[Students Journalism] Semua Bisa Jadi Pengusaha

Semua Bisa Jadi Pengusaha

Oleh : Mochamad Dandy / FEB / MBTI

Pengusaha adalah pekerjaan yang diminati oleh banyak orang saat ini. Mulai dari karyawan, mahasiswa, dan penganguran. Menjadi seorang pengusaha adalah hal yang masih menjadi tantangan untuk masyarakat atau pun orang-orang yang ingin menjadi wirausahawan sejak dahulu hingga sekarang.

What : apa sih keuntungan menjadi pengusaha ?

Begini saudara saudari ku. Kalau Anda berfikir jadi pengusaha itu punya banyak mobil, motor, gadget, rumah, bahkan uang dan bila itu dijadikan alasan Anda untuk menjadi seorang pengusaha maka Anda salah. Luruskan niat bahwa alasan Anda menjadi seorang pengusaha adalah untuk membantu orang-orang susah, untuk membuat lapangan kerja bagi penganguran, untuk mensejahterakan bangsa Indonesia maka itu alasan yang tepat.

Perlu kita ketahui saudara, bahwa banyak pengusaha yang kehilangan mobil, rumah, bahkan kehilangan keluarganya karena kurang nya niat yang tepat untuk menjadi seorang pengusaha. Lalu, apakah salah kita ingin kaya? tidak, tidak ada yang salah dengan keinginan itu. Hanya bagaimana niat kita untuk kaya, karna tuhan kah ? atau ego diri kita saja?

Dahulu pengusaha adalah pekerjaan yang masih diragukan keberadaanya namun begitu sekarang banyak berita tentang pengusaha yang sukses mulai dari kalangan muda hingga dewasa, maka banyak juga yang mencoba dan bahkan berani keluar dari pekerjaanya sebagai karyawan untuk menjadi pengusaha tanpa mereka berfikir terlebih dahulu tentang apa yang menyebabkan pengusaha-pengusaha sebelumnya sukses. Lalu, mereka memulai bisnis dengan modal uang pinjaman melalui kredit bank, atau pinjam kepada teman dan mereka lupa kepada tuhanya, mereka lupa siapa mereka, dan mereka pun tidak tahu apa itu pengusaha. Do’a saudara, do’a yang menjadi modal kita. Allah SWT sudah mengatakan bahwa Ia (Allah) itu dekat, bahkan lebih dekat dari urat leher kita.

“Dan apabila hamba-hamba ku bertanya kepada (Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku kabulkan permohonan orang yang berdo’a kepada-Ku. Hendaklah mereka itu memenuhi (perintah)-Ku, dan beriman kepada Ku agar mereka memperoleh kebenaran” (QS. Al-baqarah : 186)

When : kapan kita akan sukses atau kaya karena usaha kita? saudara, Saya khawatir bukan pada saat Anda jatuh bangkrut atau gagal melainkan ketika Anda sukses dan Anda pun lupa dengan Allah (Tuhan) dan orang lain yang membutuhkan, tentu nya ini disebabkan oleh niat hati yang kurang tepat.

Saudara, tahukah Anda perbedaan computer dengan manusia? kita tahu kalau komputer itu diciptakan oleh manusia. Tetapi, kenapa selalu komputer yang menciptakan hasil lebih bagus dari manusia? alasanya, karena komputer mempunyai tombol ENTER. Jadi, langsung Action, langsung Execution. Manusia, kita tidak mempunyai tombol Enter melainkan tombol ENTAR. Jika ada suatu masalah, peluang, hal baru, manusia selalu berfikir dan berkata Entar. Makanya, tidak langsung Action dan Execution.

Ippho Santosa berpendapat, untuk menyikapi kemalasan ini, maka perlulah ditanamkan keberanian dan kegigihan.

  • Keberanian untuk action
  • Kegigihan untuk terus action.

Tidak dapat dipungkiri, bicara soal action, kadang kita diselimuti ketakutan-ketakutan yang tidak beralasan. Ngomong-ngomong mana sih yang lebih menakutkan dan lebih mematikan, menurut Anda ?

  • Reaktor nuklir atau sinar matahari ?
  • Perang, pembunuhan, atau bunuh diri ?
  • Harimau, beruang, ular, hiu, atau kijang ?

Kalau jawaban Anda reactor nuklir, maka Anda salah! Karena kebocoran terbesar reactor nuklir terjadi di Chernobly, Ukraina, pada tahun 1986. Dan itu ‘hanya’ menyebabkan kematian kurang dari 100 jiwa hingga tahun 2006. Sementara, kanker kulit akibat sinar matahari menyebabkan kematian sekitar 8.000 jiwa setiap tahunya.

Kalau jawaban Anda perang atau pembunuhan, sekali lagi Anda salah! Karena bunuh diri dua kali lebih banyak terjadi daripada pembunuhan. Kalau jawaban Anda ular atau hiu, lagi-lagi Anda salah! Karena kijang tujuh kali lebih banyak menyebabkan kematian manusia. Begitulah, kadang kedewasaan membuat kita memusingkan ketakutan-ketakutan yang tidak beralasan. Beda dengan balita. Mereka malah berani action. padahal, modalnya cuma dua, yaitu ketidaktahuan dan keingintahuan. Tentu saja, demi menjadi seorang pemenang, Anda perlu melakukan perhitungan-perhitungan. Tapi, mbok ya sekadarnya saja. Sebabnya, perhitungan yang berlebihan akan :

  • Mendorong Anda melakukan pembenaran-pembenaran atas kelemahan-kelemahan Anda.
  • Memupuk ketakutan dan memangkas keberanian.
  • Membuang waktu dan menunda action.

Yah, teruslah mengetuk, maka pintu akan dibukakan. Dan di atas segalanya, Yang Maha Kuasa juga sangat mendesak kita untuk menjadi orang yang berani dan gigih. (Ippho Santosa, 2012).

Where : dimana letak kesuksesan kita dalam usaha? orang tua, saudara, dan keluarga.

Itu lah dimana kita bisa memulai untuk meraih kesuksesan, bukan justru kita menyembunyikan hal baik yang akan kita lakukan dan memberitahu orang tua atau sanak keluarga ketika hal baik yang kita lakukan itu berjalan dan sukses. Itu pun kalau sukses, namun jika tidak bagaimana? apa orang tua dan keluarga tidak akan pernah kita beritahu, karna keinginan kita untuk mandiri tanpa campur tangan orang tua atau Anda ingin memberi kejutan dengan tidak memberitahu mereka, salah, Anda salah. Ada kisah tentang kematian anak yang tertunda karna orang tua.

Diceritakan oleh sahabat Nabi Muhammad SAW, bahwa pada zaman Rasullulah ada anak muda yang sekarat. Sakaratul maut itu terus ia rasakan dan ajalnya pun tak kunjung tiba. Lalu, ada seorang penduduk yang membertitahu Rasul dan menanyakan solusinya. Rasul pun bertanya, ‘apa anak itu masih memiliki ibu ?’ lalu, dijawab, ‘masih, ia masih mempunyai ibu wahai Rasul’ dan Rasul menyuruh agar seorang penduduk itu bertanya kepada ibu dari anak tersebut, apakah ibu itu ridho anak nya meninggal? dan ternyata ibu itu menjawab, tidak.Sang ibu masih kesal terhadap anak nya dan tidak ridho jika anak nya meninggal. Lalu, Rasul pun menyuruh penduduk dikota itu untuk membakar jasad anak tersebut, namun ketika sang ibu mengetahui kabar itu, ia pun segera memberitahu Rasul bahwa ia ikhlas dan ridho jika anak nya meninggal sekarang dengan cara yang lebih baik. Dan akhirnya anak itu pun meninggal setelah mendapatkan maaf dan ridho dari ibu nya. Subhanaullah, Saudara, jika Anda ingin sukses dalam hal kebaikan apapun, maka buatlah orang tua bahagia, minta restu dari orang tua. Ridho orang tua itu akan mengantarkan Anda menuju tempat dimana Allah sudah menyiapkanya untuk Anda.

Who : siapa yang bisa jadi pengusaha ? semua, semua bisa jadi pengusaha termasuk Anda, Saudara.

8 Prinsip Pengusaha ;

  • Aamanna, yakin hanya Allah yang berkehendak. Inilah titik zero yang justru jadi pelipat ganda kekuatan kita.
  • faghfirlana, minta ampun kepada Allah SWT atas dosa  masa lalu yang kerap jadi penghalang pertolongan-Nya.
  • Waqina ‘azabannaar, jaga diri dari neraka. Inilah prinsip yang membangun komitmen selalu bersih.
  • Ash-Shobiriina. Sabar. Baik dalam amaliyah, menahan diri dari maksiat & mengelola nafsu.
  • Ash-Shodiqiina. Lurus dan jujur dalam hati, pikiran maupun tindakan.
  • Al-Qonitiina. Taat selalu. Perintah Allah adalah prioritas di atas segala aktivitas.
  • Al-Munfiqiina. menafkahkan harta di jalan Allah. Baik lapang maupun sempit
  • mustaghfiriina bil ashhaar, beristighfar di waktu sahur, berdiri hidupkan malam dengan tahajud.

(ustad. Yusuf Mansur, 2012)

Terapkan delapan prinsip ini dan Insya Allah, Anda akan sukses dalam segala hal kebaikan.

 Why : kenapa harus jadi pengusaha? ini adalah salah satu hadist dha’if dan karna keberadaanya yang lemah maka masih diragukan.

تِسْعَةُ أَعْشَارِ الرِزْقِ فِي التِّجَارَةِ

Sembilan dari sepuluh pintu rezeki ada dalam perdagangan.”

Berikut ini adalah beberapa hadist yang bisa memotivasi pengusaha.

  • الْبَيِّعَانِ بِالْخِيَارِ مَا لَمْ يَتَفَرَّقَا فَإِنْ صَدَقَا وَبَيَّنَا بُورِكَ لَهُمَا فِى بَيْعِهِمَا وَإِنْ كَذَبَا وَكَتَمَا مُحِقَتْ بَرَكَةُ بَيْعِهِمَا

Orang yang bertransaksi jual beli masing-masing memilki hak khiyar (membatalkan atau melanjutkan transaksi) selama keduanya belum berpisah. Jika keduanya jujur dan terbuka, maka keduanya akan mendapatkan keberkahan dalam jual beli, tapi jika keduanya berdusta dan tidak terbuka, maka keberkahan jual beli antara keduanya akan hilang, ” (Muttafaqun ‘alaih)

  • أَطْيَبُ الْكَسْبِ عَمَلُ الرَّجُلِ بِيَدِهِ وَكُلُّ بَيْعٍ مَبْرُورٍ

Sebaik-baik pekerjaan adalah pekerjaan seorang pria dengan tangannya dan setiap jual beli yang mabrur.” (HR. Ahmad, Al-Bazzar, Ath-Thabrani dan selainnya, dari Ibnu ‘Umar, Rafi’ bin Khudaij, Abu Burdah bin Niyar dan selainnya). Wallahu a’lam

How : bagaimana kita bisa jadi pengusaha? dijelaskan dalam ceramah nya di acara televisi oleh ustad. Yusuf Mansur, wisata hati. Bahwa kita harus memenuhi beberapa bab tentang “how to be entrepreneur”.

Awali dengan modal do’a, jangan katakan kalau usaha tidak bisa dibangun kalau tidak ada modal uang.Kita berdoa kepada Allah SWT agar diberi kemudahan dan petunjuk, maka pada saat nya nanti Allah akan memberikan kita modal berupa uang atau pun kerjasama, karena manusia juga adalah perantara pertolongan Allah untuk kita. Inti nya modal yang harus kita punya yaitu seperti Rasullulah Nabi Muhammad SAW. Yaitu, Al-amin dan Al-shiddiq. Kita dapat dipercaya, jujur, tanggung jawab, serta cerdas. Modal yang lainya pun akan menyusul, seperti rekan kerja dan uang. Lalu? in syaa Allah SUKSES! Salam Pengusaha!

 

Kesimpulan

Janganlah kita melupakan Allah yang memiliki segala nya, semua bisa jadi pengusaha. Hanya bagaimana cara nya kita berusaha untuk menjadi seorang pengusaha yang handal, beriman, dan sukses. Kita boleh belajar ilmu pemasaran atau ilmu bisnis namun jangan lupakan pedoman dasar kita sebagai umat Muslim yaitu, Al-Qur’an. Semua ada dalam Al-Qur’an yang sudah Allah jelaskan. Kita bisa membaca buku bisnis yang ditulis oleh manusia berjam-jam lamanya, namun sangat susah bagi kita untuk membaca Al-Qur’an. Padahal sudah dijelaskan oleh Allah segala macam ilmu yang ada di dunia ini adalah dari Al-Qur’an. Jangan hanya mengandalkan diri sendiri, namun dekat kan diri kepada Allah dan orang tua maka itu akan menjadi modal yang baik dan besar, karna beruntunglah mereka yang masih mempunyai orang tua di dunia ini.

wabilahitaufiq walhidayah wassalamualaikum wr.wb

Sumber : mochamadandy

Pingback : yusufmansur

Keyword(s) : , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *