Student Exchange to Kumoh National Institute of Technology

Bandung, Students Tel-U – Pada tahun 2013, Universitas Telkom telah menandatangani perjanjian kerja sama dengan KIT (Kumoh National Institute of Technology).

Memorandum of Understanding (MoU) ini diantaranya berisi tentang kerjasama pertukaran mahasiswa dan dosen dari masing-masing universitas selama satu semester.

Angkatan pertama pertukaran pelajar ini sudah berangkat per 1 Februari 2014 yang lalu. Pada saat itu, mahasiswa yang mengikuti program tersebut ada 9 orang.

Kesembilan mahasiswa/i yang berhasil berangkat untuk melaksanakan Student Exchange tersebut adalah :

1. Fauza Annisa (SI)
2. Valdy Septyano (TI).
3.Novalino Idrus (TI)
4. Mahardiani Beningrum (TI)
5. Romyah Bighoiri Romy (TI)
6. Fauzan Ghifaru (TI)
7. Samshuri Ikbal (TI) dan
8. Randy Pradana (TI).
9. Fauzan Ghifari (TI)

Beberapa waktu yang lalu, panitia penyelenggara mendapat kabar pada bulan Juli 2014 bahwa Telkom University dapat kembali mengirimkan mahasiswanya untuk mengikuti program pertukaran pelajar tersebut. Sehingga saat ini giliran angkatan kedua yang sedang berada di sana.

Kegiatan pertukaran pelajar kali ini juga berlangsung selama 1 semester yang dimulai semenjak rombongan tiba di kampus tujuan 31 Agustus 2014 lalu.

Salah satu anggota pertukaran pelajar ke Korsel itu adalah Amanda Julia Isa. Mahasiswi Teknik Telkomunikasi itu dalam beberapa waktu ke depan akan berbagi pengalamannya selama berada di KIT dalam rubrik khusus StudentsJournalism : Laporan StudentsExchange Dari Korsel.

[Pengenalan Gambaran Umum Daerah Tujuan]

Kumoh National Institute of Technology atau biasa disingkat KIT adalah kampus teknik terbaik yang dimiliki pemerintah Korea Selatan.

Kampus tersebut didirikan pada 31 Desember 1979 atas inisiasi dari Park Chung Hee yang juga merupakan Mantan Presiden negeri gingseng tersebut. Pada awalnya hanya membuka beberapa program studi teknik (yaitu : teknik mesin, teknik elektro dan teknik sipil untuk master degree dan doctoral. Hingga pada bulan Maret 1990 menjadi sebuah perguruan tinggi pemerintah dengan format institut.

KIT sendiri berlokasi di provinsi Gyeonsang Utara yang berada di wilayah bagian timur negara. Tepatnya di Kota Gumi.

Sebuah kota dengan arti nama “ekor kura-kura” menurut bahasa setempat itu adalah kota perindustrian yang memiliki nilai strategis bagi pemerintah.

Kota dengan luas 617.28 km2 itu menjadi lokasi pusat kegiatan bisnis bagi raksasa teknologi kebanggan mereka seperti Samsung dan LG.

Gumi yang berjarak 195 km dari ibukota Seoul tersebut dapat dijangkau dengan beberapa alternatif moda transportasi. Seperti 3 jam perjalanan darat dengan menggunakan mobil pribadi. Atau bus dan taksi sebagai alternatif kendaraan umum. Sampai artikel ini dimuat, belum ada akses kereta cepat (KTX) yang berhenti langsung ke Gumi. Namun demikian, ada lusinan kereta biasa (Saemaul and Mugungwhwa) yang beroperasi hampir  setiap jam di stasiun kota.

Saat ini di kota Gumi sedang persiapan memasuki musim dingin. Dimana suhu rata-rata harian akan semakin rendah dari 25.2 derajat celcius di bulan Agustus, 20.1 pada September dan turun ke 13.6 derajat saat memasuki bulan Oktober.  (ais/ir)

Ikuti terus update rubrik : Laporan Pertukaran Pelajar Dari Korea Selatan Bersama Amanda Julia Isa Hanya di studentstelkomuniversity.com (@Students Tel-U)

Keyword(s) :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *