Sekilas Tentang S1 Teknik Informatika Telkom University

Bandung, Students Tel-U – Program Study S1 Teknik Informatika berdiri pada 19-11-1993 yang pada saat itu masih  berada di bawah Fakultas Informatika STT Telkom (Sekolah Tinggi Telekomunikasi Telkom) bersamaan dengan program study D3 Teknik Informatika. Hingga kemudian bertransformasi menjadi IT Telkom (Institut Teknologi Telkom).

Namun 2 tahun lalu pada tanggal 14 Agustus 2013 terjadi penggabungan dari empat Perguruan Tinggi Swasta, yaitu Institut Teknologi Telkom (IT Telkom), Institut Manajemen Telkom (IM Telkom), Politeknik Telkom, dan Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Telkom (STISI Telkom), yang kemudian dikenal dengan Telkom University.

Mfc-FIF Informatika Sisfo

Program Studi S1 Teknik Informatika terakreditasi dengan peringkat A berdasarkan  SK Badan  Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 054/SK/BAN-PT/Akred/S/1/2016 Tanggal 29 Januari 2016. (

Kurikulum Program Studi S1 Teknik Informatika  yang baru dirancang dengan total beban 145 sks untuk lama studi 4 tahun/8 semester. (Unduh : Kurikulum Prodi S1 Informatika) Bagi para mahasiswa yang dapat menjaga IP Semester tidak kurang dari 3, 01 pada setiap akhir semester telah disediakan perencanaan studi melalui Skema Kurikulum Akselerasi 3, 5 tahun/7 semester.

Didalam prodi S1 Teknik Informatika tidak hanya didukung dengan tenaga pendidik yang mumpuni namun disediakan pula fasilitas dan infrastruktur yang mendukung selama pembelajaran. Mulai dari ruang kuliah, akses internet, hingga beberapa lab yang menunjang untuk kegiatan pembelajaran dan riset.

Selain itu, perlu diketahui prodi S1 Teknik Informatika memiliki beberapa KK (Kelompok Keahlian) yang berfokus dan beranggotakan dosen yang memiliki kompetensi dan keahlian dalam bidang keilmuan tertentu. Diantaranya ICM (Intelligence, Computing and Multimedia), SIDE (System Information and Data Enggineering, Kelompk Keahlian Telematics.

Lab yang disediakan juga begitu banyak dan memiliki fokus dan tujuan yang berbeda-beda. Mulai dari lab untuk kegiatan praktikum, lab untuk tujuan produksi, kompetisi, hingga lab yang berfokus untuk riset.

Mata kuliah yang dipelajari dalam prodi S1 Teknik Informatika Telkom University juga sesuai dengan standar Internasional. Dimana tidak hanya dibekali ilmu mengenai dasar pemrograman, namun mahasiswanya juga dididik untuk dapat menjadi analis yang baik, guna pemecahan suatu masalah.

Namun dibalik hal itu semua, mahasiswa prodi S1 Teknik Informatika tidak hanya terpusat pada kegiatan akademik sebagai kewajibannya, tetapi juga dituntut untuk aktif dalam Unit Kegiatan mahasiswa maupun Ormawa. Nah, organisasi internal andalan S1 IF, yaitu HIMA IF atau Himpunan mahasiswa S1 Teknik Informatika. Dari himpunan tersebut teman-teman mendapatkan media untuk mengasah kemampuan softskill, dan diharapkan dapat berperan serta dalam kompetisi baik yang diadakan secara Nasional maupun Internasional. Untuk update mengenai HIMA IF, dapat memfollow media sosial berikut :
Line@ : @xqa3540r
Twitter : himaiftelkom
Instagram : himaiftelkom
Facebook : H.I.C (HMIF Information Center)

(SAL)

Keyword(s) :

Komentar

  • Ciaobella

    Nice banget kak, pengen deh kuliah di jurusan kayak gini. Tapi gak usah ngoding boleh? Huft

  • Dee

    Bedanya sama yg internasional apa?

  • Fikri Prayogi Ardiansyah

    Peminatan Teknik Informatika apa aja ya ?

  • Fikri Prayogi Ardiansyah

    peminatan di Teknik Informatika apa aja ya ?

  • Dini nur avivi

    Ka, apakah di teknik informatikaa rata2 cowo?

    • Valianda Farradillah Hakim

      kebanyakan memang laki – laki, tapi banyak kok perempuannya 🙂

  • Aby maulana

    Kalo misalkan pengen ngambil teknik informatika apa saja yg di teskan saat SBMPTN?

    • Rayi Muhammad

      Untuk masuk Teknik Informatika Telkom University tidak lewat SBMPTN 🙂

  • Bungaa

    Kak, kalo kita pengen masuk jurusan teknik informatika tp dari skrg gaada keahlian dibidang ini gmn? Bisa ngikutin gak ya kak kira2?

    • Rayi Muhammad

      Selama kamu ada niat dan usaha untuk menjadi ahli di bidang informatika, pasti bisa 🙂

  • dody rifki

    alhamdulilah kemarin lolos lewat jalur UTG 1

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *