Suka Main Medsos? Hati-Hati dengan Hal Ini!

Bandung, Students Tel-U – Pada saat ini, bohong jika kita tidak mengerti media sosial. Apalagi sekarang ini zaman modern dan globalisasi. Dan sekarang ini media sosial sudah banyak sekali macamnya, seperti twitter, instagram, path, snapchat, youtube, dan sampai yang paling populer akhir-akhir ini adalah YouNow.

Media sosial membuat kita memudahkan komunikasi ke mana pun, bahkan ke luar negeri pun dapat kita jangkau dengan media sosial. Media sosial sendiri mempunyai berbagai manfaat sebenarnya, salah satunya kita dapat mengekpresikan diri kita di media sosial. Eh, tapi jangan salah dulu. Mengekpresikan diri kita boleh-boleh saja, asal jangan sampai kelewat batas.

students at a further education college

Sumber: huffingtonpost.com

Apalagi jika sudah mulai tidak suka dengan orang lain, kita mungkin akan mengekpreikannya di media sosial. Atau mungkin jika kita membenci orang atau artis dan kita mulai memberi komentar negatif di media sosial. Sebenarnya itu hak kita sendiri, tetapi bagaimana jika pihak yang bersangkutan bener-bener merasa tersinggung?

Dulu dan bahkan sampai sekarang, banyak bullying di media sosial. Sebenarnya bullying di media sosial sendiri lebih parah daripada langsung. Dulu juga di Indonesia belum ditegasi untuk masalah ini namun saat ini sudah ada undang-undang mengenai bullying yaitu UU ITE.

Seperti dikutip dari iCampus Indonesia, jadi mulai sekarang berhati-hatilah dalam berkata sesuatu meskipun itu melalui media sosial. Seperti yang terdapat dalam undang-undang ini, “seseorang yang sengaja dan tanpa hak mendistribusikan informasi atau dokumen elektronik dengan muatan penghinaan / pencemaran nama baik.” (pasal 22 ayat (1) UU ITE).

Selain itu, selain terdapat dalam undang-undang, kita bisa juga dipidana. Perkara ini sekarang dapat diproses hukum. Menurut mereka (yang tersinggung) ini merupakan pencemaran nama baik.

Jadi usahakan buat kalian semua untuk berhati-hati dalam menggunakan media sosial. Berpikirlah sebelum berkata dan stop bullying sekarang! (WAP)

Keyword(s) : , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *