Sejarah Terbentuknya Telkom University

Bandung, Students Tel-U – Sebagai mahasiswa kampus Telkom University, kita harus tahu sejarah dari kampus ini. Kamu tahu gak sih, kalau dulu kampus kita merupakan hasil dari penggabungan empat institusi yang berbeda? Setelah tahun 2014, terjadi penggabungan sehingga menjadi Kampus Tel-U yang sekarang. Tetapi, kamu tahu gak sih, institusi apa saja yang digabungin? Nah, untuk kamu yang penasaran apa saja empat institusi itu, berikut daftarnya.

  1. Institut Teknologi Telkom

Institut Teknologi Telkom-yang biasa disingkat ITT dan orang lebih banyak menyebutnya STT-adalah perguruan tinggi pertama di Indonesia yang memiliki kekhususan pendidikan dalam bidang industri pertelekomunikasian serta teknologi informasi, loh. Setelah penggabungan menjadi Telkom University, STT ini berubah menjadi beberapa Fakultas Teknik (FT), yaitu Fakultas Teknik Elektro (FTE), Fakultas Rekayasa Industri (FRI) dan Fakultas Informatika (FIF). Nah, buat kamu yang anak teknik, kamu harus ngerti nih, sejarah dari fakultasmu.

 

  1. Institut Manajemen Telkom

Institut Manajemen Telkom-atau yang biasa orang tahu sebagai IMT-adalah awal mula dari terbentuknya Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) dan Fakultas Komunikasi dan Bisnis (FKB). Awalnya, gedung kampus IM Telkom ini bukan di daerah Telkom University sekarang, tapi berada di daerah Gegerkalong. Namun, gedung kampus yang dulu tidak ditinggalkan begitu saja, tapi dijadikan sebagai kampus Pascasarjana.

 

  1. Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia

STISI, itulah sebutan untuk kampus ini. Nah, pasti sudah tahu kan STISI ini cikal bakal dari fakultas apa? Setelah penggabungan menjadi Tel-U, STISI berubah menjadi Fakultas Industri Kreatif (FIK). Tahukah kamu, ada fakta unik yang mungkin belum kamu ketahui, bahwa jurusan DKV juga ada di IMT. Tapi, karena regulasi yang ada, bahwa satu universitas tidak boleh memiliki dua jurusan yang sama, terjadi peleburan jurusan DKV, sehingga disamakan menjadi jurusan DKV yang berada di FIK sekarang ini.

 

  1. Politeknik Telkom

Politeknik Telkom-atau yang biasa disebut Poltek-adalah kampus yang bergerak khusus di bidang vokasi. Sekarang, Poltek telah berubah menjadi salah satu fakultas di Tel-U, yaitu Fakultas Ilmu Terapan (FIT). Awalnya, Poltek bergerak pada bidang ICT. Tetapi, pada pengembangannya, banyak juga jurusan yang tidak berpatok pada bidang ICT. Hingga sekarang, FIT merupakan fakultas yang memiliki jurusan paling banyak di Telkom University.

Nah, itu dia beberapa kampus yang ada di Tel-U ini sebelum terjadi penyatuan. Jadi, buat kamu yang merasa anak Tel-U, harus tahu juga nih, sejarah dari kampus kita dahulu. (VIZ)

Sumber : Wikipedia

Keyword(s) : , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *