Satelit Merah Putih, Satelit Telekomunikasi Indonesia

Bandung, Students Tel-U - Warga Telekomunikasi Indonesia patut berbangga hati, pasalnya Satelit Merah Putih milik Telkom Indonesia telah resmi diluncurkan pada 7 Agustus 2018 oleh roket Falcon 9 yang bekerjasama dengan dua perusahaan Amerika Serikat, yakni SSL sebagai pabrikan pembuat satelit serta SpaceX Cape Canaveral sebagai perusahaan penyedia jasa peluncuran satelit.

Source by instagram of spaceX

Satelit Merah Putih ini membawa 60 transponder aktif yang terdiri dari 24 transponder C-Band dan 12 transponder Extended C-Band yang akan melayani wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Serta 24 transponder C-Band yang akan menjangkau kawasan Asia Selatan. Dalam pembuatannya sendiri memakan waktu 2,5 Tahun yang dimulai sejak tahun 2016, dan dipastikan terpasang dengan kondisi yang maksimal pada saat peluncuran.

Dalam peluncuran satelit merah putih sendiri berada pada slot orbit tepat di 108 derajat Bujur Timur (108 BT) dan akan langsung aktif yang mana diharapkan Satelit Merah Putih ini nantinya akan dapat mengisi, melayani, dan menjangkau komunikasi untuk cakupan wilayah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T) di seluruh Indonesia terutama untuk kawasan Indonesia Bagian Timur.

Source by instagram of spaceX

Mari, kita sebagai warga Indonesia patut berbangga hati dan ikut berperan dalam hal suksesi sistem telekomunikasi Indonesia, agar saudara kita yang tertinggal dapat dengan mudah mendapatkan kesempatan untuk mengakses berbagai informasi di luar sana. (DML)

Sumber : Telkom Indonesia & Liputan6.com

Keyword(s) : , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *