Tel-U Peringkat 75 Perguruan Tinggi di Indonesia | Webometrics

Bandung, Students Tel-U – Telkom University berada pada Peringkat 75 Perguruan Tinggi di Indonesia berdasarkan Webometrics. Peringkat ini adalah Peringkat Perguruan Tinggi di Indonesia berdasarkan Webometrics Edisi Januari 2015.

Webometric adalah salah satu perangkat atau sistem untuk mengukur penilaian terhadap kemajuan seluruh Universitas atau Perguruan Tinggi terbaik di dunia (World Class University) berdasarkan Website Perguruan Tinggi tersebut. Webometric telah diakui dunia termasuk Indonesia sebagai tolak ukur keberhasilan suatu Universitas/Perguruan Tinggi menyajikan informasinya kepada publik melalui Website Perguruan tinggi tersebut.

Dahulu, 4 Institusi pra-transformasi yaitu STISI Telkom, IT Telkom, IM Telkom dan Politeknik Telkom memiliki peringkat yang berbeda-beda pada Webometric. Pada Juli 2013 STISI Telkom meraih peringkat 37 Perguruan Tinggi di Indonesia, IT Telkom meraih peringkat 65 Perguruan Tinggi di Indonesia, dan Politeknik Telkom meraih peringkat 81 Perguruan Tinggi di Indonesia.

Website Telkom University telah memiliki domain telkomuniversity.ac.id sejak tahun 2012 dan mulai aktif pada penghujung tahun 2013. Dan pada Januari 2015 Telkom University berhasil meraih peringkat 75 Perguruan Tinggi di Indonesia dan peringkat 5070 Perguruan Tinggi di Dunia.

2015-07-05_20-47-59

peringkat Tel-U berdasarkan Webometric edisi Januari 2015 | Sumber : Webometric

Peringkat tersebut patut diapresiasi dikarenakan dalam waktu 2 tahun Telkom University mampu menjadi Top 100 Perguruan Tinggi di Indonesia. Dan pada penghujung Juli atau Awal Agustus nanti Webometric akan kembali merilis Peringkat Perguruan Tinggi di Dunia dan berdasarkan Negaranya.

Jadi apa keuntungan Telkom University menjadi Top 100 Universitas se-Indonesia? Berikut adalah beberapa keuntungannya

  • Batu Pijakan Telkom University untuk dikenal dalam kancah Nasional maupun Internasional
    Telkom University yang akan berusia 2 tahun pada Agustus nanti masih dikenal dengan istilah STT oleh masyarakat Bandung. Dengan adanya Webometric, Media massa Nasional akan merilis Top 100 Universitas Se-Indonesia berdasarkan webometrics pada Agustus nanti dan hal tersebut membantu Tel-U untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap nama/brand Telkom University.
  • Kesempatan mendapatkan Sponsor terbuka lebar
    Banyaknya event yang diadakan mahasiswa Tel-U dalam bidang seni maupun olahraga memaksa penyelenggara event untuk mencari sumber dana ke pihak eksternal untuk memenuhi anggaran yang telah dibuat. Perusahaan yang bersedia memberikan dana sponsorship pada umumnya melihat Reputasi Universitas/Perguruan Tinggi tersebut dan salah satu tolak ukurnya adalah berdasarkan Webometrics. Saya membaca tulisan yang ditulis oleh pegawai Oppo pada Aplikasi Chatting ‘Line’, dimana salah satu faktor Perusahaan mempertimbangkan mengucurkan dana sponsorship salah satunya adalah dengan melihat Top 100 Universitas Se-Indonesia (berdasarkan Webometric)

    2015-07-05_20-59-13

    Screenshoot tulisan pegawai OPPO pada Aplikasi Chatting Line mengenai Sponsorship mahasiswa

  • Nilai tambah bagi Alumnus Tel-U ketika proses Interview Kerja
    Perusahaan bonafit (BUMN maupun Multinasional) tentu memperhitungkan Lulusan Perguruan Tinggi calon pegawainya selain melihat IPK. Reputasi Perguruan Tinggi yang Perusahaan lihat pada umumnya berdasarkan Webometrics. Tidak hanya Reputasi, Perusahaan juga memperhitungkan Akreditasi Program Studi sang calon pegawai.
    Ketika Perusahaan mengetahui bahwa sang calon pegawai berasal dari Perguruan Tinggi bereputasi dan memiliki kualifikasi IPK yang sesuai dengan standar perusahaan, maka tahap ‘administrasi’ sudah berhasil dilewati oleh sang Alumnus.
  • Indikator Tel-U menjadi World Class University
    World Class University ditandai dengan peringkat suatu Universitas/Perguruan Tinggi yang telah mencapai Top 500 Dunia. Untuk mencapai sasaran tersebut Telkom University terbantu dengan adanya Webometric sebagai Indikator untuk menjadi WCU (World Class University)

Penulis kedepannya akan membuat artikel bagaimana caranya Webometrics menghitung peringkat masing-masing Universitas dan Bagaimana mahasiswa dapat membantu untuk menaikkan peringkat Tel-U di Webometrics. (ir)

Keyword(s) :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *