Ingin Kuliah Daringmu Berjalan Efektif? Simak 5 Tips Berikut!

Bandung, Students Tel-U – Halo mahasiswa Telkom University! tak terasa sebentar lagi libur panjang semester genap ini akan segera berakhir. Sesuai dengan agenda pada kalender akademik Universitas, maka seluruh mahasiswa Tel-U akan mulai aktif melaksanakan agenda perkuliahan pada 7 september mendatang.

Namun berbeda dengan tahun – tahun sebelumnya, perkuliahan di semester ganjil kali ini harus dilakukan secara daring sesuai anjuran Kemendikbud akibat adanya pandemi COVID-19. Walau dijalankan dengan sistem yang berbeda, tetapi hal ini tidak boleh mengurangi semangat kuliah kalian ya. Nah agar kuliah daring kalian bisa berjalan efektif, simak 5 tips dibawah ini yuk!

1. Buang jauh – jauh mindset study from home = LIBUR!”

Tidak pergi ke kampus dan berada di rumah sepanjang hari pastinya membuat kita tersugesti untuk bermalas-malasan. Membuat diri kita merasa bahwa ini sedang libur panjang seperti biasanya kita di rumah. Nah hal inilah yang mesti kita ubah. Ubahlah mindset kita yang menganggap di rumah saja adalah libur dan waktunya bermalas-malasan menjadi tetap menjalankan aktivitas seperti biasa layaknya di kampus. Namun dengan suasana, tempat, dan sistem yang berbeda. Dengan kamu mengubah mindset demikian, pastinya kamu akan lebih semangat dalam mengikuti perkuliahan daring ini.

2. Persiapkan tempat belajar yang membuatmu nyaman

Berada di rumah terkadang membuat kita banyak ter-distraksi oleh berbagai hal. Tentu saja ini akan membuat konsentrasimu buyar dan mengganggu perkuliahanmu. Maka dari itu tips berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan mempersiapkan tempat belajar yang bisa membuatmu nyaman dan tentunya dengan suasana yang kondusif. Eitss tapi ada satu hal yang perlu diingat, yaitu jangan belajar di tempat tidur! Bukannya belajar, malahan kamu bisa ketiduran loh! Nah agar tempat belajarmu nyaman, kamu bisa mempersiapkannya dengan beberapa hal seperti: memastikan koneksi internet berjalan dengan baik, memutar musik instrumental yang meningkatkan konsentrasi, memastikan pencahayaan yang cukup, menyalakan lilin aroma terapi yang wangi, serta menyiapkan beberapa camilan sehat sebagai penunjang energimu untuk berpikir. (Baca juga: 8 Opsi Camilan Sehat Untuk Temani Aktivitasmu Saat #Dirumahaja )

3. Buat daily reminder agar kegiatanmu selalu terorganisir

Kendala yang sering dikeluhkan mahasiswa saat kuliah daring adalah beban tugas yang menumpuk.Tak jarang hal inilah yang membuat mahasiswa merasa stres karena merasa tak cukup waktu untuk mengerjakan tugas – tugas tersebut. Nah maka dari itu penting untuk kamu membuat daily reminder agar semua kegiatanmu dapat berjalan dengan baik dan tentunya terorganisir. Percaya deh, dengan kamu melakukan hal ini pastinya kamu akan merasa lebih tenang karena tugas – tugasmu bisa selesai tepat waktu.

4. Selalu maksimalkan waktu saat pembelajaran daring

Berada di rumah bukan berarti membuat kamu seenaknya sendiri dalam melakukan perkuliahan. Mindsetmu harus berubah seperti yang dijelaskan dalam tips no 1 diatas. Saat kelas daring berlangsung, lakukanlah hal selayaknya kamu belajar di kelas seperti biasanya. Baik itu mencatat, membaca materi, dan tentunya mendengarkan pengajaran yang dilakukan oleh dosen serta tak malu bertanya apabila ada yang dirasa kurang jelas. Jangan tinggalkan kebiasaan-kebiasaanmu saat perkuliahan biasa ya guys! Dengan seperti ini tentunya materi perkuliahan yang diajarkan dapat kamu pahami dengan baik.

5. Jangan lupa luangkan waktu untuk “me time”

Ohiya guys, jangan lupa ya tubuh juga perlu istirahat loh! Kamu tak melulu harus bekerja 12 jam penuh di hadapan layar gawaimu. Kamu juga perlu yang namanya istirahat, atau yang istilah kerennya “me time”. “me time” ini penting kita lakukan agar tubuh kita tak jenuh dalam melakukan pekerjaan sehari-hari. Luangkan waktu setidaknya satu atau dua hari saat weekend untuk mengistirahatkan tubuhmu. Kamu bisa melakukan hal – hal yang kamu sukai disini. Misalnya membaca novel, berkebun, memasak, menggambar, dan lain sebagainya. Kalaupun ingin berkegiatan diluar rumah, tetap lakukan sesuai protokol kesehatan yang dianjurkan ya.

Nah itu dia 5 tips agar kuliah daringmu bisa berjalan efektif. Silahkan disimak dan selamat mencoba ya! Ingat, kuliah daring jangan dibawa sebagai suatu beban. Kuliah daring gak seberat itu kok, asal tau tips buat menjalaninya dengan baik. Tetap semangat ya! Stay safe and stay healthy everyone!

Sampai jumpa di artikel Students berikutnya 🙋🏻‍♀️(ps)

 

 

Keyword(s) : , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *