sumpah mahasiswa
sumpah mahasiswa

[Students Journalism] Mahasiswa untuk Indonesia

mahasiswa untuk Indonesia

Oleh :  Athifah Nurshafa / MBTI / FEB

images

Dimasa transisi atau proses serah terima jabatan yang terjadi di Indonesia saat ini, yang dimulai dari proses kampanye, pemilu, perhitungan suara hingga mencapai putusan MK, menjadikan bangsa Indonesia terpecah belah. Ini merupakan ‘PR’ besar bagi kita sebagai mahasiswa untuk menyatukan kembali rakyat Indonesia dalam satu tujuan besar yaitu kesejahteraan.

Dua golongan besar secara tidak langsung telah terbentuk di Indonesia selama proses pemilu ini. Inilah yang dapat menghambat proses pencapaian tujuan pemerintahan Indonesia. Pemerintahan yang baru akan susah bergerak apabila sebagian dari rakyat tidak mendukung kinerja pemerintahan.

Alangkah baiknya kita sebagai mahasiswa membantu mengubah pemikiran masyarakat akan kesadaran bahwa “tidaklah penting siapa pemilik kursi pemerintahan asalkan dapat membangun dan membangkitkan Indonesia” karena pada dasarnya pemerintahan dibentuk dengan tujuan tesebut.

Posisi mahasiswa berada di antara pemerintahan dengan masyarakat yang dapat diibaratkan sebagai jembatan penyalur. Posisi ini memiliki dua fungsi besar, yaitu : pertama, memantau kinerja dan segala keputusan atau kebijakan yang ditetapkan.

Apabila keputusan atau kebijakan  yang ditetapkan dapat membawa Indonesia menjadi lebih baik maka kita dapat melakukan fungsi kedua, mendukung keputusan atau kebijakan dengan cara ikut andil dan terjun langsung dalam pelaksanaan keputusan atau kebijakan tersebut, guna memantau apakah keputusan dan kebijakan yang ditetapkan mendapat respon positif dari masyarakat dan dapat dijadikan bahan evaluasi kedepannya bagi pemerintahan.

Peran-peran mahasiswa (yang juga tergolong sebagai pemuda) seperti inilah yang dibutuhkan untuk mendobrak pintu kejayaan Indonesia. Seperti ucapan Bung Karno : “Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia”

Keyword(s) :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *