Telkom University dan Digital Public Relations; Tak Kenal Maka Tak Sayang!

Bandung, Students Tel-U – Gak kerasa, sebentar lagi kita sudah memasuki pertengah bulan Maret 2018. Kegiatan pembelajaran di sekolah, maupun kampus terasa semakin seru, karena tentu ujian-ujian sudah berada di depan mata. Bahkan mungkin beberapa dari kalian sedang menjalani ujian tengah semester dengan semangat-semangatnya, nih!

Nah, khusus buat kalian yang masih duduk di bangku kelas 3 SMA sederajat, tentu waktu-waktu seperti sekarang bisa juga kalian gunakan untuk mencari-cari informasi mengenai kuliah, guys! Iya sih, lebih baik sudah tahu mau kuliah dimana dan jurusan apa sejak tahun kemarin, tapi gak ada salahnya sekarang kalian review lagi tentang minat dan bakat kalian untuk menunjang jurusan kuliah kalian nantinya. Ngomong-ngomong soal jurusan kuliah, Telkom University baru saja membuka program studi Digital Public Relations, loh! Prodi (program studi) yang baru dibuka pada tahun 2017 ini merupakan salah satu dari tiga prodi yang ada di Fakultas Komunikasi dan Bisnis Telkom University.

Jadi, apa, sih, Digital Public Relations itu sebenarnya? Menurut Public Relations Society of America (PRSA), Public Relation sendiri didefinisikan sebagai sebuah proses komunikasi strategis yang membangun hubungan mutualisme antara organisasi dan publiknya. Organisasi disini dapat berarti sebuah brand, perusahaan atau individu. Di dalamnya, terdapat dua jenis Public Relations, yaitu Digital dan Traditional Public Relations. Pada umumnya, kedua jenis ini terlihat sama, namun bedanya terletak pada cara dan media penyampaian. DPR sendiri lebih fokus dalam membangun brand, atau persuasi publik secara digital yaitu melalui media berbasis web, sementara TPR membangunnya melalui media elektronik dan cetak.

Nah, kalian sudah bisa merasakan sendiri, kan, betapa pentingnya gadget untuk hidup kalian, juga betapa besarnya dampak yang ditimbulkan dari penggunaan internet? Dari melihat kemajuan teknologi yang semakin aduhai saja, kita sudah bisa mengetahui seberapa besar peluang sukses yang terbuka untuk bekerja atau pun berinovasi. Maka dari itu, Prodi DPR Telkom University berusaha untuk memberi pembelajaran dalam rangka memahami dinamisasi industri yang bergeser menuju industri era second age (digitalisasi).

PRSA menyebutkan beberapa disiplin yang sebaiknya dipelajari dalam Public Relations secara umum, yaitu:

  • Jurnalisme Merek / Pembuatan Konten
  • Komunikasi Perusahaan
  • Komunikasi Krisis
  • Acara
  • Komunikasi Eksekutif
  • Komunikasi Internal
  • Komunikasi Pemasaran
  • Hubungan Media
  • Multimedia
  • Manajemen Reputasi
  • Media Sosial
  • Pidato Bicara

Bisa kalian lihat, Digital Public Relations pantes banget untuk jadi jurusan kuliah bagi kalian yang suka hidup di media sosial, dengan kemampuan komunikasi yang tinggi dan tingkat kepercayaan diri yang mantap. Sejauh ini, memang Telkom University saja, loh, yang dikenal sebagai kampus yang membuka program studi DPR di Indonesia.

Meski baru memiliki satu angkatan, prodi ini sudah memiliki nama yang baik sebagai prodi baru di Telkom University. “Iya, kak, belajar di DPR seru banget menurutku, soalnya lebih banyak praktek daripada teorinya,” kata Adyatma Maulana, salah satu mahasiswa Digital Public Relations Telkom University angkatan 2017, melalui wawancara lewat Line. “Jadi di semester awal ini kita belajar Manajemen Komunikasi, Teori Komunikasi, Literasi TIK, PKn, Bahasa Inggris Komunikasi, Fotografi Digital, Dasar-dasar Logika, sama ada kelas atas PR Writing,” lanjutnya. Mahasiswa yang akrab disapa Adit ini juga menjelaskan pembelajaran dalam PR Writing yang diambilnya. “Kalo di PR Writing, kita ada project untuk nerbitin majalah yang kita buat sendiri dan produksinya juga oleh kelas kita sendiri. Itu pasti jadi project buat UAS, sih, kak.”

Lain lagi dengan Gandhi Liady, yang merupakan Ketua Angkatan Digital Public Relations 2017. Ia menjelaskan struggle yang dialaminya sebagai pembangun angkatan pertama di prodi baru ini. “Rasanya jadi ketua angkatan pertama, kalau dibilang sulit, sih, sulit, kak. Kita belum punya senior yang bisa nuntun kita, jadi kita harus jadi mandiri banget dari segi apapun,” ujar Gandhi. Sejauh ini, Gandhi berusaha semaksimal mungkin untuk dapat menampung aspirasi dari teman-teman angkatan pertamanya untuk bisa membangun DPR menjadi lebih keren ke depannya. “Rencana aku untuk jangka panjang, sih, pengen studi banding ke Public Relations yang ada di universitas lain untuk tahu bagaimana cara membangun mahasiswa Public Relations di sini, kak.”

Jadi, guys, itu dia sekilas tentang Digital Public Relations Telkom University. Buat kamu-kamu yang merasa memiliki minat dan bakat di bidang kehumasan, gak usah ragu lagi buat daftar di prodi kekinian ini, nih! Semoga tulisan ini bisa membuka wawasan kalian mengenai pilihan kuliah, ya! (IG)

Keyword(s) : , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *