Survival Guide for Students in Telkom University

Bandung, Students Tel-U–  Kali ini penulis mencoba berbagi pengalamannya selama beberapa tahun merasakan bagaimana menjadi mahasiswa di Universitas Telkom (dulunya disebut IMTelkom sebelum tranformasi). Post ini lebih dikhususkan kepada angkatan baru yang akan mengenyam masa studinya selama lebih kurang 4 tahun (untuk Strata-1) atau 3 tahun (untuk D-3).

So, apa-apa saja yang harus dipersiapkan untuk menjadi mahasiswa yang sukses dalam akademik + organisasi?

  1. Jalani OMB (Orientasi mahasiswa Baru)  semaksimal mungkin
    Yap, OMB merupakan batu pijakan pertama kamu merasakan bagaimana rasanya menjadi mahasiswa. OMB bertujuan selain membantu kamu beradaptasi dengan lingkungan baru dan suasana baru, OMB bertujuan memberikan gambaran sebenarnya apa yang akan kamu hadapi kelak ketika menjadi mahasiswa dan menunjukkan perbedaan dengan masa-masa SMA. Maksimalkan masa ini dengan memperbanyak teman, mendengar nasehat-nasehat para senior (baik langsung maupun tidak langsung), dan jangan lupa! jangan menganggap OMB sebagai beban, namun anggap OMB sebagai langkah pertamamu menuju tujuan yang kamu inginkan.

  2. Cari teman yang akan menjadikan dia sahabat kamu sepanjang kamu kuliah di Universitas Telkom
    Tentunya tidak mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan baru dengan instant. namun langkah awal yang harus kamu ambil adalah cari teman yang sepemikiran dengan kamu, teman yang menunjukkan dia akan membantu kamu ketika kesusahan, dan teman yang siap untuk menemani kamu hingga wisuda nanti. tapi penulis tidak bertanggung jawab jika ada yang kena ‘Friendzone’ oleh lawan jenis ya.
  3. Usahakan IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) pada tingkat 1 (semester 1 dan 2) di atas 3, 50
    IPK 3, 50??!! Yap itu bukan hal yang mustahil. Bagi kamu yang merencanakan jalan akademis yang baik dan benar maka target akademis pertama kamu adalah itu. Kenapa harus 3, 50? Karena mata kuliah tingkat 1 adalah mata kuliah yang masih berhubungan erat dengan studi kamu ketika tingkat SMA/SMK dengan tambahan pengenalan mata kuliah jurusan yang kamu ambil. Mata kuliah di semester awal ini tingkat kesulitannya jika diibaratkan ‘Game’ adalah Super Easy. ketika kamu memasuki tingkat 2 dan tingkat 3 maka secara bertahap juga tingkat kesulitan mata kuliah semakin meningkat. Jadi sebelum menyesal di semester ‘tua’, usahakan IPK di atas 3, 50
  4. Bergabunglah dengan UKM (Unit Kegiatan mahasiswa) sesuai ‘Passion’ kamu ketika semester satu

    Karena akademis saja belum cukup untuk membuat kamu bisa bersaing di dunia kerja nantinya, diperlukan adanya pengalaman organisasi yang akan membuat kamu matang sebagai seorang wisudawan yang berasal dari Universitas Telkom. Organisasi pada Universitas Telkom dibagi menjadi 4 yaitu Badan Eksekutif mahasiswa (BEM), Dewan Perwakilan mahasiswa (DPM), UKM (Unit Kegiatan mahasiswa), dan Lembaga Kerohanian (LK). Untuk UKM sendiri terdapat lebih dari 50 UKM yang terdaftar di Universitas Telkom termasuk UKM CCI Unitel yang mengelola website students ini. Bagi kamu yang suka politik, punya rasa membantu sesama, dan ingin mengamalkan Tridharma Perguruan Tinggi silakan bergabung di BEM atau DPM. Kenapa harus semester satu? Banyak sekali senior yang menyesal karena bergabung pada UKM pada tingkat 2 karena tidak sepenuhnya merasakan pengalaman organisasi yang diharapkan. dan juga Universitas Telkom menerapkan sistem TAK (Transkrip Aktivitas Kemahasiswaan) yaitu syarat untuk mengajukan sidang Tugas Akhir pada tingkat 4. bentuk dari TAK sendiri berupa poin dan minimal poin yang harus didapatkan untuk wisuda adalah 60 poin. salah satu kunci untuk mendapatkan poin terbesar adalah bergabung dengan organisasi di kampus.
  5. Jangan Apatis! Cari semua info yang berkaitan dengan kampus sejak dini
    apatis
    Salah satu kunci sukses sebagai mahasiswa/i di Universitas Telkom adalah jangan tidak mau tau dengan lingkungan sekitar kampus. Banyak sekali informasi yang membuat kamu lebih siap untuk menjalani hari-hari di kampus ketika kamu menjadi mahasiswa kelak. Contoh kecilnya saja di kelas, informasi pertama yang harus kamu dapatkan adalah email kelas + password. jika ternyata kelas belum ada email kelas maka kamu harus inisiatif untuk membuat email kelas dan menjadi admin email kelas tersebut. Dikarenakan email kelas merupakan ‘gerbang’ masuknya informasi seperti materi mata kuliah, informasi mengenai dosen jika berhalangan hadir, dan sebagainya. Informasi besar hanya bisa kamu dapatkan jika kamu mau berusaha untuk mendapatkannya seperti selalu berkomunikasi dengan staff Tel-U (terutama satpam), bergabung dengan DPM/BEM, selalu membaca Mading, dan selalu membaca artikel di students 🙂
  6. will be updated soon..

Penulis : @newbieot

Keyword(s) :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *