Tentang Himpunan Mahasiswa Teknik Telekomunikasi (About HMTT)

Bandung, StudentsTel-U – Himpunan Mahasiswa Teknik Telekomunikasi Telkom University (HMTT Tel-U atau biasa disebut juga Telco) berdiri pada tanggal 7 Desember 2011, sebelum resmi menjadi sebuah himpunan yang berdiri sendiri, HMTT masih menjadi Badan Mahasiswa Jurusan (BMJ) di bawah naungan Departemen Kemahasiswaan himpunan mahasiswa tingkat fakultas, yaitu HIMATEL (Himpunan Mahasiswa Fakultas Elektro dan Komunikasi) saat itu Telkom University masih menjadi Institut Teknologi Telkom. Setelah menjadi Telkom University, semua keorganisasian himpunan pindah ke tingkat prodi.

HMTT terbentuk dari keinginan dan rasa persatuan dari mahasiswa Teknik Telekomunikasi. HMTT dianggap bisa sebagai wadah untuk mengingkatkan ikatan kekeluargaan antar mahasiswa di jurusan Teknik Telekomunikasi. HMTT bertujuan menjadi wadah untuk berkarya, berorganisasi, bergaul, dan belajar, baik dalam bidang akademik maupun non akademik.

Anggota HMTT merupakan mahasiswa S1 Teknik Telekomunikasi Telkom University. Anggota yang berhak menggunakan jaket himpunan adalah anggota penuh, yaitu anggota yang telah lulus rangkaian kaderisasi awal yang bernama ASTERISK. Peserta ASTERISK adalah anggota biasa mahasiswa tingkat satu. ASTERISK berlangsung dari pertengahan semester dua hingga awal semester tiga.

Terdapat Badan Pengurus Harian (BPH) yang bertugas sebagai badan eksekutif untuk melaksanakan kepengurusan HMTT dan Dewan Perwakilan Anggota (DPA) yang bertugas sebagai badan legislatif untuk mengawasi kerja BPH dan mewadahi berbagai aspirasi anggota.

HMTT merupakan organisasi tingkat program studi yang mewadahi berbagai kebutuhan anggotanya dibidang kemahasiswaan dan keprofesian. Terdapat tiga kelompok keahlian di jurusan Teknik Telekomunikasi, yaitu Transmisi, Pengolahan Sinyal Informasi, dan Jaringan. Terdapat banyak laboratorium yang mewakili masing-masing kelompok keahlian di jurusan Tekmik Telekomunikasi.

HMTT bertugas untuk mewadahi kebutuhan keprofesian dari semua kelompok keahlian tersebut. HMTT berkeinginan untuk menjadikan para anggota menjadi sarjana Teknik Telekomunikasi profesional yang mempunyai keahlian keprofesian sebagai bekal para anggota setelah lulus dari kampus Telkom University. Banyak sekali riset yang telah dihasilkan oleh para anggota HMTT, kebanyakan para anggota adalah asisten dari laboratorium yang ada di Jurusan Teknik Telekomunikasi. HMTT bekerja sama dengan Kelompok Keahlian yang ada di Jurusan Teknik Telekomunikasi untuk pengembangan riset dan pengabdian masyarakat, guna menghasilkan hasil karya yang berguna dan bermanfaat bagi masyarakat.

Selain di bidang keprofesian, HMTT juga mewadahi minat dan bakat anggota, baik di bidang olahraga maupun di bidang seni musik. Terdapat banyak klub olahraga yang ada di HMTT, yaitu Black Militant Futsal, Black Militant Basket, Black Militant Badminton, Black Militant Billiard, dll., di bidang seni music HMTT mempunya Telcoustik. Telah banyak prestasi yang diukir oleh para anggota HMTT di bidang minat dan bakat, salah satunya adalah Juara Olimpiade Telkom selama dua kali berturut-turut.

Jaket himpunan berwarna hitam dengan logo berada di bagian dada kiri dan urutan angkatan dengan simbol angka romawi berada di bagian dada kanan. Terdapat tiga kantung kecil dibagian depan jaket dan satu kantung besar dibagian belakang jaket. Adapun arti dari logo Telco itu sendiri adalah :

  1. Jaringan di tengah bola dengan node terpisah, menunjukan persaudaraan yang beragam, berasal dari banyak daerah tapi disatukan dalam sebuah jaringan yang berkumpul dan berhimpunan dan tidak akan pernah terpisah.
  2. Bola dengan tanda panah, menunjukkan bahwa anggota Telco merupakan mahasiswa yang mempunyai beragam tujuan yang disatukan dalam satu tanda panah besar untuk membawa perubahan terhadap teknologi dunia.
  3. Sabit kecil dan warna biru menunjukkan bahwa Telco merupakan bagian dari Institut Teknologi Telkom (sekarang Telkom University) yang berjiwa muda dan terpercaya.

HMTT mempunyai jargon dan hashtag yang sangat khas yaitu, Pertama, Terbaik, Salam Telekomunikasi #PTST. Jargon tersebut merepresentasikan jiwa para anggota yang selalu ingin menjadi yang pertama dan terbaik, memiliki daya saing yang tinggi, kompetitif dan tidak pernah menyerah dalam belajar, berorganisasi, dan berkompetisi, dan berinteraksi sosial.

Jurusan Teknik Telekomunikasi merupakan jurusan terfavorit di Telkom University. Sehingga, HMTT menjadi himpunan terbesar di Telkom University, dengan jumlah anggota terbanyak diantara semua himpunan, yaitu sekitar 1700 anggota untuk empat angkatan, masing-masing angkatan mempunyai hampir 400 anggota. (hmtt)

Keyword(s) :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *