[Students Journalism] 2 Oktober Hari Batik Nasional, Ayo Pakai Batik!

2 Oktober Hari Batik Nasional, Ayo Pakai Batik!

Oleh : Fahrizal Eka R / FEB / MBTI

hari-batik-nasional

Ilustrasi Hari Batik Nasional, Sumber : bisnisaceh

Sudah pada tau belum kalau setiap tanggal 2 Oktober diperingati dengan Hari Batik Nasional? Kenapa 2 Oktober? Yuk kita bernostalgia pada 5 tahun lalu. Pada tanggal 2 Oktober 2009, Batik Indonesia diresmikan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi.

Apasih Hari Batik Nasional itu? Hari Batik Nasional atau yang biasa kita sebut sebagai Hari Batik adalah peringatan atau perayaan nasional Indonesia terhadap ditetapkannya warisan budaya bangsa Indonesia yaitu batik itu sendiri.

Kita sudah terbiasa mendengar kata batik, tapi apasih arti batik sendiri itu? Berikut sedikit penjelasannya. Batik adalah seni gambar di atas kain untuk pakaian yang dibuat dengan teknik resist menggunakan material lilin. Kata batik itu berasal dari bahasa jawa yang berarti menulis.

Lalu, apa saja sih jenis-jenis batik yang ada di Indonesia ini? Jenis batik di Indonesia ada 3, antara lain :

  • Batik tulis : Batik tulis merupakan jenis batik spesial dan mahal dibanding batik yang lain, karena didalam pembuatan batik ini sangat diperlukan keahlian serta pengalaman, ketelitian, kesabaran, dan juga waktu yang lama untuk menyelesaikan sebuah batik tulis. Untuk sebuah batik tulis paling cepat dapat diselesaikan selama dua minggu oleh seorang pembatik, itupun dikarenakan cuaca yang cerah dan desain motif yang biasa dan juga tidak terlalu rumit.
  • Batik cetak : Batik cetak atau disebut juga dengan batik cap, merupakan proses pembatikan yang menggunakan cap atau alat cetak atau stempel yang terbuat dari tembaga dan pada cap tersebut telah terpola batik. Sehingga proses pembatikan cetak (cap) ini dapat jauh lebih cepat dan mudah. Untuk pengerjaan jenis batik ini dapat diproduksi secara banyak dan juga hanya diperlukan waktu satu minggu untuk menyelesaikan proses pembatikan ini.
  • Batik printing : Batik printing disebut juga dengan batik sablon, karena proses pembatikan jenis batik ini sangant mirip dengan proses penyablonan. Motif batik telah di buat dan desain diprint di atas alat offset/sablon, sehingga dapat sangat memudahkan pengerjaan batik khususnya pewarnaan dapat langsung dilakukan dengan alat ini.

Batik itu ada sejak kapan? Jika kita flashback ke zaman kerajaan, batik telah dikenal sejak zaman Majapahit dan masa penyebaran Islam. Batik pada awalnya dikenakan oleh keluarga kerajaan dan pengikutnya. Oleh para pengikut ini lah batik diperkenalkan keluar kerajaan dan berkembang hingga sekarang

Jadi, ayo kita jaga kelestarian batik sebagai warisan budaya bangsa. Jangan minder dengan merk luar negeri, karena batik sekarang sudah go international. Pada tahun 2010, di Pekalongan diadakan Pekan Batik Internasional yang diikuti 11 negara. Model batik sekarang juga mengikuti trand fashion. Jadi, ayo pake batik, lestarikan batik asli Indonesia.

Demi melestarikan batik sekaligus memperingatai “Hari Batik Nasional” yang jatuh pada tanggal 2 Oktober dan bertepatan dengan hari ini Kamis (02/10), mari pakai batik untuk aktifitas hari ini, termasuk kuliah, dan jangan lupa pakai batik tidak hanya saat 2 Oktober saja, Banggalah mengenakan Batik.

By : FER

Keyword(s) :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *