Scientific Camp 2016 | Great Research, Great Future!

Bandung, Students Tel-U – Scientific Camp 2016 merupakan salah satu program kerja yang diadakan oleh divisi Research, UKM SEARCH Universitas Telkom. Dimana Scientific Camp 2016 adalah pelatihan untuk menulis karya tulis dan berbagi pengalaman dengan pembicara hebat. Tujuan dari Scientific Camp ini agar dapat meningkatkan kapasitas diri dari mahasiswa/i yang mengikuti kegiatan ini untuk riset Indonesia yang lebih baik.

Scientific Camp 2016 diadakan pada tanggal 16-17 April 2016 di Villa Bumi Rananta Lembang, Bandung dan diikuti oleh 40 orang dari beberapa universitas yang berdomisili di Kota Bandung terdiri dari Universitas Telkom, Universitas Komputer Indonesia, dan Universitas Pendidikan Indonesia. Awalnya, kegiatan ini hanya dibuka untuk mahasiswa Universitas Telkom, namun ternyata banyak mahasiswa Universitas lain yang exited unttuk mengikutinya. Kegiatan ini dimulai dan dibuka dengan kata sambutan Presiden UKM SEARCH Universitas Telkom-M. Reza Saputra pada pukul 11.00 WIB.

Acara pertama dari kegiatan ini adalah sharing session bersama pembicara pertama yaitu Putri Meuthia yang merupakan mahasiswi dari Administrasi Bisnis 2013 Universitas Telkom dan salah satu anggota aktif UKM SEARCH Universitas Telkom. Putri Meuthia atau sering dipanggil Pume berbagi kepada peserta Scientific Camp 2016 mengenai pengalamannya dalam membuat Paper yang berhasil membawanya pergi ke Jerman untuk mempublikasikannya dihadapan para mahasiswa dan ahli dari seluruh dunia.

Selain itu pembicara memberikan materi dasar dalam pembuatan abstrak kepada para peserta. Setelah para peserta mendapatkan materi dasar yang diberikan pembicara, para peserta dibagi menjadi delapan kelompok dan setiap kelompok mencoba langsung dalam membuat abstrak yang nantinya akan dipresentasikan di depan juri Scientific Camp 2016.

Tepat pukul 18.00 WIB para peserta mempresentasikan abstrak yang telah mereka buat. Banyak ide-ide unik, keren dan solutif dari para peserta. Mulai dari ide pasar khusus para lansia, i-preneur segabai sarana prosmosi UMKM di Indonesia melalui portofolio, strategi integrasi pembersihan sungai hingga penggunaan aplikasi peer to peer untuk nelayan.

Selanjutnya setelah kedelapan kelompok mempresentasikan hasil abstraknya, tibalah kepada acara utama sharing session bersama pembicara kedua. Pada sesi ini, Scientific Camp 2016 kedatangan tamu dari tamu dari perwakilan DPM Kema Universitas Telkom dan HIMA ADBIS Universitas Telkom.

1461137928141

Sharing session kedua ini diisi oleh pembicara kedua yaitu Deslaknyo Wisnu Hanjagi, yang merupakan :

  • Asisten riset penemu rompi anti kanker
  • Peserta 11 konferensi internasional
  • Penerima beasiswa LPDP 2015 dari Kementrian Keuangan RI
  • Manajer riset Masyarakat Ilmuwan dan Teknologi Indonesia (MITI)

Pembicara mengatakan bahwa riset ternyata dapat dimulai dari hal sederhana di lingkungan sekitar. Selain itu pembicara berbagi kepada para peserta Scientific Camp bagaimana cara agar mendapatkan beasiswa LPDP. Sesi kedua ini selesai tepat pukul 22.00 WIB. Seselesainya sesi kedua ini, para peserta diperbolehkan beristirahat agar dapat melanjutkan acara selanjutnya.

Minggu pagi, pukul 06.30 WIB para peserta mengawali harinya dengan senam pagi yang dipandu langsung oleh salah satu peserta Scientific Camp 2016. Setelah senam pagi, para peserta dikelompokan menjadi 4 kelompok untuk melaksanakan games. Games yang dilakukan adalah mencari beberapa gulungan kertas yang isinya merupakan bagian-bagian paper, sehingga ketika kelompok tersebut mendapatkan gulungan kertas harus langsung menyusunnya menjadi susunan paper. Games kedua para peserta diajak untuk bermain perang bantal di atas kolam. Sehingga hampir semua peserta menjadi basah.

Foto : Dokumentasi UKM Search

Foto : Dokumentasi UKM Search

Pukul 10.00 WIB peserta berkumpul di ruang tengah Villa Bumi Rananta untuk makan bersama. Selesainya makan, panitia Scientific Camp mengumumkan pemenang atas abstrak yang telah dipresentasikan oleh setiap kelompok. Terdapat tiga kelompok pemenang dalam pembuatan abstrak berdasarkan penilaian juri, yaitu :

  1. Juara pertama adalah tim A yang beranggotakan Fadly Aprianto dan Asti Firsty vani dengan ide mengenai i-preneur sebagai sarana promosi UMKM di Indonesiaa melalui portofolio online
  2. Juara kedua adalah tim Lansia yang beranggotakan Eric Edyta, Lu’lu Mutia dan Fazlin dengan ide pasar khusus untuk para lansia
  3. Juara ketiga adalah tim Seven yang beranggotakan M. Izza dan Tiara Apriannisa dengan ide mengenai penggunaan aplikasi P2P untuk para nelayan.

Pengumuman pemenang abstrak ini sekaligus menutup acara Scientific Camp 2016 yang dilaksanakan dengan sukses dan luar biasa.

Harapannya semoga abstrak yang telah dibuat dapat dilanjutkan hingga dapat mengikuti lomba CISAK di Korea dan TICA di Jepang.

Terimakasih kepada semua yang telah berpartisipasi. Sampai jumpa di Scientific Camp 2017 tahun depan

Keyword(s) :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *