Suka Nulis ? Yuk Ikutan Kompetisi Esai Tentang Pemikiran Cak Nur, Di sini  

E-Poster

Bandung, Students Tel-U – Nurcholish Madjid, yang akrab dipanggil Cak Nur,  mustahil dipisahkan dari pembicaraan tentang Islam di Indonesia, bahkan tentang Indonesia secara keseluruhan. Ia salah seorang anak bangsa yang terbesar, dengan kontribusi yang tidak kalah besarnya. Bukan saja karena dalam dirinya terkandung banyak unsur sejati kebangsaan Indonesia, tetapi juga karena padanya pulalah unsure-unsure itu mendapatkan pencapaiannya yang amat tinggi. Semuanya itu ia abdikan bukan bagi kepentingan kelompoknya, tapi bagi bangsa dan Negara secara keseluruhan.

Semasa hidupnya,   17 Maret 1939-29 Agustus 2005, Cak Nur dikenal sebagai cendikiawan yang gigih memperjuangkan gagasan pluralisme Islam, dan dikenal sebagai perumus “wajah Islam Indonesia” yang empati dan inklusif melalui penyerasian tiga tema besar yang cukup sofistikatif : keislaman, kemodernan, dan keindonesiaan.

Nurcholish adalah sosok cendikiawan yang tanpa pamrih. Dengan keberanian moralnya yang nothing to loose, dia tampil dengan gagasan-gagasan yang segar dan membebaskan. Kalaupun dia dicitrakan sebagai sosok kontroversial, itu sepenuhnya bias dimakluminya. Baginya, kontroversi menjadi semacam hukum alam  (sunnah Allah) yang tidak bias dielakkan. Pada dirinya berlaku pepatah inggris : “to avoid critism, do nothing, say nothing and be nothing!” Ia tidak mau menjadinothing- bukan karena dia mengharapkan popularitas, tetapi karena ia memandang bahwa itulah tugas yang harus diembannya sebagai hamba Allah.

Mengenang Cak Nur,  FileCaknur dan Nurcholish Madjid Society (NCMS),   Panitia Haul Cak Nur 11 menyelenggarakan lomba penulisan esei tentang pemikiran Cak Nur di dua bidang, keislaman dan kenegaraan.

SYARAT LOMBA :

  1. Lomba hanya berlaku untuk mereka yang masih berstatus mahasiswa S1.
  2. Karangan harus disandarkan pada tiga buku utama Cak Nur sebagai bahan rujukan : 1. Islam, Dokrin, Peradaban; 2. Keindonesiaan, Keislaman, dan Kemoderenan; 3. Indonesia Kita.
  3. Karangan bisa berbentuk ulasan, kritik, refleksi, atau kontekstualisasi atas pemikiran-pemikiran Cak Nur yang terkandung dalam tiga buku di atas.
  4. Panjang karangan antara 7-10 halaman, spasi ganda.
  5. Karangan bisa ditulis dalam bahasa Indonesia, Arab, atau Inggris.
  6. Karangan harus dikirim selambat-lambatnya pada 20 Agustus 2014 ke email filecaknur@yahoo.co.id. dengan menyertakan identitas diri, nama, alamat, kontak Phone.
  7. Penyerahan hadiah akan diberikan pada acara HaulCakNur yang akan diselenggarakan pada 29 Agustus 2014.

HADIAH LOMBA :

  • Juara I             Rp. 7. 500.000,-
  • Juara II            Rp.  4.000.000,-
  • Juara III           Rp.   2.00.000,-
  • Juara harapan I, II, dan III masing-masing Rp. 1.000.000,-

Peserta lomba yang tulisannya dianggap layak oleh juri akan mendapat 3 buah buku fileCakNur karya Nurcholish Madjid. Tulisan yang dianggap layak Insya Allah akan dibukukan.

DEWAN JURI :

  • Ketua         : Dr. Budhy Munawar Rachman
  • Anggota     : Dr. Ali Munhani,  Dr. Neng Dara Affiah,  Ulil Abshar Abdalla, MA,  Ahmad Wahyuni Nafis,  MA

Kesekretariatan
Futsal Camp, Jalan Martadinata 19 Ciputat, Email filecaknur@yahoo.co.id Phone 082234010840. (nando/paw)

Sumber 

Keyword(s) :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *