[Students Journalism] Begini Serunya berlibur di Kota Malang !

Begini Serunya berlibur ke Kota Malang ! 

Oleh : Putrinda Arinita / FEB / MBTI

Nama saya Putrinda Arinita, saya kuliah jurusan Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika (MBTI), Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Telkom University. Saya akan bercerita sedikit tentang hobi saya. Hobi saya salah satunya adalah travelling dan wisata kuliner. Liburan semester kemarin saya pergi ke kota Malang dan mengunjungi beberapa tempat wisata dan kuliner di Malang. Berikut adalah tempat wisata yang saya kunjungi di Kota Malang :

Bakso President

Bakso ini cukup terkenal karena kelezatannya, dan letak lokasinya berada di pinggiran rel kereta api. Seru dan lumayan menegangkan juga saat ada ketera lewat. Bakso yang ditawarkan Bakso President ini cukup beragam mulai dari Bakso Biasa, Bakso Urat, Bakso Telor, Bakso Bakar, Bakso Goreng, Bakso Udang dan ditambah dengan pangsit basah/kering, siomay, ati ampela, tahu, mie. Disini kita juga dapat menemukan dan membeli cemilan Keripik Bakso Spesial yang rasanya enak, gurih renyah.

Coban Rondo Waterfall

Coban Rondo ini adalah air mancur yang berada di Kota malang. Jaraknya 12 km dari Kota Batu atau ± 24 km dari Kota Malang dengan jarak waktu tempuh 1 jam. Konon Coban Rondo ini mempunyai legenda unik yaitu bermula dari sepasang pengantin yang baru saja melangsungkan pernikahan. Mempelai wanita bernama Dewi Anjarwati dari Gunung Kawi, sedangkan mempelai pria bernama Raden Baron Kusumo dari Gunung Anjasmoro. Setelah usia pernikahan mereka menginjak usia 36 hari atau disebut dengan Selapan (bahasa jawa). Dewi Anjarwati mengajak suaminya berkunjung ke Gunung Anjasmoro, yang merupakan asal dari suami. Namun orang tua Anjarwati melarang kedua mempelai pergi karena usia pernikahan mereka baru berusia 36 hari atau disebut selapan. Namun kedua mempelai tersebut bersikeras pergi dengan resiko apapun yang terjadi di perjalanan.

Ketika di tengah perjalanan keduanya dikejutkan dengan hadirnya Joko Lelono, yang tidak jelas asal-usulnya. Nampaknya Joko Lelono terpikat dengan kecantikan Dewi Anjarwati, dan berusaha merebutnya. Akibatnya perkelahian antara Joko Lelono dengan Raden Baron Kusumo tidak terhindarkan. Kepada para pembantunya atau disebut juga puno kawan yang menyertai kedua mempelai tersebut, Raden Baron Kusumo berpesan agar Dewi Anjarwati disembunyikan di suatu tempat yang terdapat di Coban atau air terjun. Perkelahian antara Raden Baron Kusumo dengan Joko Lelono berlangsung seru dan mereka berdua gugur. Akibatnya Dewi Anjarwati menjadi seorang janda yang dalam bahasa jawa disebut Rondo.  Sejak saat itulah Coban atau air terjun tempat bersembunyi Dewi Anjarwati dikenal dengan Coban Rondo.  Konon di bawah air terjun terdapat gua tempat tinggal tempat persembunyian Dewi Anjarwati dan batu besar di bawah air terjun merupakan tempat duduk sang putri yang merenungi nasibnya.

 

Pos Ketan Legenda-1967

Pos Ketan Legenda-1967 ini terletak di Alun-alun kota Batu. Rasanya enak banget gak perlu diragukan lagi deh. Antrian pembelinya juga cukup panjang, tempatnya rame terus oleh pembeli. Pos Ketan ini menyediakan berbagai aneka macam menu ketan seperti Ketan Bubuk, Ketan Susu Keju, Ketan Kacang, Ketan Keju Meses, Ketan Durian, dan masih banyak lagi. Disini juga menyediakan aneka macam minuman seperti the, kopi, susu jahe, STMJ, dan aneka minuman lainnya yang cocok banget untuk menikmati dinginnya Kota Batu.

Batu Night Spectacular (BNS)

Batu Night Spectacular ini adalah salah satu wahana wisata di Kota Batu. Objek wisata ini menyajikan aneka wahana seperti Drag Race, Sepeda Udara, Disco Bumper Car, Flying Swinger, Circuit Go Kart, dan lain-lain. Di dalam BNS ini juga terdapat Lampion Garden yang sangat bagus dan unik. Di BNS ini juga terdapat show time yaitu dengan layar terpanjang yang terpasang di atas food court, disana ada laser show, air mancur trampoolin, dan pertunjukan tarian tradisional Indonesia.

Pecel & Rawon Glintung

Pecel & Rawon Glintung ini sangat cocok untuk tempat sarapan di Kota Malang. Harganya yang ekonomis dan rasanya yang tidak mengecewakan. Menu favorit dari warung ini adalah Nasi Pecel dan Nasi Rawon.

Alun-alun Batu

Alun-alun Batu ini sangat unik dan menarik. Di alun-alun ini terdapat Bianglala, mini playground untuk anak-anak, di tengah alun-alun terdapat air mancur yang dikelilingi dengan kursi-kursi untuk para penggunjung, terdapat juga berbagai macam patung dan toilet dengan berbentuk apel besar. Alun-alun Batu ini sangat cocok sebagai tempat untuk bermain atau kumpul bersama keluarga atau teman-teman.

Batu Secret Zoo

Batu Secret Zoo Jatim park 2 ini adah kebun binatang modern pertama yang ada di Indonesia. Mempunyai luas sekitar 14 hektare. Disana juga terdapat Pohon Inn Hotel dan Museum Satwa. Berbagai macam jenis koleksi hewan yang berasal dari Asia dan Afrika seperti singa putih, kijang afrika, burung macau. Batu Secret Zoo juga menawarkan Fantasy Land yang menyediakan kurang lebih 20 wahana permainan. Selain itu Anda juga dapat melihat atraksi menarik dan wahana menarik di beberapa lokasi seperti mancing harimau, Savannah, Pasar Afrika, Tiger Land, River Adventure, Safari Farm, dan masih banyak atraksi lainnya dari berbagai satwa.

Bakso Bakar Trowulan

Jangan lupakan kuliner yang satu ini. Bakso Bakar Trowulan salah satu kuliner khas yang hanya berada di Kota Malang. Rasanya juga sangat enak dan gurih, walaupun harganya sedikit lumayan mahal tapi sangat sebanding dengan harga yang ditawarkan. Karena sangat banyak penggemarnya, Bakso ini pun sangat cepat habisnya.

Gunung Bromo

Gunung Bromo adalah salah satu tempat wisata terindah yang ada di Indonesia. Disana kita dapat menikmati indahnya matahari terbit dan terbenam. Di padang Savana kita bisa berkuda mengelilingi bukit teletubis. Pada saat mendaki Gunung Bromo kita juga dapat melihat kawah Gunung Bromo namun kita harus mendaki dulu sekitar  ±250an anak tangga. Namun walaupun harus mendaki ratusan tangga, rasa capek itu akan terbayarkan oleh keindahan pemandangan dari atas Gunung Bromo.

Harmoni Café & Resto

12

Harmoni Cafe & Resto merupakan salah satu tempat makan di Kota Malang yang mempunyai konsep tradisional. Restoran Harmoni ini menghadirkan aneka menu hidangan berkualitas mulai dari menu tradisional, oriental dan beragam inovasi menu baru ala Harmoni. Selain menghadirkan beragam menu andalan dengan citarasa lezat, Restoran Harmoni juga menyajikan konsep ruangan Resto yang nyaman dan dilengkapi berbagai interior Tradisional yang semakin membuat nuansa makan lebih santai dan romantis.

Ragam pilihan menu oriental dan tradisional yang dapat ditemukan mulai dari Gurami Bakar, Kepiting & Sapi Lada Hitam, Iga Bakar Special, Bakso Goreng/Kuah, Asem-asem Iga, Kulit Ayam Goreng, Sate Ayam Bumbu Kacang hingga Cui Mie khas Malang dan beragam menu hidangan lainnya. Disana juga terdapat gemercik air kolam menemani menemani waktu makan Anda yang semakin membuat suansa makan lebih nyaman dan berkesan.

Masjid Turen

Masjid ini terletak di Kota Turen. Masjid ini disebut Masjid Tiban Turen yang katanya masjid besar dengan arsitektur yang megah ini hanya dibangun satu hari, dan warga setempat tidak ada yang tau jika adanya pembangunan Masjid ini. Masjid ini mempunyai 10 lantai, disana juga terdapat tempat studio foto, pusat perbelanjaan, pesantren, dan ruangan akuarium.

Sempu Island

Untuk dapat mengunjungi Pulau ini kita harus menaiki kapal untuk menyebrang dan harus berjalan di hutan sekitar ±2 jam. Namun setelah berjalan jauh tidak akan terasa lelah jika sudah sampai ke Pulau yang indah ini. Pulau ini dikelilingi oleh karang-karang, dengan warna pasir yang putih dan air yang biru.

 

Toko OEN

Toko ini merupakan salah satu tempat wisata kuliner yang berada di Malang. Toko ini sudah berdiri sejak tahun 1930. Disana kita akan merasakan seperti kembali ke jaman dahulu, tata ruang toko ini pun juga didesain dengan suasana jaman belanda, pelayannya pun menggenakan seragam seperti jaman Belanda, kursi rotan, meja-meja bulat dan aneka gambar di dinding yang menyiratkan suasana tempo dulu dengan atmosfer colonial. Toko ini menyajikan menu ice cream, dan juga menjual aneka kue seperti sus, lemper, risoles, dll.

Sekian cerita liburanku di Kota Malang…

Keyword(s) :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *