Telkom University akan Terbitkan SKPI bagi Para Wisudawan

Bandung, Students Tel-U – Sebagaimana terlansir dalam website resmi Telkom University. Wakil Rektor 1, Bapak Bidang Akademik dan Sistem Informasi Telkom University Dr Heroe Wijanto, Ir, MT menyatakan bahwa wisudawan yang lulus pada September 2016 nanti akan mendapatkan SKPI bersamaan dengan transkip akademik dan ijazah.

Apa itu SKPI? SKPI merupakan singkatan dari Surat Keterangan Pendamping Ijazah yang hanya bisa diterbitkan oleh kampus setelah mahasiswa bersangkutan dinyatakan lulus secara resmi dari suatu universitas. Dalam Permendikbud no 81 Tahun 2014 SKPI sendiri didefinisikan dengan dokumen yang memuat informasi tentang pencapaian akademik atau kualifikasi dari wisudawan pendidikan tinggi bergelar. SKPI sendiri nanti akan berbentuk deskripsi yang menyatakan kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, dan sikap/moral seorang wisudawan yang lebih mudah dimengerti oleh pihak pengguna dengan bahasan yang umum. Kemudian, SKPI juga berfungsi untuk menjelaskan prestasi wisudawan selama menjadi mahasiswa dan meningkatkan kelayakan kerja (employability) terlepas dari kekakuan jenis dan jenjang program studi.

Selain SKPI, Wakil Rektor 1 juga menyatakan bahwa mahasiswa yang dinyatakan lulus berhak memperoleh ijazah, sertifikat profesi (bagi wisudawan profesi), sertifikat kompetensi (bagi wisudawan dengan keahlian dalam cabang ilmu dan/atau memiliki prestasi diluar program studinya), gelar, dan SKPI sesuai dengan Permenristekdikti no.44 tahun 2015.

Untuk mengetahui lebih detail maka berikut ini merupakan lampiran dari Permendikbud no. 81 Tahun 2014 dan Sosialisasi SKPI. (IMR)

Sumber

Background FI : Wikimapia

Keyword(s) : , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *