[Students Journalism] Revitalisasi Pergerakan Mahasiswa Universitas Telkom

Revitalisasi Pergerakan mahasiswa Universitas Telkom

Oleh : Bimantoro Kushari / MBTI 2011

mahasiswa adalah pendobrak kemungkaran. mahasiswa adalah penghancur tirani korup. Berbagai julukan yang dilayangkan kepada mahasiswa oleh beragam masyarakat. mahasiswa sebagai insan akademis yang memiliki intelektualitas tinggi sudah seharusnya memiliki kesadaran lebih untuk mengatakan mana yang benar dan mana yang salah. mahasiswa sebagai insan pencipta sudah seharusnya memiliki inisiatif lebih untuk meluruskan kondisi menjadi lebih baik. mahasiswa sebagai insan pengabdi sudah seharusnya memiliki kepolosan untuk bergerak tanpa mengatas hati nurani.

Pergerakan mahasiswa yang baik adalah pergerakan mahasiswa yang konsisten terhadap visi. Selain itu pergerakan mahasiswa yang efektif adalah pergerakan mahasiswa yang memiliki fokus. Sebagai contoh salah satu Universitas di Bandung memiliki visi pergerakan untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan. Fokus dari pergerakannya adalah “Pendidikan” dan tetap konsisten mengkaji masalah pendidikan.

Bagaimana dengan almamater kita tercinta Universitas Telkom ? Pergerakan mahasiswa di kampus ini bagai orang yag “mengorok” di saat tertidur. mahasiswa berbicara dan mengutarakan keinginan juga pemikirannya. Tetapi pergerakan itu tidak terlihat arah dan wujudnya seperti orang tidur yang hanya diam di tempat.

Visi Gerakan

mahasiswa di Universitas Telkom tidak memiliki tujuan yang jelas dalam pergerakan mereka. Hampir semua aksi diikuti, baik yang berkaitan dengan pemberdayaan energi, rapor pendidikan, pemberantasan korupsi dll. Seharusnya organisasi mahasiswa mampu menentukan visi gerakan ormawa tersebut.

Seandainya Ormawa Universitas Telkom memiliki Visi Gerak ke arah Pemerataan Tekhnologi dan Lingkungan pasti akan ditemukan kecocokan, karena Program Studi yang ada di Universitas Telkom memiliki karakteristik ke arah tersebut (contoh : Teknik Telekomunikasi, dan Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika)

Fokus Gerakan

Ormawa yang berperan sebagai lembaga tinggi eksekutif seharusnya mampu menentukan fokus gerakan agar Organization Branding  dari Universitas Telkom dikenal sebagai organisasi yang ahli dalam satu bidang kajian. Nantinya saat beraliansi dengan forum forum gerakan, Universitas Telkom memiliki posisi tawar tersendiri dalam mengelola bidang kajian.

Demikian juga saat berhubungan dengan Pemeritah kota/kabupaten/provinsi, Universitas Telkom dapat menawarkan gagasannya dalam suatu bidang tertentu yang tentunya bidang itu sudah ditentukan menjadi fokus Gerakan.

Dalam dinamika kampus yang masih tinggi dan umur kampus yang masih baru, Universitas Telkom masih memiliki waktu agar nantinya Universitas Telkom memiliki peran yang vital dalam pergerakan mahasiswa di tingkat kota, Provinsi, bahkan Nasional.

Keyword(s) :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *