Selamat Hari Gizi Nasional, Berikut 5 Tips Menjaga Kesehatan ala Mahasiswa Rantau!

Bandung, Students Tel-U – Setiap tanggal 28 Februari, kita di Indonesia selalu memperingati Hari Gizi Nasional. Ini menjadi sebuah pengingat bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan, khususnya sebagai mahasiswa, apalagi yang melanjutkan kuliah ke perantauan. Menjadi mahasiswa rantau yang memiliki segudang banyaknya kegiatan, tentu kita dihadapkan dengan tantangan untuk tetap mampu menjaga diri agar tetap sehat sehingga dapat melakukan segala aktivitas dengan lancar. Walau terbilang cukup sulit, tetapi mulai membiasakan diri untuk hidup sehat tentunya akan berdampak positif bagi kita. (Baca juga:Tips Hemat Menjadi Anak Kost )

Nah, apa saja tips untuk menjaga kesehatan ala mahasiswa rantau? Yuk kita simak ulasannya berikut ini!

1.Menjaga kebersihan diri dan kamar kost

Hal pertama yang perlu kita ingat adalah tentang kebersihan, baik itu kebersihan diri maupun tempat tinggal kita. Usahakan untuk rutin membersihkan diri dan kamar kos yang kita tempati. Ini menjadi suatu pondasi agar diri kita lebih sehat dan pikiran kita menjadi lebih tenang. Ingatlah ada suatu pepatah yang mengatakan bahwa “clean room = clean mind”. 

2.Mengurangi kebiasaan jajan sembarangan

Sebagai mahasiswa rantau, makanan menjadi satu hal pokok dari kebutuhan kita. Terkadang, saking banyaknya kegiatan dan padatnya kesibukan membuat kita lengah dalam memilih makanan yang kita konsumsi. Jajan sembarangan menjadi suatu kebiasaan yang seringkali kita lakukan. Padahal dampak  negatif dari jajan sembarangan seringkali tidak kita hiraukan. Oleh karena itu, mulai sekarang yuk kita ubah kebiasaan ini. Mulailah untuk menkonsumsi makanan yang bergizi dan sisihkan sedikit waktu untuk mempersiapkan bekal makanan sehat untuk kamu bawa bepergian. (Baca juga: 8 Opsi Camilan Sehat Untuk Temani Aktivitasmu Saat #Dirumahaja )

3.Perbanyak konsumsi air putih

Mulailah untuk perbanyak konsumsi air putih, selain sehat ini juga bisa jadi opsi penghematan kita, lho! Sebagai anak kos, membawa air putih sendiri itu adalah suatu kewajiban. Selain sehat dan hemat, tentunya kita juga bisa sambil menjaga lingkungan dengan tidak memperbanyak sampah plastik. Wah bermanfaat banget kan!

4. Jangan lupa sempatkan waktu untuk olahraga

Olahraga terkadang sering dilupakan, apalagi bagi mahasiswa rantau dengan segala kesibukannya. Berbagai alasan pun jadi pertimbangan, mulai dari lelah, tidak ada waktu, sampai malas pun ada. Tetapi ini jangan terus dilakukan ya. Yuk mulai sekarang kita olahraga! Kamu bisa mencari banyak tutorial olahraga ringan di Youtube dan mempraktekannya di kamar. Selagi ada waktu, jangan ditunda ya!

5. Mencukupi kebutuhan tidur

Saking banyaknya kegiatan, waktu 24 jam pun terasa tak cukup sehingga waktu tidur menjadi berkurang. Kebiasaan tidur kurang ini  sebaiknya jangan terus dilakukan karena dampaknya akan berbahaya bagi tubuh kita dikemudian hari. Oleh karena itu mulai sekarang yuk atur time management kamu! Kurangi hal-hal negatif yang bisa kamu hindari sehingga waktu tidurmu tidak tersita oleh hal-hal lain.

Nah itu dia 5 tips menjaga kesehatan ala mahasiswa rantau. Walau kita disibukkan dengan beragam kegiatan, tetapi jangan lupa kesehatan tetap yang nomor satu ya! Karena tubuh dan jiwa yang sehat adalah investasi kita untuk di masa depan. Semangat para mahasiswa rantau! (ps)

Sampai jumpa di artikel tips dan trik selanjutnya!

Yuk jangan lupa juga baca artikel kita yang baru di-publish! Masih hangat banget nih ✨

Kampus Mengajar Menjadi Pilihan Sarana Terbaik dalam Mengembangkan Potensi Mahasiswa

Valentine? It’s the Day!

Pemberontakan di Hari Kasih Sayang

 

Keyword(s) : , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *