Sstt, Jangan Takut dengan PKKMB!

Bandung, Students Tel-U—Pengenalan Kehidupan Kampus mahasiswa Baru (PKKMB) adalah kegiatan kaderisasi yang dicanangkan oleh Badan Kemahasiswaan Telkom University untuk menyambut mahasiswa baru setiap tahunnya. Seperti namanya, tujuan dari kegiatan ini agar para mahasiswa baru menjadi lebih mengenal, bangga, dan mencintai kampus dan fakultas sebagai tempat mereka berkembang selama berkuliah di Telkom University.

Sumber : Ade Satrio Wirawan

Banyak mahasiswa baru menilai kegiatan PKKMB ini ‘menyeramkan’, karena stereotype kegiatan orientasi kampus yang mengandung kekerasan dan tidak ada esensinya. Tapi, tenang saja, jika sekarang ini kegiatan PKKMB tidak ada unsur kekerasan fisik sama sekali. Justru, di PKKMB inilah mahasiswa baru akan dapat banyak ilmu, teman baru, dan keseruan yang bakal ngangenin! Lalu, kenapa sih kamu harus jangan takut sama PKKMB ini? Langsung, cus~

  1. Tidak ada kekerasan sama sekali, tapi..
Wajah mereka memang tidak menandakan ‘kegalakan’, bukan? Jadi, santai aja kalau bertemu mereka. Sumber : Instagram PKKMB Telkom University

Seperti yang sudah dikatakan di awal bahwa PKKMB tidak ada kegiatan yang mengandung kekerasan. Namun, kamu (re : mahasiswa baru) akan ‘dikerasin’ dengan kegiatan kedisiplinan, seperti PBB contohnya. Para kakak DMT (Discipline and Motivation Team) juga akan selalu mengawasi dan mengecek kamu apakah mematuhi aturan yang ada atau tidak. Jika ketahuan kamu melanggar, siap-siap saja bakal ditegur. Mereka gak jahat kok. Mereka cuma ingin kamu sebagai mahasiswa nantinya menjadi yang selalu disiplin.

2. mahasiswa baru gak lagi jadi ikan asin!

Suasana PKKMB di Telkom University Convention Hall (TUCH). Sumber : Instagram Nadhira Saffana

Lagi-lagi, gak perlu takut kalau kamu harus dijemur di panas terik untuk setiap kegiatan. Sebab, PKKMB akan dilaksanakan lebih banyak di TUCH (Gedung Keong), walaupun ada beberapa kegiatan yang harus dilaksanakan diluar. Tapi, gak usah panik juga kalau takut gosong. Nanti mahasiswa baru yang statusnya sebagai peserta PKKMB ini akan diberi topi dan pakai baju lengan panjang.

3. Banyak ketemu teman baru

Teman dalam satu regu yang akan terus bersamamu selama tiga hari. Semoga terus bertahan sampai lulus, ya! Sumber : Instagram Iga Silaturahmi

Kalau yang ini sih, emang bener! Belasan peserta akan dikumpulkan dalam satu kelompok dan bakal sering bekerjasama untuk mengerjakan projek kelompok selama kegiatan berlangsung. Selain itu, kamu sebagai mahasiswa baru juga akan bertemu banyak kawan yang berasal dari berbagai daerah. Jangan segan buat kenalan ya, siapa tahu berawal dari bosan mendengarkan seminar atau menunggu mobilisasi, bisa jadi teman buat menambah jaringan.

4. Semua kegiatannya asik!

Pengabdian Masyarakat, salah satu dari beberapa kegiatan dalam PKKMB 2016 lalu. Sumber : Instagram Mugidya M. Ilmi Hariyadhi

Walaupun kamu terpaksa harus bangun pagi buta dan harus siap saat itu juga, namun kegiatan selanjutnya bakal diisi dengan hal-hal yang membangkitkan semangat, kedisiplinan, kekompakan, dan keimanan selama acara berlangsung. Emang capek sih, tapi semua kegiatan yang ada asik dan sangat bermanfaat, lho! Kamu juga sekaligus belajar di kegiatan ini, misalnya bagaimana membuat sesuatu hal yang menarik untuk creativity contest dan jika sudah menghasilkan gagasan yang kece, bisa lho nantinya diusulkan untuk Program Kreativitas mahasiswa (PKM). Lumayan kalau bisa sampai lolos ke PIMNAS, bisa dibiayai Dikti.

Oleh karena itu, gak usah punya pikiran negatif tentang PKKMB lagi karena dijamin seluruh kegiatannya gak akan ada kekerasan fisik layaknya orientasi mahasiswa zaman dahulu, malah membuat kamu sebagai mahasiswa baru menjadi lebih kreatif, mandiri, dan berwawasan. (kas) 

Keyword(s) : , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *