Tel-U Tawarkan Tiga Gagasan Kerjasama kepada Perguruan Tinggi di Mesir

Rektor Telkom University, Prof. Ir. Mochamad Ashari, M.Eng., Ph.D., (paling kanan) saat berfoto bersama dengan para pimpinan universitas di seluruh dunia pada acara Joint Working Group (JWG), di Kairo, Mesir pekan lalu. Sumber : Purel Telkom University

KAIRO, Students Tel-U – Rektor Telkom University Prof. Ir. Mochamad Ashari M. Eng. Ph. D menyampaikan tiga gagasan kerjasama kepada puluhan perguruan tinggi di Mesir. Gagasan ini disampaikan saat rektor berbicara dalam acara Joint Working Group (JWG) di Kairo, Mesir. Acara ini digelar oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Mesir bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Ditjen Dikti Kemdikbud) RI.

Ketiga gagasan yang disampaikan Rektor tersebut adalah pertama, Program Kunjungan Singkat satu minggu hingga tiga bulan. “mahasiswa atau dosen Indonesia mengadakan kunjungan singkat ke Mesir, atau sebaliknya dari Mesir ke Indonesia. Termasuk pula dalam program ini adalah magang di industri selama tiga bulan, ” ujar Rektor.

Adapun dua gagasan lain adalah Program Transfer Kredit selama satu semester atau lebih serta Program Gelar hingga double degree antara Telkom University dengan perguruan tinggi di Mesir. Begitu selesai menyampaikan gagasannya, Rektor langsung disambut oleh salah satu Universitas, yakni Universitas Helwan yang berdiri lebih dari 100 tahun lalu.

Joint Working Group (JWG) ini adalah wadah pertemuan antara para pimpinan University kedua Negara, Mesir dan Indonesia. Ini merupakan bagian dari acara Yalla Indonesia 2014 yang berarti Let’s Go Indonesia, yang diselenggarakan untuk memperingati kemerdekaan RI yang ke-69 dan sekaligus peringatan 67 tahun kerja sama Indonesia dan Mesir.

Selain bidang pendidikan dibahas pula kerjasama penelitian dan pusat studi. Universitas-universitas di Mesir sangat berharap terjalin kerjasama dengan universitas di Indonesia, tidak hanya dalam studi Islam seperti yang selama ini telah terjalin, tetapi juga dalam bidang teknik, seni, kedokteran dan lain-lain.

Selain JWG, acara Yalla Indonesia ini juga diramaikan dengan pameran pendidikan (Education Expo), Pameran Produk (Trade Expo) serta pertunjukkan yang diisi dengan penampilan tarian Indonesia dan peragaan busana. Hadir pada acara ini lebih dari 20 universitas dari Indonesia dan lebih dari 30 Universitas dari Mesir. (purel/raf/AMA)

Keyword(s) :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *