Software Yang Wajib Diinstall Mahasiswa

Bandung, Students Tel-U – Awal semester setiap mahasiswa kadang ingin melakukan hal-hal baru seperti semangat kuliah, laptop baru atau install ulang. Berbicara tentang laptop baru atau laptop install ulang kadang kita bingung software apa saja yang akan diinstall sesuai dengan kebutuhan kuliah kita. Pemilihan software yang akan diinstall tentunya akan mempengaruhi kinerja kita nantinya. Apakah software yang kita install sesuai dengan spesifikasi laptop kita atau tidak, apakah software yang kita install akan meningkatkan kinerja kita atau justru malah  membuat kita malas-malasan kuliah. Microsoft Office, pemutar media(VLC, KMPlayer, Foobar, iTunes), browser(Opera, Chrome, Mozilla), downloader(uTorrent, IDM) tentunya beberapa software yang wajib diinstall. Selain software tersebut ada juga beberapa software yang wajib diinstall berdasarkan program studi masing-masing.

Tapi tahukah sebenarnya ada software lain yang harus diinstall yang akan meningkatkan kinerja kita. Sehingga tugas-tugas kuliah dapat diselesaikan dengan cepat. Berikut beberapa rekomendasi penulis.

    1. Zotero : Zotero merupakan software yang dapat membantu kita dalam menyelesaikan dokumen khususnya dalam pengutipan atau citation. Dengan zotero secara otomatis akan menghasilkan kutipan dari berbagai sumber seperti Google Scholar, arXiv.org, JSTOR, PROQUEST dan ribuan situs online lain.
      Cukup mudah untuk melakukannya dari website zotero dijelaskan Collect, Organize, Cite, Sync dan Collaborate. Collect, koleksi atau kumpulkan daftar sumber yang akan dikutip. Organize, kelompokkan sumber-sumber yang telah kita kumpulkan. Dengan zotero, kita juga dapat membagikan sumber tulisan kita ke orang lain. Dengan fungsi colobarate ini pengerjaan dokumen secara berkelompok atau membagi informasi kepada orang lain yang membuat tulisan sama akan lebih mudah dan cepat.
      Software ini dapat diunduh gratis dan dapat digunakan pada Windows, Linux, Mac, plugin Microsoft Office dan LibreOffice. Selain untuk desktop, zotero juga dapat digunakan secara cloud. Sehingga mempermudah mahasiswa yang mengerjakan tugas atau dokumen tapi sering lupa membawa laptop.
    2. Foxit : Selain Adobe PDF Reader, salah satu software yang dapat digunakan untuk membaca file berekstensi pdf adalah foxit. Selain digunakan untuk membaca file pdf, software ini juga dapat membuat file pdf dari Microsoft Office. Kelebihan lainnya adalah dapat mengedit file pdf langsung.
    3. StudyMinder : StudyMinder adalah software untuk memanage perkuliahan kita. Dengan menggunakan software ini kita dengan mudah dapat membuat planning kuliah kita selama satu semester. Membuat reminder tugas, assessment, tugas besar, praktikum dan semua yang berhubungan dengan studi kita. Membantu kita membuat penjadwalan kuliah, mengetahui tingkat pencapaian pada setiap mata kuliah yang nantinya dapat kita jadikan bahan evaluasi terhadap keberhasilan kita dalam menempuh studi.
    4. Online Storage (Google Drive dan DropBox) : Kedua software ini dapat membantu kita dalam menyimpan file ke online storage. Cukup save file kita ke offline folder maka saat laptop kita terhubung ke internet maka file yang kita save tadi akan secara otomatis tersinkron atau disimpan ke penyimpanan online kita. Ketika kita lupa membawa laptop tidak perlu balik ke kosan atau rumah untuk mengambilnya atau tidak perlu repot-repot membawa flashdisk. Cukup akses akun kita pada browser maka kita dapat mendownload file tersebut.
Keyword(s) : ,

Komentar

  • Ciaobella

    Bermanfaat banget nih postingannya, stay awesome students!

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *