Sebanyak 134 Wisudawan Tel-U Raih Gelar Cumlaude

Bandung, Students Tel-U – (28-29 NOVEMBER 2014) Sebanyak 134 mahasiswa Telkom University meraih gelar kelulusan mereka dengan predikat cumlaude. Bersama 1.610 wisudawan lainnya, mereka dilantik pada Sidang Terbuka Senat Telkom University dalam rangka Wisuda Periode I-Tahun Akademik 2014/2015 yang diselenggarakan di Gedung Telkom University Convention Hall (TUCH) Jumat-Sabtu, 28-29 November 2014.

Program studi yang menghasilkan lulusan cumlaude terbanyak adalah D3 Manajemen Informatika (26 orang), diikuti oleh S1 Desain Komunikasi Visual (23 orang), S1 Teknik Industri (17 orang), D3 Komputerisasi Akuntansi (14 orang) dan D3 Teknik Komputer (10 orang). Setelah itu berturut-turut S1 Ilmu Komunikasi (9 orang), S1 Manajemen (MBTI 8), S1 Teknik Informatika (7), S1 Administrasi Bisnis dan S1 Akuntansi (masing-masing 4 orang), S1 Sistem Informasi dan S1 Desain Produk (masing-masing 2 orang), S2 Teknik Informatika (1) dan S2 Manajemen (masing-masing 1 orang), dan D3 Manajemen Pemasaran (6 orang). Adapun nilai cumlaude tertinggi diraih oleh Aditya Bagoes Saputra dari S2 Teknik Informatika dgn IPK 3, 93.

Dalam acara wisuda Periode I Tahun Akademik 2014/2015 ini, senat Tel-U melantik 1.744 orang wisudawan dari tingkat Ahli Madya, Sarjana, dan Magister. Mereka berasal dari 27 program studi yang tersebar di 7 fakultas yaitu Fakultas Teknik Elektro (School of Electrical Engineering), Fakultas Rekayasa Industri (School of Industrial Engineering), Fakultas Informatika (School of Computing), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (School of Economics and Business), Fakultas Komunikasi dan Bisnis (School of Communications and Business), Fakultas Fakultas Industri Kreatif (School of Creative Industries), dan Fakultas Ilmu Terapan (School of Applied Science).

Menurut Rektor Telkom University, Prof. Ir. Mochamad Ashari, M.Eng., Ph.D., setelah resmi dilantik maka 1.744 wisudawan ini akan menambah jumlah alumni Telkom University menjadi 29.722 orang. “Mereka telah tersebar di berbagai perusahaan, tidak hanya di dalam negeri melainkan juga di mancanegara. Selain di Indonesia, alumni Telkom University tersebar di 18 negara, yaitu Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru, Timor Leste, China, Jepang, Jerman, Netherland, Perancis, Belgia, Swedia, United Kingdom, Nigeria, Qatar, Saudi Arabia, Uni Emirat Arab, Malaysia, dan Singapura, ” ujar Rektor.

Dalam kesempatan ini Rektor juga mejelaskan sejumlah perkembangan yang diraih Telkom University dalam tiga bulan terakhir, antara lain di bidang penelitian dan publikasi, telah dihasilkan 276 publikasi ilmiah pada jurnal/ konferensi nasional dan internasional terhitung sejak Januari 2014, dan 73 diantaranya terindex Scopus. Sedangkan perolehan patent atau hak cipta adalah sebanyak 26 karya sejak Januari 2014.

Secara institusi, Telkom University juga tetap berupaya untuk mengguratkan prestasi. Sejak wisuda Agustus lalu, Telkom University meraih sejumlah prestasi antara lain masuk ke dalam jajaran 10 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik 2014 versi Viva-News.

Prestasi Institusi Telkom University (Agustus-November 2014)

Selain prestasi Telkom University sebagai lembaga, civitas academica Telkom University juga terus menjadikan prestasi sebagai tradisi. dosen terus mengembangkan prestasi terutama untuk menunjang Tri Darma Perguruan Tinggi, yaitu Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat, antara lain Tim Foresty (Forensic and Security) Prodi S1 IF, Fakultas Informatika, dosen dan mahasiswa berhasil meraih Peringkat 1 Asia dan Peringkat 6 Dunia pada Global Cyberlympics pada September 2014 yang lalu di Barcelona dalam kompetisi Online Ethical Hacking and Computer Network Defense Game. Prestasi lain juga ditorehkan oleh dosen Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Komunikasi dan Bisnis yang berhasil masuk ke dalam 10 besar paper terbaik dalam Conference on Media, Communications and Sociology (COMICOS) 2014 di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Atma Jaya Yogyakarta September 2014.

mahasiswa pun terus menjadikan prestasi sebagai tradisi. Hal ini antara lain dapat dilihat pada tabel berikut ini :

Prestasi mahasiswa dalam Tiga Bulan Terakhir

Secara khusus, Rektor mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Telkom Group yang telah memberikan kepercayaan yang amat tinggi kepada lulusan-lulusan Telkom University. Pada tahun 2014, jumlah yang dipanggil PT Telkom 487 orang, dan yang berhasil lolos seleksi akhir sebanyak 28 orang. Jumlah ini adalah yang terbanyak dibandingkan universitas lainnya. Selain PT Telkom, PT Telkomsel juga memanggil lulusan Telkom University sebanyak  239 orang untuk ikut seleksi, dan berhasil lolos seleksi sebanyak 58 orang. Yang tidak kalah menggembirakannya adalah dari 1.744 orang yang hari ini mengikuti wisuda, sampai hari ini saja sudah sebanyak 290 orang atau 16.6 % yang telah diterima bekerja diberbagai instansi, baik pemerintahan maupun swasta, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Kepada para wisudawan, Rektor berpesan untuk menjaga nama baik almamater dengan memegang sikap-sikap profesional dan berintegritas tinggi di manapun mereka bekerja. “Saudara-Saudara menjadi menjadi warga masyarakat yang senantiasa peka terhadap persoalan yang sedang dihadapi oleh bangsanya, serta memiliki sikap yang tanggap dan tidak enggan berkancah untuk berkontribusi bagi pemecahan permasalahan di sekeliling Saudara, baik di lingkungan terdekat, nasional maupun global, ” katanya.(*)

Sumber : Purel Tel-U & Sekpim Tel-U

Keyword(s) : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *