Seberapa Sering Kamu Harus Mencuci Pakaianmu?

Cimei, Students Tel-U-Libur panjang bukan berarti kita bisa bermalas-malasan di rumah. Dari pada bosan dan tidak ada kerjaan, alangkah baiknya jika kita membantu ibu mengerjakan pekerjaan rumah. Buat kamu yang sering mendapatkan jatah mencuci pakaian di rumah, kamu perlu tahu seberapa sering pakaianmu harus dicuci.

Pakaian adalah barang yang tidak pernah lepas dari kehidupan sehari-hari. Setiap hari tentunya kita selalu berpakaian dan tentu saja setiap hari pakaian yang habis kita pakai perlu dicuci. Namun, tidak semua pakaian bisa dicuci setiap kali kamu pakai. Hal ini juga berlaku bagi beberapa benda sehari-hari yang kita pakai seperti selimut, bantal atau guling. Nah seberapa sering sih kita perlu mencuci pakaian kita agar tetap awet?

  • Setiap Kali Pakai

Kaos, blus, celana dan pakaian dalam yang selalu kita pakai sehari-hari harus dicuci setiap sekali pakai. Jangan pernah melipat dan menyimpannya kembali ke dalam lemari karena terdapat bakteri yang berasal dari keringat dan debu dari luar. Pisahkan pakaian mana yang kira-kira warnanya luntur dan pilah-pilah pakaian mana yang tidak bisa dicuci dengan mesin cuci agar pakaian lebih awet.

  • Setiap Hari

Bagi sebagian orang, mencuci setiap hari memang bukan hal yang menyenangkan namun kita tetap harus mementingkan kebersihan. Kain yang digunakan untuk mengeringkan tangan dan cucian piring harus dicuci setiap hari. Jika tidak ada waktu untuk mencuci kamu bisa menyiapkan persediaan kain lebih.

  • Setiap 3 Kali Pakai

Beberapa pakaian yang masuk kategori tidak perlu dicuci setiap hari adalah piyama, baju panjang, rok, sweater dan jeans. Selain itu, handuk, kamisol dan bra juga hanya perlu dicuci setiap 3 kali pemakaian. Namun perlu diingat untuk tidak melipat dan menyimpan pakaian yang sudah dipakai ke dalam lemari. Jemurlah di tempat yang sekiranya tidak lembab dan sejuk agar kuman-kuman tidak bersarang.

  • Setiap Minggu

Sebisa mungkin selimut, sarung kasur dan sarung bantal dicuci seminggu sekali. Debu dan kuman yang biasanya bersarang di selimut dan sarung bantal yang kotor dapat berbahaya bagi kesehatan kita. Jika memang tidak memungkinkan untuk mencuci setiap minggu maka yakinkan bahwa selimut dan sarung bantal yang kita gunakan tetap dalam keadaan kering dan bebas dari debu.

Pentingnya menjaga kebersihan benda apapun yang kita gunakan sehari-hari tidak hanya  berpengaruh pada kesehatan jangka pendek namun juga untuk kesehatan kita di jangka panjang. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang berguna bagi kita semua. (MAP)

Sumber : pinterest

Keyword(s) :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *