Selayang Pandang Desain Interior Telkom University

Bandung, KMDI Tel-U- [perfect_quotes id=”6835″]

Desain Interior Telkom University yang akan menginjak usia 24 Tahun pada tahun ini, sudah ikut berkiprah dalam dunia pendidikan diIndonesia khususnya di bidang seni rupa dan desain sejak tahun 90’an. Berawal dari dibentuknya Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia atau yang di singkat STISI, dan pada kisaran tahun 2010 bergabung dengan Yayasan Pendidikan Telkom. Penamaannya pun diubah menjadi STISI Telkom. Pada Tanggal 14 Agustus 2013 4 institusi di bawa Yayasan pendidikan Telkom bergabung beruibah nama menjadi Telkom University dan semenjak itulah desain interior bergabung dengan 27 prodi lainnya yang ada di Telkom University.

Dengan visi “Menjadi Program Studi Desain Interior yang berdaya saing tinggi dan unggul berbasis Information and Communication Technology (ICT), kearifan budaya nusantara, dan berjiwa creativepreneur”, maka Program Studi Desain Interior Telkom University berani berbeda dengan Prodi/Jurusan Desain Interior di Universitas lainnya. Didukung dengan tenaga pendidik yang handal dan juga fasilitas yang memadai membuat para mahasiswanya dapat berkembang dan berprestasi. Program Studi Desain Interior bertempat di Gedung Sebatik, Kawasan Bandung Technoplex.

Matakuliah yang di ajarkan kepada mahasiswa tidak haya mengenai desain interior itu sendiri tetapi di ajarkan pula ilmu-ilmu yang mendukung dengan bidang desain interior. Ada nilai lebih nya mengenai perkuliahan di Program Studi Desain Interior Telkom University yang berbeda dengan Desain Interior di Universitas lain yaitu diberi pemahaman dan dasar-dasar, kewirausahaan, enterpeurneurship dan creativepreneur, bertujuan agar lulusan desain interior dari Telkom University bisa membuat usaha sendiri dan membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain, yang paling penting bisa hidup mandiri dan berguna bagi masyarakat banyak. Selain itu, mengangkan kearifan lokal yang ada di Indonesia.

Selama berkuliah di Telkom University mahasiswa Desain Interior tidak duduk manis hanya menerima pemaparan dosen, mengerjakan tugas dan setelah itu pulang ke kosan, tetapi banyak juga yang mengikuti perlombaan, pameran sekala regional, nasional bahkan internasional. Selain itu, ada juga yang aktif di unit kegiatan mahasiswa atau ormawa yang ada di dalam maupun di luar Telkom University.

Setelah lulus alumni dari desain intrior selain menjadi desainer interior ada juga yang membuka workshop, kerja di media masa, jadi kontraktor, dosen dan masih banyak lagi bidang pekerjaan lainnya dan tersebar di seluruh Indonesia. (KMDI/RIZAL’12)

Rizal Kus Apriandi

Public Relation KMDI-082240038502

Keyword(s) : , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *