Terobsesinya Mahasiswa Baru Terhadap TAK

Bandung, Students Tel-U – Ngaku mahasiswa/i Telkom tapi tidak tahu TAK? Jangan ngaku mahasiswa/i Telkom jika belum tahu TAK. TAK adalah singkatan dari Transkrip Aktivitas Kemahasiswaan. Setiap mahasiswa/i S1 harus mengumpulkan poin sebanyak 60 dan mahasiswa/i D3 mengumpulkan 45 poin. TAK ini merupakan salah satu syarat untukmengikuti sidang kelulusan nanti. (Baca juga : BK Tel-U : Sekilas Tentang TAK dan TAK, apa itu? )

Nah, bagi mahasiswa/i baru, sering sekali bingung bagaimana cara mencarinya. Mereka tahu bahwa setiap aktifitas organisasi atau seminar terutama dalam skala lokal, memiliki bobot poin TAK yang tidak cukup banyak. Bahkan mereka merasa bingung, was-was bahkan merasa sulit untuk mendapatkan poin TAK sejumlah yang telah ditentukan.

“TAK itu sulit dicari bagi orang-orang yang nyantai dan cuek. Tetapi, kalau misalkan niat buat mencari TAK, itu sebenarnya tidak susah seperti yang ada di pikirin kita, ” kata Anisa Dea (mahasiswi baru) jurusan DKV.

Apalagi bagi mahasiswa baru yang sangat ribet mencari TAK. Ada acara sedikit-dikit ikut. Ada seminar juga ikut. Padahal seiringnya berjalannya waktu bersama dengan kuliah, TAK akan mengalir dengan sendirinya jika kita mengikuti dan aktif di kampus.

“Saya sebagai Mahasiswi baru hanya mengikuti beberapa UKM atau seminar untuk mendapatkan TAK. Saya juga mengikuti saran dari senior yang berpengalaman bahwa harus mengikuti kegiatan-kegiatan tersebut. Dengan itu saya bisa mendapatkan TAK, tetapi tidak bisa langsung mendapatkan TAK banyak secara langsung, harus dengan bertahap. Jadi saya selalu berburu TAK dengan mengikuti acara dan atau seminar sebanyak mungkin, ” tutur Anisa Dea.

mahasiswa/i baru di Telkom University sangat berantusias pada kegiatan seperti seminar demi mendapatkan poin TAK, bahkan beberapa diantara mereka rela mengikuti kegiatan berbayar untuk mengikuti kegiatan yang memilki poin TAK. (WAP)

Keyword(s) : , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *