[Students Journalism] Apa Karaktermu Wahai Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis?

Apa Karaktermu Wahai mahasiswa Ekonomi dan Bisnis ? 

Oleh : Bimantoro Kushari / FEB / MBTI

 

Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari bagaimana manusia memenuhi kebutuhannya. Istilah istilah yang kita kenal dari Ekonomi adalah Produksi, Konsumsi, dan Distribusi. Secara sederhana saat kita mendengar kata Ekonomi, hal yang terfikirkan adalah Perdangan.

Apa itu Bisnis ? Bisnis dalam arti luas adalah istilah umum yang menggambarkan semua aktifitas dan institusi yang memproduksi barang & jasa dalam kehidupan sehari-hari. Bisnis sebagai suatu sistem yang memproduksi barang dan jasa untuk memuaskan kebutuhan masyarakat (bussinessis then simply a system that produces goods and service to satisfy the needs of our society (Huat, T Chwee (1990) )

Jadi Ekonomi adalah dasar ilmunya. Bisnis adalah caranya. Ekonomi mempelajari bagaimana manusia memenuhi kebutuhannya. Sementara Bisnis adalah cara manusia untuk memenuhi kebutuhan. Ada keterikatan yang sangat erat antara ekonomi dan bisnis. Kedua ilmu tersebut memiliki suatu kesamaan yaitu “Pemenuhan Kebutuhan” .

Dalam konteks mahasiswa, pemenuhan kebutuhan bisa dilakukan dengan cara mandiri yaitu menjadi Entrepreuner atau istilah Indonesianya Pengusaha. Mari kita berfikir logis.Mampukah seorang pengusaha menjual produk tanpa mengenal kebutuhan masyarakat ? mampukah seorang pengusaha menjual produk tanpa berinteraksi baik secara langsung atau tidak langsung dengan masyarakat? Mampukah seorang pengusaha menjalankan bisnis tanpa berinteraksi dengan suplier dan distributor ?

Semua perntanyaan di atas adalah bahan renungan untuk seluruh pembaca khususnya mahasiswa Ekonomi dan Bisnis. Sudahkah anda berinteraksi dengan masyarakat sekitar ? Sudahkah anda mengetahui apa masalah yang dialami oleh masyarakat ? Sudahkah anda mengetahui Kebutuhan masyarakat ?

Ekonomi dan Bisnis adalah ilmu sosial. Selayaknya manusia yang merupakan makhluk sosial yang selalu membuthkan manusia lainnya, mahasiswa Ekbis akan selalu membutuhkan mahasiswa dan masyarakat begitu pula sebaliknya. Jadi, sudahkan anda dibutuhkan masyarakat ?

Keyword(s) :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *