Tim SES Tel-U Raih Juara 3 Lomba Debat Bahasa Inggris, Mewakili Jabar Menuju Level Nasional

Bandung, Students Tel-U – Tim debat Telkom University berhasil meraih peringkat tiga dalam kejuaraan National University Debating Championship (NUDC) yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) di Universitas Widyatama pada tanggal 18 hingga 20 Mei 2015. Lomba ini diikuti oleh universitas-universitas dari daerah Jawa Barat dengan total peserta 31 tim.

NUDC menggunakan sistem British Parliamentary dimana satu tim beranggotakan dua orang dan satu sesi debat diisi oleh 4 tim yang dibagi menjadi opening debate (debat pembuka) dan closing debate (debat penutup). Dalam lomba ini, terdapat 3 babak preliminary dimana tim-tim mengumpulkan poin lalu dipilih 16 besar menuju babak penyisihan mulai dari babak perempatan.

Ranna Artha Jayanti dan Ryan Aminullah sebagai tim SES Telkom University berhasil mencapai babak Grand Final memperdebatkan mosi “This House Supports Vatican’s Recognition of Palestine as a State” berhadapan dengan Universitas Padjajaran, Institut Tekhnologi Bandung, dan Universitas Pendidikan Indonesia dan pada akhirnya berhasil meraih peringkat ketiga pada babak tersebut. Ranna Artha Jayanti juga berhasil menjadi pembicara terbaik ke-4 dan Ryan Aminullah meraih jombor 8 terbaik dari seluruh peserta lomba.

8 tim dengan peringkat dan nilai terbesar dari lomba ini akan dikirim menuju tingkat nasional yang akan diselenggarakan pada Agustus menghadapi seluruh pemenang dari kopertis-kopertis lain untuk merebutkan tempat menjadi tim yang akan dikirim ke tingkat international World University Debating Championship di Thessaloniki, Yunani.

Debat bahasa Inggris merupakan kegiatan yang menantang dan membangun karena yang membutuhkan kecepatan berpikir, logika, dan ilmu pengetahuan umum sehingga tidak hanya membangun pengetahuan para anggota namun juga karakter mereka termasuk kerjasama dan kepemimpinan.

SES Telkom university melatih anggotanya bukan hanya untuk kemampuan berbahasa Inggris, namun untuk mengimplementasikannya di bidang bidang nyata. Kemampuan berbahasa Inggris tidak hanya dianggap sebagai kebutuhan bagi calon sumber daya manusia masa depan dikarenakan perkembangan jaman dan globalisasi, namun juga dilihat sebagai tantangan dalam berkarya.

Selain NUDC regional 2015, tahun ini anggota anggota SES Telkom University juga berhasil meraih juara 2 lomba debate TBI, juara Scrabble di SAEED, dan memenangkan predikat mahasiswa Berprestasi (Mapres) tingkat Jawa Barat. SES Telkom berharap anggota anggota dapat terus berkegiatan yang tidak hanya meningkatkan pengetahuan mereka akan berbahasa Inggris namun juga pendalaman talenta dan karakter mereka. (SES/IRZ)

Keyword(s) :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *