik Elektro Telkom University. Tim ini berhasil menciptakan aplikasi untuk memonitor keberadaan sampah yang menumpuk di suatu daerah menggunakan metode crowd sourcing. Aplikasi ini terintegrasi dengan server yang dapat mengirimkan broadcast message kepada petugas kebersihan yang berada paling dekat dalam radius 1 KM dari sampah tersebut.

Aplikasi yang dibuat sejak bulan Februari 2014 oleh mahasiswa jurusan Sistem Komputer ini membawa Tim Turangga meraih Juara I pada kategori Aplikasi Perguruan Tinggi (APT) di INAICTA 2014. Tim Turangga yang terdiri dari Restu I.P., Raden Rogers D.S., Shifa M.A., dan Yanuar Pristian, C., ini mengaku bahagia dapat mengharumkan Telkom University di ajang bergengsi tingkat nasional itu.

Ketua Tim Turangga, Restu I.P, ia dan rekan satu timnya mengaku bangga dapat menjadi juara pertama pada kategori APT mengalahkan perguruan tinggi lain yang jadi nominator pada kategori tersebut. Turangga masuk ke dalam 15 tim yang lolos seleksi juri, terus diseleksi lagi menjadi 8 tim bersanding dengan kampus lain yang sudah punya nama seperti Institut Tekonologi Bandung (ITB) dan Institut Teknologi Surabaya (ITS). “Kemudian kita akhirnya yang jadi juara pertama, ” ucap Restu bangga.

Penghargaan karya TIK yang digagas Kementerian KOMINFO RI ini selanjutnya membawa para juara kepada tingkat penghargaan di level Asia-Pasifik. Menurut Restu, ia dan tim Turangga sangat siap dan menargetkan kemenangan pada ajang bertajuk APICTA 2014 tersebut. “Mudah-mudahan di APICTA 2014 kita menang lagi. Sehingga bukan hanya Telkom UniVersity yang kita harumkan, tapi juga Indonesia ikut harum di acara itu, ” katanya. (DH/ERF)

Keyword(s) :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *